SOAL DAN JAWABAN PEDAGOGIK
TATA TERTIB UKG
1. Selama UKG tidak menggunakan handphone atau alat komunikasi lainnya
2. Peserta wajib membawa KTP dan meletakkan di atas meja
3. Dilarang meng-capture atau mengambil photo soal atau pun photo ruangan
4. Senantiasa menjaga protokol kesehatan
5. Senantiasa menjaga ketertiban dan tidak membuat gaduh saat ujian
6. Jawaban boleh dilewati jika dianggap belum mampu menjawab.
7. Semua soal harus dijawab
8. Untuk melihat soal yang belum dijawab, silahkan klik pada "list soal" di pojok kanan atas aplikasi ini
9. Jika sudah selesai, klik "Kirim seluruh jawaban" untuk menuntaskan pengerjaan UKG
10. Tidak tertera nilai hasil ujian setelah menyelesaikan UKG
Nama:
NIK (sesuai KTP):
Tempat Tugas:
Kabupaten:
Mata Pelajaran:
email:
1. Apabila dalam suatu proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya karena dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
A) stimulus respon
B) shaping
C) trial and error
D) conditioning
E) konseptualisasi
2. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
A) behavioristik
B) rekonstruktivistik
C) kognitivistik
D) humanistik
E) konstruktivistik
3. Di dalam proses pembelajaran, para peserta didik dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
A) behavioristik
B) sibernetik
C) konstruktivistik
D) humanistik
E) kognitivistik
4. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
A) memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
B) membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik
C) memberikan kegiatan yang merangsang keingintahuan peserta didik dan membantu mereka mengekspresikan gagasannya
D) memahami tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
E) memberikan penjelasan tentang pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar yang menarik
5. Teori yang menyatakan bahwa seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri merupakan teori ....
A) sibernetik
B) konstruktivistik
C) humanistik
D) behavioristik
E) kognitivistik
6. Teori yang menyatakan bahwa peserta didik selama kegiatan belajar lebih ditekankan untuk aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri merupakan aliran dari teori ....
A) konstruktivistik
B) sibernetik
C) behavioristik
D) humanistik
E) kognitivistik
7. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......
A) intuitif
B) enaktif
C) simbolik
D) konflik
E) ikonik
8. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah mampu ….
A) mengalami sebuah kejadian
B) memecahkan masalah
C) membuat peraturan
D) memahami permasalahan
E) memahami sebuah kejadian
9. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah kemampuan....
A) Berkomunikasi
B) mengemukakan pendapat
C) berinteraksi
D) memecahkan masalah
E) mengintegrasikan diri
10. Perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Belajar teknis.
2. Belajar praktis.
3. Belajar aktif.
4. Belajar emansipatoris.
5. Belajar konsep.
6. Belajar keseimbangan.
7. Belajar terpadu.
Yang merupakan tipe belajar menurut Habermas ditunjukkan dengan nomor ….
A) 1, 2, 3, 5 B) 1, 4, 5, 6 C) 2, 3, 4, 5
D) 1, 2, 3, 4 E) 1, 3, 4, 5
11. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek….
A) moral
B) etnik
C) motivasi
D) status sosial
E) minat
12. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkret, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan media ….
A) benda nyata
B) gambar
C) poster
D) grafis
E) cetak
13. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya. Untuk hal ini, guru dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan….
A) memasang puzzle
B) meronce membuat kalung
C) menjiplak huruf
D) mewarnai pola
E) menendang bola
14. Perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Kemampuan akademik.
2. Motivasi.
3. Perilaku.
4. Keterampilan.
5. Sikap.
6. Kebiasaan belajar.
7. Lingkungan rumah.
8. Sosial ekonomi.
Karakter peserta didik yang harus dipahami oleh guru demi kesuksesan pembelajaran ditunjukkan dengan nomor ….
A) 3, 4, 5, 6, 7 B) 1, 2, 3, 4, 5 C) 1, 3, 4, 5, 7
D) 4, 5, 6, 7, 8 E) 2, 3, 4, 5, 6
15. Ketika Pak Maun akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya, ia melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Maun memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal….
A) perkembangan emosinya
B) perkembangan sosialnya
C) perkembangan motoriknya
D) kemampuan awalnya
E) motivasi belajarnya
16. Ketika Guru A melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, seperti memutar video pembelajaran, CD audio, dan/atau menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena mempertimbangkan ….
A) kultural peserta didik
B) gender peserta didik
C) etnik peserta didik
D) minat peserta didik
E) gaya belajar peserta didik
17. Sebagai Guru Kelas V SD, Pak Baka memberikan pembelajaran menyanyi/music dengan memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan Pak Baka tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama dalam bidang….
A) minat
B) kultural
C) status sosial
D) etnik
E) gender
18. Tindakan guru untuk mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar pada saat pembelajaran berlangsung merupakan tindakan yang memperhatikan aspek ….
A) motivasi
B) status sosial
C) etnik
D) sosial
E) kultural
19. Menurut Kohberg, tahap naively egoistic orientation dalam perkembangan moral peserta didik/anak yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan ….
A) akibat perbuatan
B) kontrak/imbal jasa
C) hati nurani
D) persetujuan orang lain
E) ketertiban sosial
20. Gaya belajar peserta didik dalam suatu kelas sangat beragam, ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu menggunakan ….
A) media komik pembelajaran, tanya jawab, dan buku
B) program audio, buku, dan modul
C) metode ceramah, diskusi, tanya jawab
D) media audio, video, dan percobaan
E) modul, buku, dan powerpoint
21. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai ....
A) critical and creative thinking
B) transfer knowledge
C) discovery learning
D) problem solving
E) management strategic solution
22. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu.
2. Kemampuan untuk menilai kesukaran sesuatu masalah.
3. Kemampuan untuk mengamati tingkat pemahaman dirinya.
4. Pengetahuan tentang bentuk yang lebih kompleks dan terorganisasi.
5. Kemampuan menggunakan berbagai informasi untuk mencapai tujuan.
6. Pengetahuan tentang eleman-elemen terpisah dan memiliki cirinya tersendiri.
Menurut Anderson dan Krathwoll, pernyataan di atas yang termasuk dimensi pengetahuan metakognitif ditunjukkan dengan nomor ....
A) 2, 3, 5 B) 1, 2, 3 C) 1, 4, 6
D) 4, 5, 6 E) 3, 4, 6
23. Berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan yang muncul, mengambil keputusan, menganalisis semua asumsi yang muncul dan melakukan investigasi atau penelitian berdasarkan data dan informasi yang telah didapatkan sehingga menghasilkan informasi atau simpulan yang diinginkan.
Berdasarkan teks di atas, pernyataan yang paling benar adalah bahwa berpikir kritis secara esensial merupakan sebuah proses .…
A) aktif, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, menjawab berbagai pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif
B) aktif, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, mensimulasi pertanyaan dari berbagai pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif
C) berpikir, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, menjawab berbagai pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif
D) aktif, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, mengajukan berbagai pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif
E) berpikir, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, mengajukan berbagai pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif
24. Manakah di antara pernyataan berikut yang merupakan indikator kunci dari Kompetensi Dasar “Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?
A) Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya lokal.
B) Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
C) Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
D) Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial kemasyarakatan.
E) Mengidentifikasi peran pemerintah dalam menyusun program unggulan untuk menyejahterakan masyarakat.
25. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Kemampuan untuk memprioritaskan, merencanakan, dan mengelola hasil
2. Penggunaan alat dunia nyata yang efektif
3. Produk yang relevan dan berkualitas tinggi
Sebagai bagian dari keterampilan enGauge Abad ke-2, pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari ....
A) high productivity
B) efficiency learning
C) effective communication
D) digital age literacy
E) inventive thinking
26. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas
2. Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko
3. Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal
Sebagai bagian dari keterampilan enGauge Abad ke-21, pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari ....
A) digital age literacy
B) inventive thinking
C) efficiency learning
D) effective communication
E) high productivity
27. Apabila peserta didik belum siap untuk melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, maka strategi yang dilakukan guru adalah ....
A) mengubah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan peserta didik yang heterogen
B) membentuk kelompok peserta didik dengan kemampuan yang heterogen dalam proses pembelajaran
C) membangun terlebih dahulu jembatan penghubung antara proses berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat tinggi
D) tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan meminta peserta didik untuk fokus
E) mengidentifikasi peserta didik baik yang sudah siap maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggi
28. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi creativity thinking and innovation sangat penting karena peserta didik dapat ....
A) menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
B) mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
C) mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
D) mencari sendiri tanpa bantuan guru dan menemukan alternatif pemecahan masalah dari berbagai sumber belajar dalam rangka mengembangkan pola pikir
E) bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
29. Salah satu proses kognitif adalah “mengkreasi” yang maknanya adalah ....
A) membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar nyata
B) membuat pertimbangan-pertimbangan berdasarkan kriteria atau standar yang telah ditetapkan secara nasiona
C) menganalisis hasil temuan dengan cara mengidentifikasi produk yang akan dibuat secara mandiri
D) melakukan atau menggunakan tata cara dan prosedur di dalam situasi yang tidak seperti biasanya
E) menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
30. Kegiatan pembelajaran mengelompokkan tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiaknya, merupakan bagian dari proses berpikir dan dimensi pengetahuan ....
A) faktual – mengingat
B) prosedural – menganalisis
C) konseptual - menganalisis
D) konseptual – memahami
E) prosedural – menerapkan
31. Salah satu kegiatan menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks discovery learning berupa ....
A) pernyataan/identifikasi masalah (problem statement)
B) pembuktian hasil temuan (verification)
C) pemvalidasian hasil temuan (validating)
D) pengumpulan data (data collection)
E) pengolahan data (data processing)
32. Pada KD “Menganalisis hubungan antarsudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal”, materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah ….
A) hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C3
B) sudut-sudut dan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
C) hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
D) hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
E) hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C4
33. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah ….
A) project based learning
B) problem based learning
C) discovery learning
D) inquiry learning
E) integrated learning
34. Kegiatan pembelajaran pada model project based learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah….
A) peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
B) mendiskusikan topik permasalahan kehidupan di lingkungan tempat tinggal peserta didik dan membandingkannya
C) peserta didik menyusun jadwal penyelesaian tugas proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
D) peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
E) membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain
35. Target kompetensi dasar “Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan” adalah ....
A) menjelaskan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui teks lisan
B) menyimpulkan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi lingkungan
C) menganalisis kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui visual
D) mengidentifikasi kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis
E) memisahkan kosa kata tentang benda-benda di lingkungan sekitar peserta didik
36. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar” adalah ….
A) menyebutkan komponen-komponen ekosistem dalam kehidupan
B) membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
C) menganalisis ekosistem di lingkungan tempat peserta didik
D) menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem kita
E) menyebutkan pengertian tentang ekosistem dengan jelas
37. Contoh kegiatan pada salah satu sintaks problem-based learning dalam mengorganisasikan peserta didik untuk belajar adalah ….
A) peserta didik belajar mandiri dalam memecahkan masalah dan menjelaskan gagasannya di depan kelas
B) peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
C) peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi
D) kelompok peserta didik mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
E) kelompok peserta didik melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
38. Contoh kegiatan pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah .....
A) menganalisis prakiraan cuaca di negara-negara dari 5 benua
B) mencatat hasil pengamatan cuaca setiap hari dan menganalisnya
C) melihat video di internet tentang prakiraan cuaca selama sebulan
D) membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim di berbagai negara
E) membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
39. Ketika peserta didik diminta untuk menyebutkan tumbuhan yang ada di sekolah, kegiatan pembelajaran tersebut merupakan pengetahuan….
A) konseptual
B) faktual
C) kognitif
D) prosedural
E) metakognitif
40. Berikut adalah perumusan indikator kunci untuk KD “_Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia”, kecuali ....
A) menjelaskan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan tempat tinggalnya
B) mengorelasikan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Indonesia
C) menghubungkan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan budaya masyarakat Indonesia
D) mengidentifikasi pengaruh interaksi manusia terhadap pembangunan pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia
E) menggeneralisasikan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan, terhadap pembangunan sosial masyarakat Indonesia
41. Dengan komunikasi, orang tua mengajarkan arti kasih sayang, makna cinta, rasa hormat, dan rasa bangga. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari fungsi komunikasi, yaitu ....
