PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL
A. Kompetensi Inti
• KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
• KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
• KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
• KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
|
3.2 Menjelaskan
dan menentukan
penyelesaian pertidaksamaan rasional dan
irasional satu variable
|
1.
1.1.
1.2.
1.3.
1.4.
1.5.
1.6.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional
dan irasional satu variabel
|
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
|
3.2.1
Mengidentifikasi bentuk pertidaksamaan rasional.
3.2.2
Menjelaskan konsep penyelesaian pertidaksamaan rasional.
3.2.3
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional.
3.2.4
Mengidentifikasi bentuk pertidaksamaan irasional
3.2.5
Menjelaskan konsep penyelesaian pertidaksamaan irasional.
3.2.6
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan irasional
|
4.2.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional
4.2.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksaman
irasional
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat:
1. Berpikir kritis untuk mengidentifikasi bentuk pertidaksamaan rasional yang sesuai dan tepat.
2. Bekerja sama dalam menjelaskan konsep penyelesaian pertidaksamaan rasional dengan tepat dan percaya diri.
3. Berpikir kritis untuk menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dengan benar dan pantang menyerah.
4. Berpikir kritis untuk mengidentifikasi bentuk pertidaksamaan irasional sesuai dan tepat.
5. Bekerja sama dalam menjelaskan konsep penyelesaian pertidaksamaan irasional dengan tepat dan percaya diri.
6. Berpikir kritis untuk menentukan penyelesaian pertidaksamaan irasional dengan benar dan pantang menyerah.
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat:
7. Berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dengan tepat dan teliti.
8. Berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksaman irasional dengan tepat dan teliti.
D. Pendekatan dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan Permbelajaran: Pendekatan Saintifik.
2. Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab
3. Model Pembelajaran:
a. Discovery Learning (Pertemuan I sampai dengan Pertemuan IV)
1) Stimulation
2) Data Collection
3) Data Processing
4) Verification
5) Generalitation
b. Problem Based Learning (Pertemuan V)
1) Orientasikan peserta didik pada masalah aktual dan otentik
2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
UNTUK DOWNLOAD MODUL/ BAHAN AJAR PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL KLIK DISINI
DOWNLOAD LKPD/LKS PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL KLIK DISINI
DOWNLOAD MODUL/BAHAN AJAR PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL KLIK HERE
DOWNLOAD PRESENTASI POWER POINT PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL KLIK DISINI
DOWNLOAD RPP PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL DISINI
INSTRUMEN EVALUASI LENGKAP KARTU SOAL DAN PEDOMAN PENSKORAN PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL KLIK DISINI
0 komentar:
Post a Comment