PERBANDINGAN TRIGONOMETRI
A. Kompetensi Inti:
1. KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. KI-4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
KD 3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
KD 4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi KI Pengetahuan
3.8.1 Menjelaskan pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
3.8.2 Menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.8.3 Menghitung nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
Indikator Pencapaian Kompetensi KI Keterampilan
4.8.1 Menyajikan permasalahan dunia nyata yang terkait dengan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.
4.8.2 Menyelesaikan permasalahan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen), menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi kelompok dan menggali informasi dengan model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik akan dapat:
1. Menyebutkan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) dengan benar dan penuh percaya diri
2. Menjelaskan pengertian perbandingan trigonometri sinus, cosinus dan tangen pada segitiga siku-siku dengan menggunakan sisi-sisi segitiga siku-siku secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
3. Menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku dengan tepat dan cermat
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku secara tepat dan kreatif.
5. Peserta didik dapat dengan cermat memberikan contoh permasalahan dunia nyata terkait dengan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.
6. Menyelesaikan permasalahan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen), menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.
0 komentar:
Post a Comment