A) melangsungkan kehidupan
B) menyatakan eksistensi diri
C) memupuk hubungan
D) pembentukan eksistensi diri
E) pembentukan konsep diri
42. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian di atas, yang tidak termasuk dalam komponen komunikasi adalah ....
A) pesan
B) komunikator
C) komunikan
D) informasi
E) saluran
43. Unsur-unsur komunikasi berdasarkan definisi dan model komunikasi, dalam konteks belajar mengajar guru dan siswa berperan sebagai komunikator sehingga terjadi komunikasi dua arah, adalah….
A) penyadian ulang atau decoding
B) penyandian atau encoding
C) pesan atau message
D) pengirim atau komunikator
E) saluran dan media
44. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
A) Daya tarik intelektual.
B) Kepercayaan dan latar belakang budaya.
C) Daya tarik dan kecerdasan.
D) Emosi dan intelektual.
E) Kepercayaan dan daya tarik.
45. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Membangun etos kerja guru dengan tepat.
(2) Memilih media pembelajaran yang sesuai.
(3) Menggunakan ceramah yang tegas.
(4) Menggunakan bahasa yang tepat.
(5) Membangun iklim komunikasi dengan peserta didik.
(6) Memberi tugas-tugas kelompok.
(7) Mengembangkan keberagaman
Strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik dapat dilakukan dengan cara ….
A) 3, 4, 5, 6 B) 1, 2, 3, 4 C) 2, 3, 5, 6
D) 4, 5, 6, 7 E) 1, 4, 5, 7
46. Pak Budi memberikan soal untuk dikerjakan oleh peserta didik. Ketika Pak Budi meminta peserta didik untuk mengerjakannya di depan kelas, tidak ada seorang peserta didik pun yang berani maju ke depan kelas. Akhirnya, Pak Budi menunjuk seorang peserta didik, tetapi peserta didik tersebut tidak mau dengan alasan tidak bisa. Respon yang sebaiknya Pak Budi lakukan terhadap peserta didik tersebut adalah ....
A) “Silahkan kerjakan di depan. Coba baca kembali soalnya dengan cermat. Pelajari kembali contoh yang saya sudah diterangkan.”
B) “Ayo, jangan takut. Coba saja dulu kerjakan di depan, nanti Bapak bimbing mengerjakannya”.
C) “Cepat kerjakan di depan. Baca kembali soalnya dengan cermat. Pelajari kembali contoh yang sudah diterangkan.”
D) “Kalian ini bagaimana. Masa tidak ada satu pun yang bisa. Makanya perhatikan kalau guru sedang menerangkan!
E) “Baik, kalau begitu, mari kita bahas bersama-sama. Perhatikan penjelasan Bapak.
47. Informasi yang dapat diketahui guru setelah melaksanakan identifikasi bekal ajar awal peserta didik adalah....
A) prestasi belajar yang telah dicapai peserta didik sebelumnya
B) kelemahan dan kesulitan belajar peserta didik
C) minat dan bakat para peserta didik yang berbeda
D) kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran
E) tingkat kecerdasan atau intelegensi peserta didik
48. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran dan fungsi penting dalam proses pembelajaran misalnya dalam pengembangan media pembelajaran. Di antara kelebihan dari media pembelajaran berbasis TIK adalah….
A) mudah disimpan
B) mudah dikembangkan
C) sebagai multimedia
D) mudah didistribusikan
E) mudah dioperasikan
49. Menurut Gagne, pengalaman belajar yang diperoleh melalui analisis suatu objek dengan memperhatikan ciri-ciri spesifik adalah....
A) konsep
B) sinyal
C) diskriminasi
D) aplikatif
E) asosiasi verbal
50. Fungsi komunikasi dari pandangan kita mengenai siapa diri kita. Semua itu diperoleh lewat informasi yang diberikan oleh orang lain kepada kita. Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan sesamanya tidak akan memiliki kesadaran bahwa dirinya adalah manusia adalah….
A) menyatakan eksistensi diri
B) mengekspresikan perasaan
C) melangsungkan kehidupan
D) memupuk hubungan
E) pembentukan konsep diri
51. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam.Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu!
Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
A) Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.
B) Disajikan permasalahan tentang lingkungan hidup di tepi pantai, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis masalah yang terjadi.
C) Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, peserta didik dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
D) Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
E) Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
52. Di tengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana, ratusan pelajar di Kecamatan Tompobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak ada akses jembatan. Di Desa Bonto Matinggi, puluhan siswa terpaksa berenang di sungai tiap ke sekolah. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas relawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun ruang belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian.
Sumber: https://news.detik.com/berita/4001024/cerita-perjuangan-keras-anak-pedalaman-di-maros-meraih-cita-cita
Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?
A) Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?
B) Jika anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
C) Apa yang terjadi jika anak-anak di Maros tidak bersekolah?
D) Apa yang dilakukan para relawan?
E) Mengapa peserta didik di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
53. Soal yang tepat untuk indikator “Disajikan grafik tentang kegemaran, peserta didik dapat menentukan banyaknya peserta didik yang memiliki kegemaran” adalah ….
A) Berdasarkan data tersebut, tentukan jumlah peserta didik yang memiliki kegemaran sepak bola jika jumlah peserta didik 1200 orang.
B) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1200!
C) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1500!
D) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1500!
E) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1500!
54. Perhatikan soal di bawah ini. Berikan contoh kegiatan yang bisa dilakukan peserta didik dalam mewujudkan sikap bela negara! Contoh soal tersebut berada pada level kognitif…
A) evaluasi
B) penalaran
C) aplikasi
D) pengetahuan
E) kreasi
55. Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam mengembangkan idenya, guru meminta peserta didik pidato dengan tema “Peran Pemuda di Era Milenial”. Penilaian yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ....
A) penilaian praktik
B) penilaian produk
C) tes tertulis
D) observasi
E) tes lisan
56. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah lingkungan, Ibu Kartika menggunakan model pembelajaran project-based learning dengan menugaskan peserta didiknya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya peserta didik berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
A) Tes lisan.
B) Penilaian praktik.
C) Observasi.
D) Penilaian produk.
E) Portofolio.
57. Penilaian dalam dimensi belajar yang dikembangkan dalam membantu peserta didik mengembangkan perasaan yang diterima baik oleh guru maupun teman sebayanya, percaya diri dan sikap menerima orang lain di kelas adalah ….
A) menggunakan pengetahuan secara bermakna
B) memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan
C) sikap dan persepsi
D) memperluas dan menyaring pengetahuan
E) habits of minds (perilaku berpikir)
58. Anak usia sekolah dasar berada pada tahap perekembangan kognitif operasional konkret. Menurut teori Piaget, salah satu kemampuan anak yang penting pada tahap ini adalah mampu mengurutkan benda dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan kognitif ini termasuk kemampuan...
A) klasifikasi
B) konservasi
C) akomodasi
D) diferensiasi
E) asimilasi
59. Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana ke materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah ke soal yang sulit. Hal itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yang ....
A) berawal pada diferensiasi dan berakhir pada integrasi
B) berlangsung secara bertahap
C) dapat dipercepat melalui proses belajar
D) berlangsung sesuai dengan iramanya
E) dilaksanakan sesuai dengan sarana belajar
60. Hasil identifikasi bekal ajar awal peserta didik memiliki fungsi penting sebagai berikut, kecuali….
A) memilih dan menentukan metode dan media pembelajaran sesuai karakteristik eserta didik
B) menetapkan peserta didik dalam kelompok unggul yang perlu diberi bea siswa atau penghargaan lainnya
C) menyeleksi tuntutan, kemampuan serta kecendrungan peserta didik memilih program pembelajaran selanjutnya
D) menentukan desain program pembelajaran sesuai kemampuan awal peserta didik
E) memperoleh informasi lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran
61. Bu Nora sedang melakukan identifikasi masalah kesulitan belajar beberapa peserta didik yang menjadi bimbingannya. Untuk mengidentifikasi karakteristik atau ruang lingkup materi yang mengalami kesulitan belajar, maka yang harus Ibu Nora lakukan yang paling tepat adalah ...
A) membandingkan prestasi belajar dengan rata-rata
B) membandingkan prestasi belajar dengan kriteria
C) mengikuti arahan ahli pendidikan dan pembelajaran
D) mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar
E) menganalisis lembar jawab ulangan peserta didik
62. Gina termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada semua bidang studi di atas KKM. Namun, Gina sering mendapat nilai di bawah KKM pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina diduga disebabkan oleh....
A) tingkat kecerdasan intelektual berada di bawah rata-rata
B) kemampuan motorik halus yang belum berkembang dengan baik
C) tidak adanya fasilitas yang cocok bagi Gina untuk belajar
D) sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
E) kurang menyukai mata pelajaran menggambar dan Bahasa
63. Pak Kasem akan mengembangkan kreativitas dengan meningkatkan kemampuan berpikir divergen. Beliau memberikan sebuah masalah “apa yang akan kamu lakukan kalau minyak bumi sudah tidak ada lagi di muka bumi.” Peserta didik diminta menuliskan beberapa alternatif jawaban. Yang harus menjadi fokus perhatian Pak Kasem adalah....
A) banyaknya jawaban berkualitas
B) siapa peserta didik yang menjawab
C) banyaknya jawaban tepat
D) banyaknya alternatif jawaban
E) jawaban ilmiah dari peserta didik tertentu
64. Bu Rabumah memiliki kepedulian terhadap pengembangan potensi peserta didiknya. Pada saat menemukan peserta didik yang prestasinya lebih rendah dari tingkat kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah….
A) memberikan tugas berupa latihan soal dan membuat rangkuman
B) meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
C) memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
D) disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor Pendidikan
E) meminta orang tua peserta didik agar memperhatikan anaknya
65. Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai moral. Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa hukuman dan hadiah.. Menurut teori perkembangan moral dari Kohlberg penalaran moral individu tersebut berada pada tingkat....
A) prakonvensional
B) pascakonvensional
C) konvensional
D) pascaoperasional
E) praoperasional
66. Alasan diperlukannya identifikasi potensi peserta didik adalah.…
A) minat dan bakat peserta didik selalu tidak sama dalam setiap kelas belajar
B) tingkat perekonomian keluarga peserta didik berbeda
C) peserta didik memiliki karakteristik dan kemampuan awal yang tidak sama
D) kualitas sekolah dimana peserta didik berasal tidak sama
E) peserta didik berasal dari keluarga dengan tingkat pendidikan orang tua yang berbeda
67. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan kasus problematik yang harus diselesaikan dengan tepat dan benar oleh peserta didik. Model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah....
A) penerapan matematika untuk memecahkan masalah secara berkelompok
B) penemuan sendiri oleh kelompok siswa atas problem yang diberikan untuk diselesaikan
C) problem based learning dengan kasus khusus yang menggunakan operasi aritmatika
D) penerapanan operasi matematika secara benar dan tepat pada setiap kasus yang diberikan
E) uji coba pemecahan masalah menggunakan berbagai rumus matematika yang selalu digunakan
Answer Keys
Question Answer Question Answer
1 C 35 A
2 A 36 B
3 C 37 B
4 A 38 E
5 C 39 B
6 A 40 A
7 E 41 A
8 B 42 E
9 D 43 D
10 C 44 E
11 B 45 E
12 A 46 B
13 E 47 D
14 E 48 C
15 D 49 C
16 C 50 E
17 B 51 C
18 A 52 B
19 B 53 A
20 D 54 C
21 A 55 A
22 A 56 D
23 D 57 C
24 E 58 E
25 A 59 B
26 B 60 B
27 C 61 B
28 A 62 B
29 E 63 A
30 E 64 B
31 A 65 C
32 E 66 C
33 D 67 C
34 D
DOWNLOAD PDF PEDAGOGIK KLIK DISINI
EBOOK PEDAGOGIK DAN BANK SOAL KLIK DISINI
PEDAGOGIK P3K KILIK DISINI
0 komentar:
Post a Comment