Pages

Friday, August 6, 2021

PERANGKAT PEMBELAJARAN MATRIKS LENGKAP DENGAN INSTRUMEN

PERANGKAT PEMBELAJARAN MATRIKS



Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta berpendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, peserta didik dapat menunjukkan sikap jujur, tertib, dan mengikuti aturan pada saat proses belajar berlangsung serta menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam :

1. menjelaskan pengertian matriks (baris, kolom, dan ordo), jenis-jenis matriks, matriks tranpose dan kesamaan dua matriks dengan tepat

2. menjelaskan syarat dan sifat operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks, serta menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks dengan tepat.

3. menjelaskan sifat operasi perkalian scalar, serta menerapkan operasi perkalian skalar dengan matriks dengan tepat.dengan matriks dengan tepat.

4. menjelaskan syarat dan sifat operasi perkalian dua matriks, serta menerapkan operasi perkalian dua matriks dengan tepat.

5. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan konsep matriks, transpose, kesamaan matriks dan operasi pada matriks dengan tepat

sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya,

mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan

kemampuan 4C yaitu critical thingking (berpikir kritis), communication (komunikasi),

collaboration (kolaborasi), creativity (kreativitas).

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 45 menit)

Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.3.1. Menjelaskan pengertian matriks

3.3.2. Menjelaskan pengertian baris, kolom dan ordo pada matriks.

4.3.1. Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan matriks.

Pertemuan 2 (2 x 45 menit)

Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.3.3. Menjelaskan jenis-jenis matriks

3.3.4. Menjelaskan pengertian transpose matriks

Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis matriks dengan tepat.

2. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menjelaskan pengertian tranpose matriks dengan tepat

Pertemuan 3 (2 x 45 menit)

Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.3.5. Menjelaskan syarat kesamaan dua matriks.

4.3.2. Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan konsep kesamaan matriks

4.3.4. Menyelesaikan masalah kontekstual (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan kesamaan matriks

Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menjelaskan syarat kesamaan dua matriks dengan tepat

2. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menyajikan model matematika dan menentukan penyelesaian dari suatu masalah nyata (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan kesamaan matriks dengan tepat

Pertemuan 4 (2 x 45 menit)

Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.3.6 Menjelaskan syarat dan sifat operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks.

3.3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks.

3.3.8 Menjelaskan sifat operasi perkalian skalar dengan matriks.

3.3.9 Menentukan hasil operasi perkalian skalar dengan matriks dengan menggunakan sifat-sifat operasi perkalian skalar dengan matriks.

3.3.10 Menjelaskan syarat dan sifat operasi perkalian dua matriks.

3.3.11 Menentukan hasil operasi perkalian dua matriks gan menggunakan sifat-sifat operasi perkalian dua matriks.

4.3.3. Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan operasi matriks

4.3.5. Menyelesaikan masalah kontekstual (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan operasi matriks.

Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menjelaskan syarat dan sifat operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks, serta menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks dengan tepat.

2. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menjelaskan sifat dan menenentukan hasil operasi perkalian skalar dengan matriks dengan menggunakan sifat-sifat operasi perkalian skalar dengan matriks dengan tepat.

3. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menjelaskan syarat dan sifat operasi perkalian dua matriks, serta menentukan hasil operasi perkalian dua matriks dengan menggunakan sifat-sifat operasi perkalian dua matriks dengan tepat.

4. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik dapat menyajikan model matematika dan menentukan penyelesaian dari suatu masalah nyata (perdagangan, susunan daftar barang,tabel klasemen liga sepak bola, dll) yang berkaitan dengan operasi matriks dengan tepat.

Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran

1. Teknik Penilaian

• Sikap : Observasi

• Pengetahuan : Tes tertulis

• Keterampilan : Proyek

2. Bentuk Instrumen

• Sikap : Jurnal (terlampir)

• Pengetahuan : Soal uraian (terlampir)

• Keterampilan : Lembar tugas proyek dan pedoman penilaian (terlampir)

3. Instrumen Penilaian (terlampir)

4. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a. Remedial

Pembelajaran remidial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.

• Jika terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM, maka dilaksanakan pembelajaran remidial (remidial teaching) terhadap kelompok tersebut.

• Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM, maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.

• Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM, maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.

• Setelah remidial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.

b. Pengayaan

• Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM dengan cara diberikan tugas mengkaji penerapan dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High Order Thinking Skills).

• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

DOWNLOAD RPP MATERI MATRIKS KLIK DISINI

DOWNLOAD MODUL/BAHAN AJAR MATRIKS KLIK DISINI

DOWNLOAD LKPD/LKS MATRIKS KLIK DISINI

DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI MATRIKS KLIK DISINI

DOWNLOAD MEDIA PEMBELAJARAN MATRIKS POWER POINT KLIK DISINI

MODUL DAN BAHAN AJAR MATEMATIKA LAINNYA KLIK DISINI

LKPD/LKS MATEMATIKA LENGKAP KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog