Pages

Thursday, August 12, 2021

PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK (PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP)

 PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI 2 AMLAPURA

MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA (WAJIB)

KELAS / SEMESTER         : X / GANJIL

PROGRAM                 : MIPA / IPS / BAHASA

MATERI POKOK         : PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN

                                        NILAI MUTLAK

ALOKASI WAKTU         : 12 X 45 MENIT (6 KALI PERTEMUAN)


A. KOMPETENSI INTI

KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

ASPEK

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

PENGETAHUAN

3.1 Menginterpretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linier satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linier aljabar lainnya.

3.1.1    Menjelaskan konsep nilai mutlak.

3.1.2    Menghubungkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan konsep jarak antar dua titik pada garis bilangan.

3.1.3    Menggambarkan grafik fungsi nilai mutlak.

3.1.4    Menganalisis grafik fungsi nilai mutlak sebagai fungsi linier satu variabel pada interval tertentu.

3.1.5    Menguraikan fungsi nilai mutlak menjadi fungsi linier satu variabel pada interval tertentu.

3.1.6    Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel.

3.1.7    Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel.

KETERAMPILAN

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linier satu variabel.

4.1.1    Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk  linier satu variabel.

4.1.2    Menyajikan model matematika dari masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak.

4.1.3    Menentukan penyelesaian dari masalah yang melibatkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik mampu menjelaskan konsep nilai mutlak dengan benar.
2. Melalui kegiatan diskusi dan penemuan terbimbing, peserta didik mampu menghubungkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan konsep jarak antar dua titik pada garis bilangan dengan tepat.
3. Melalui pengamatan bahan ajar dan media pembelajaran (literasi) serta kegiatan praktikum menggunakan kertas milimeter block, peserta didik mampu menggambar grafik fungsi nilai mutlak dengan benar.
4. Melalui kegiatan diskusi dan praktikum, peserta didik mampu menganalisis grafik fungsi nilai mutlak sebagai fungsi linier satu variabel pada interval tertentu dengan tepat.
5. Melalui kegiatan diskusi dan praktikum, peserta didik mampu menguraikan fungsi nilai mutlak menjadi fungsi linier satu variabel pada interval tertentu dengan benar.
6. Melalui kegiatan diskusi dan penemuan terbimbing, peserta didik mampu menggunakan definisi nilai mutlak untuk menentukan penyelesaian dari persamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan tepat.
7. Melalui kegiatan diskusi dan penugasan, peserta didik mampu menyelesaikan persamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan menguadratkan kedua ruas dengan tepat.
8. Melalui kegiatan diskusi dan penemuan terbimbing, peserta didik mampu menggunakan definisi nilai mutlak untuk menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan tepat.
9. Melalui kegiatan diskusi dan penemuan terbimbing, peserta didik mampu menggunakan teorema pertidaksamaan nilai mutlak untuk menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan tepat.
10. Melalui kegiatan diskusi dan penugasan, peserta didik mampu menyelesaikan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan menguadratkan kedua ruas dengan tepat.
11. Melalui kegiatan diskusi dan praktikum menggunakan kertas milimeter block, peserta didik mampu menggunakan metode grafik untuk menentukan penyelesaian dari persamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan akurasi sampai 1 angka desimal.

12. Melalui kegiatan diskusi dan praktikum menggunakan kertas milimeter block, peserta didik mampu menggunakan metode grafik untuk menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan akurasi sampai 1 angka desimal.
13. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk  linier satu variabel dengan benar.
14. Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu menyajikan model matematika dari masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dengan benar.
15. Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran berbasis masalah, peserta didik mampu menentukan penyelesaian dari masalah yang melibatkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linier satu variabel dengan tepat.

D. PENDEKATAN/MODEL/METODE PEMBELAJARAN

1.   Pendekatan Pembelajaran            :        Pembelajaran Saintifik (Scientific Learning)
2.   Model Pembelajaran         : Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.   Metode Pembelajaran            : diskusi, presentasi, tanya jawab, penugasan

E. MEDIA/ALAT/BAHAN PEMBELAJARAN

1. Media Pembelajaran : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media Powerpoint/Geogebra
2. Alat Pembelajaran         : kertas milimeter block, penggaris, notebook, smartphone, LCD
3. Bahan Pembelajaran : Handout

DOWNLOAD RPP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KLIK DISINI

DOWNLOAD LKPD/LKS PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KLIK DISINI

DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KLIK DISINI

DOWNLOAD MODUL/BAHAN AJAR PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KLIK DISINI


DOWNLOAD MEDIA PRESENTASI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KLIK DISINI

MODUL MATEMATIKA LENGKAP KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog