Pages

Thursday, August 12, 2021

INDUKSI MATEMATIKA (PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP)

 INDUKSI MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah         : SMA Negeri 2 Amlapura

Mata Pelajaran : Matematika Wajib

Kelas/ Semester : XI / 1 (Satu)

Materi Pokok         : Induksi Matematika

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 kali pertemuan)

Tahun Pelajaran : 2019/2020


A. Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1    Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian dengan induksi matematika.

3.1.1.      Menjelaskan langkah-langkah induksi matematika

3.1.2.      Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematika berupa barisan bilangan dengan induksi matematika

3.1.3.      Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematika berupa keterbagian bilangan dengan induksi matematika

3.1.4.      Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematika berupa ketidaksamaan bilangan dengan induksi matematika

4.1    Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian.

4.1.1.      Menerapkan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa barisan bilangan

4.1.2.      Menerapkan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa keterbagian bilangan

4.1.3.      Menerapkan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa ketidaksamaan bilangan



C. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang dipadukan dengan metode diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah induksi matematika dan metode pembuktian pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian bilangan dengan induksi matematika dengan benar.
2. Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang dipadukan dengan metode ATM, diskusi dan penugasan peserta didik dapat menerapkan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian bilangan dengan benar.
3. Selama kegiatan pembelajaran peserta didik menunjukkan sikap menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya, rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran

1. Materi Reguler
a. Faktual
        - Induksi matematika metode pembuktian pernyataan dengan semesta pembicaraan pada                     bilangan asli
b. Konseptual
        - Pembuktian pernyataan menggunakan induksi matematika
c. Prinsipal
        - Langkah awal
        - Langkah induksi
d. Prosedural
        - Langkah – langkah pembuktian pernyataan matematika berupa barisan bilangan dengan                 induksi matematika.
        - Langkah – langkah pembuktian pernyataan matematika berupa keterbagian bilangan dengan             induksi matematika


DOWNLOAD RPP INDUKSI MATEMATIKA KLIK DISINI
DOWNLOAD POWER POINT PRESENTASI INDUKSI MATEMATIKA KLIK DISINI
DOWNLOAD LKPD/LKS INDUKSI MATEMATIKA KLIK DISINI
DOWNLOAD MODUL/ BAHAN AJAR INDUKSI MATEMATIKA KLIK DISINI
DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI INDUKSI MATEMATIKA KLIK DISINI



0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog