Pages

Friday, August 7, 2020

BAHAN AJAR DAN LKPD STATISTIKA

 BAHAN AJAR DAN LKPD STATISTIKA KELAS XII SMA

A.      Kompetensi Inti/KI


KI-1    :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2    :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3    :Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-4    :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.   Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

 

3.2.1.     Menentukan nilai mean, median, dan modus dari data yang disajikan.

3.2.2.     Menentukan nilai jangkauan, hamparan, jangkauan semi antar kuartil, simpangan rata-rata, varians, dan simpangan baku dari data yang disajikan.

3.2.3.     Menentukan ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

4.2.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram.

4.2.1.        Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

4.2.2.        Menyajikan data dalam bentuk  histogram, polygon frekuensi, dan kurva ogive.

4.2.3.        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram.


C.     Tujuan Pembelajaran

      Melalui pendekatan saintific dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan, peserta didik di harapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan yang Maha Esa, menumbuhkan perilaku displin, jujur, aktif, responsif, santun, bertanggung jawab, dan kerjasama serta dapat dengan tepat : 

1. Peserta didikdapat menentukan nilai mean, median, dan modus dari data yang disajikan.

2. Peserta didikdapat menentukan nilai kuartil, desil, dan persentildari data yang disajikan.

3. Peserta didikdapat menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram

4. Peserta didik dapat menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

5. Peserta didik dapat menyajikan  histogram, polygon frekuensi, dan kurva ogive.

6. Peserta didikdapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram


  • BAHAN AJAR STATISTIKA KELAS XII SMAN 1 MASBAGIK

DOWNLOAD HERE

  • LKPD ( LKS ) STATISTIKA KELAS XII SMAN 1 MASBAGIK 

DOWNLOAD HERE

BACA JUGA KUMPULAN LKPD/LKS MATEMATIKA

KUMPULAN LKPD/LKS MATEMATIKA



2 comments:

Search This Blog