Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah |
: |
SMA
Negeri 1 Melaya |
Mata
Pelajaran |
: |
Matematika
(Peminatan) |
Kelas/Semester |
: |
XI/ Ganjil |
Tahun
Pelajaran |
: |
2019/2020 |
Materi
Pokok |
: |
Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri |
Alokasi
Waktu |
: |
12
JP x 45 menit (6x
Pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI-3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan |
Kompetensi Dasar Keterampilan |
3.2
Membedakan penggunaan jumlah dan
selisih sinus dan kosinus. |
4.2
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus. |
IPK
Pengetahuan |
IPK
Keterampilan |
3.2.1
Menjabarkan sinus jumlah dan selisih dua sudut 3.2.2
Menjabarkan cosinus jumlah dan selisih dua sudut 3.2.3
Menjabarkan tangen jumlah dan selisih dua sudut 3.2.4
Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari jumlah
dan selisih dua sudut. 3.2.5
Menjabarkan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut
ganda 3.2.6
Menentukan nilai sinus,
cosinus, dan tangen dari sudut ganda 3.2.7
Menjabarkan rumus sinus, cosinus, dan tangen setengah
sudut 3.2.8
Menentukan nilai sinus,
cosinus, dan tangen setengah sudut. 3.2.9
Menjabarkan rumus perkalian perbandingan trigonometri 3.2.10 Menentukan nilai perbandingan trigonometri
sesuai dengan konsep perkalian trigonometri 3.2.11 Menjabarkan
rumus jumlah dan selisih sinus dengan sinus dan cosinus dengan cosinus 3.2.12 Menentukan
nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep jumlah dan selisih sinus
dengan sinus dan cosinus dengan cosinus
|
4.2.1
Mengidentifikasi permasalahan
yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus 4.2.2
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus. |
Substansi |
MATERI PEMBELAJARAN |
Faktual |
1. Segitiga
siku-siku 2. Lingkaran
satuan 3. Nilai
trigonometri sudut-sudut istimewa di berbagai kuadran. |
Konseptual |
1. Perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku. 2. Luas
segitiga |
Prinsipal |
1. Rumus
sinus jumlah dan selisih dua sudut. 2. Rumus
cosinus jumlah dan selisih dua sudut. 3. Rumus
tangen jumlah dan selisih dua sudut. 4. Rumus
sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda. 5. Rumus
sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut. 6. Rumus
perkalian sinus dengan cosinus, perkalian cosinus dengan sinus, perkalian
cosinus dengan cosinus, serta perkalian sinus dengan sinus. 7. Rumus
jumlah dan selisih sinus dengan sinus serta jumlah dan selisih cosinus dengan
cosinus. |
Prosedural |
1. Cara
menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari jumlah dan selisih dua
sudut. 2. Cara
menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen dari sudut ganda. 3. Cara
menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen setengah sudut. 4. Cara
menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep perkalian
trigonometri. 5. Cara
menentukan nilai perbandingan trigonometri sesuai dengan konsep jumlah dan
selisih sinus atau cosinus. |
0 komentar:
Post a Comment