Pages

Friday, August 6, 2021

PERBANDINGAN TRIGONOMETRI LENGKAP DENGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

 PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

A. Kompetensi Inti: 

1. KI-1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. KI-2  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. KI-4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar 

KD 3.8 Menentukan  perbandingan  trigonometri pada segitiga siku-siku

KD 4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku

C. Indikator Pencapaian Kompetensi 

Indikator Pencapaian Kompetensi KI Pengetahuan 

3.8.1 Menjelaskan  pengertian perbandingan  trigonometri pada segitiga siku-siku.

3.8.2 Menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.

3.8.3 Menghitung nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

Indikator Pencapaian Kompetensi KI Keterampilan 

4.8.1 Menyajikan permasalahan dunia nyata yang terkait dengan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.

4.8.2 Menyelesaikan permasalahan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen), menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.

D. Tujuan Pembelajaran

Setelah berdiskusi kelompok dan menggali informasi dengan model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik akan dapat:

1. Menyebutkan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) dengan benar dan penuh percaya diri

2. Menjelaskan pengertian perbandingan trigonometri sinus, cosinus dan tangen  pada segitiga siku-siku dengan menggunakan sisi-sisi segitiga siku-siku secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar. 

3. Menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku dengan tepat dan cermat

4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku secara tepat dan kreatif.

5. Peserta didik dapat dengan cermat memberikan contoh permasalahan dunia nyata terkait dengan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.

6. Menyelesaikan permasalahan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen), menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.

SOAL

Sebuah kapal sedang berlabuh dalam posisi menghadap ke menara. Seorang pengamat (berada di puncak menara) melihat ujung depan kapal dengan sudut elevasi 60o dan ujung belakang kapal dengan sudut elevasi 75*. 
Jika tinggi menara 75 m, dan dasar menara berada 15 m di atas permukaan laut, berapakah panjang kapal itu?




Dari beberapa referensi, gambarlah tiga segitiga siku-siku yang sebangun tetapi tidak kongruen. Untuk memperoleh ukuran sudut yang sama, maka gunakanlah busur derajat. Kemudian pada segitiga-segitiga tersebut tentukan salah satu sudut lancipnya dan beri nama dengan huruf A.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat: 
Menyebutkan perbandingan trigonometri dengan benar dan tepat
Menjelaskan pengertian perbandingan trigonometri sinus,cosinus & tangen  pada segitiga siku-siku dengan menggunakan sisi segitiga siku-siku secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar dengan penuh percaya diri
Menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku dengan tepat dan cermat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku secara tepat dan kreatif
Peserta didik dapat dengan cermat memberikan contoh permasalahan dunia nyata terkait dengan perbandingan trigonometri  pada segitiga siku-siku
Menyelesaikan permasalahan perbandingan trigonometri, menggunakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri

DOWNLOAD RPP PERBANDINGAN TRIGONOMETRI KLIK DISINI

DOWNLOAD LKPD/LKS PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA 
SIKU-SIKU KLIK DISINI

DOWNLOAD MODUL/NBAHAN AJAR PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU KLIK DISINI

DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU KLIK DISINI

DOWNLOAD MEDIA POWER POINT PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU KLIK DISINI

MODUL DAN BAHAN AJAR MATEMATIKA LENGKAP KLIK DISINI



0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog