Pages

Wednesday, August 18, 2021

Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri ( Perangkat Pembelajaran Lengkap )

Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah

:

SMA Negeri 1 Melaya

Mata Pelajaran

:

Matematika (Peminatan)

Kelas/Semester

:

XI/ Ganjil

Tahun Pelajaran

:

2019/2020

Materi Pokok

:

Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri

Alokasi Waktu

:

12 JP x 45 menit (6x Pertemuan)


A. Kompetensi Inti

KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

KI-3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator


Kompetensi Dasar Pengetahuan

Kompetensi Dasar Keterampilan

3.2    Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan kosinus.

4.2     Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus.

IPK Pengetahuan

IPK Keterampilan

3.2.1       Menjabarkan sinus jumlah dan selisih dua sudut

3.2.2       Menjabarkan cosinus jumlah dan selisih dua sudut

3.2.3       Menjabarkan tangen jumlah dan selisih dua sudut

3.2.4       Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari jumlah dan selisih dua sudut.

3.2.5       Menjabarkan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda

3.2.6       Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari sudut ganda

3.2.7       Menjabarkan rumus sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut

3.2.8       Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut.

3.2.9       Menjabarkan rumus perkalian perbandingan trigonometri

3.2.10   Menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep perkalian trigonometri

3.2.11   Menjabarkan rumus jumlah dan selisih sinus dengan sinus dan cosinus dengan cosinus

3.2.12   Menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep jumlah dan selisih sinus dengan sinus dan cosinus dengan cosinus

 

4.2.1        Mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus

4.2.2        Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus.


C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Melalui kegiatan pembelajaran dengan discovery learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan peserta didik dapat bekerja sama dan berpikir kritis dalam:
1. Menjabarkan sinus jumlah dan selisih dua sudut dengan benar.
2. Menentukan nilai sinus dari jumlah dan selisih dua sudut dengan benar.


Pertemuan kedua

Melalui kegiatan pembelajaran dengan discovery learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan peserta didik dapat jujur dan berpikir kritis dalam:
1. Menjabarkan cosinus jumlah dan selisih dua sudut dengan benar
2. Menjabarkan tangen jumlah dan selisih dua sudut dengan benar.
3. Menentukan nilai cosinus dari jumlah dan selisih dua sudut dengan benar.
4. Menentukan nilai tangen dari jumlah dan selisih dua sudut dengan benar

Pertemuan ketiga

Melalui kegiatan pembelajaran dengan discovery learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan peserta didik dapat tanggung jawab dan berpikir kritis dalam:
1. Menjabarkan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda dengan benar.
2. Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari sudut ganda dengan benar.
3. Menjabarkan rumus sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut dengan benar
4. Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut dengan benar.

Pertemuan keempat

Melalui kegiatan pembelajaran dengan discovery learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan peserta didik dapat disiplin dan berpikir kritis dalam:
1. Menjabarkan rumus perkalian perbandingan trigonometri dengan benar.
2. Menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep perkalian trigonometri dengan benar.

Pertemuan kelima

Melalui kegiatan pembelajaran dengan discovery learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan peserta didik dapat percaya diri dan berpikir kritis dalam:
1. Menjabarkan rumus jumlah dan selisih sinus dengan sinus dan cosinus dengan cosinus dengan benar.
2. Menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep jumlah dan selisih sinus dengan sinus dan cosinus dengan cosinus dengan benar.

Pertemuan keenam

Melalui kegiatan pembelajaran dengan problem based learning dengan metode diskusi, tanya jawab, dan penugasan peserta didik dapat peduli, santun, berpikir kritis dan kreatif dalam:
1. Mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus dengan benar.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus dengan benar.

D. Materi Pembelajaran

Substansi

MATERI PEMBELAJARAN

Faktual

1.      Segitiga siku-siku

2.      Lingkaran satuan

3.      Nilai trigonometri sudut-sudut istimewa di berbagai kuadran.

 

Konseptual

1.      Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

2.      Luas segitiga

 

Prinsipal

1.      Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.

2.      Rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut.

3.      Rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.

4.      Rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda.

5.      Rumus sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut.

6.      Rumus perkalian sinus dengan cosinus, perkalian cosinus dengan sinus, perkalian cosinus dengan cosinus, serta perkalian sinus dengan sinus.

7.      Rumus jumlah dan selisih sinus dengan sinus serta jumlah dan selisih cosinus dengan cosinus.

 

Prosedural

1.      Cara menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari jumlah dan selisih dua sudut.

2.      Cara menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari sudut ganda.

3.      Cara menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut.

4.      Cara menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep perkalian trigonometri.

5.      Cara menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep jumlah dan selisih sinus atau cosinus.

 



2. Materi Remidial

Materi remidial adalah pengulangan materi reguler. Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian. Remidial dilakukan untuk peserta didik yang belum mencapai kompetensinya, baik individual maupun klasikal. Remedial dilakukan dengan cara diadakan diskusi dan latihan soal untuk indikator atau KD yang belum tercapai.

3. Materi Pengayaan

Pengayaan dilakukan untuk peserta didik yang sudah mencapai kompetensinya, baik individual maupun klasikal. Pengayaan untuk materi ini dilakukan dengan cara diadakan diskusi dan latihan soal mengenai pengembangan penggunaan rumus-rumus tentang jumlah dan selisih sudut terutama pembuktipada segitiga. Adapun soal yang dijadikan latihan yaitu sebagai berikut.

E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Pendekatan Saintifik
2. Metode : Tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi dan penugasan 
3. Model : Discovery learning (pertemuan 1,2,3,4 dan 5)
Problem base learning (pertemuan 6)

F. Media/Alat/Bahan Pembelajaran

1. Media : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Powerpoint
2. Alat : Spidol, penggaris, laptop, LCD dan papan tulis
3. Bahan : Handout

G. Sumber Belajar

1. Bornok Sinaga dkk. 2017. Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Kemendikbud: Jakarta.
2. Internet : kata kunci “rumus jumlah dan selisih dua sudut trigonometri”
3. Video pembelajaran di Youtube dengan kata kunci “rumus jumlah dan selisih dua sudut trigonometri”
4. Situs rumah belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id
5. Buku sumber lain yang relevan.

H. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama
Melalui kegiatan pembelajaran dengan discovery learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan peserta didik dapat berpikir kritis dalam:
1. Menjabarkan sinus jumlah dan selisih dua sudut dengan benar.
2. Menentukan nilai sinus dari jumlah dan selisih dua sudut dengan benar.

DOWNLOAD RPP Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri DISINI

DOWNLOAD MODUL Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri DISINI

DOWNLOAD LKPD Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri DISINI

DOWNLOAD EVALUASI Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri DISINI
DOWNLOAD PPT 1 DISINI
DOWNLOAD PPT 2 DISINI
DOWNLOAD PPT 3 DISINI
DOWNLOAD PPT 4 DISINI
DOWNLOAD PPT 5 DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog