Pages

Thursday, August 19, 2021

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP)

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                   : SMP

Mata Pelajaran                        : Matematika

Kelas/Semester                        : IX / Genap

Materi Pokok                          : Bangun Ruang Sisi Lengkung

Alokasi Waktu                        : 15 Jam pelajaran @ 40 menit (6x pertemuan)


A. Kompetensi Inti

KI1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7       Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)

·      Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata.

·      Mengidentifikasi bentuk dan ukuran sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola.

·      Menentukan rumus luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola).

·      Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung tabung, krucut , dan bola.

4.7       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung

·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volume  bangun ruang sisi lengkung.

·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang  bangun ruang sisi lengkung, serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung 

·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)


C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I :

Melalui pembelajaran penemuan dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan/ menentukan unsur-unsur tabung dengan rinci.
2. Mengidentifikasi bentuk sisi jaring-jaring tabung dengan tepat.
3. Menggambarkan sketsa bangun tabung dari informasi yang telah didapat dengan benar.
4. Menentukan rumus luas permukaan dengan teliti dan tepat.

Pertemuan II:

Melalui pembelajaran penemuan dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat:
1. Menentukan rumus volume tabung dengan teliti dan tepat.
2. Menyelesaikan soal-soal mengenai luas permukaan dan volume tabung serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan volume tabung dan gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung dengan tepat.

Pertemuan III :

Melalui pembelajaran penemuan dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan/ menentukan unsur-unsur kerucut dengan rinci.
2. Mengidentifikasi bentuk dan ukuran sisi jaring-jaring kerucut dengan tepat.
3. Menentukan rumus luas permukaan kerucut dengan tepat.
Pertemuan IV :
Melalui pembelajaran penemuan dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat:
1. Melakukan percobaan untuk menemukan rumus volume kerucut.
2. Menentukan rumus volume kerucut dengan teliti dan tepat.
3. Menyelesaikan soal-soal mengenai luas permukaan dan volume kerucut serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan volume kerucut dan gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung lainnya dengan tepat.

Pertemuan V:

Melalui pembelajaran penemuan dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan/ menentukan unsur-unsur bola dengan rinci.
2. Melakukan percobaan untuk menentukan rumus luas permukaan bola dengan tepat.

Pertemuan VI:

Melalui pembelajaran penemuan dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat:
1. Melakukan percobaan untuk menentukan volume bola dengan tepat.
2. Menganalisis keterkaitan antara voulume tabung, kerucut dan bola dengan tepat.
3. Menyelesaikan soal-soal mengenai luas permukaan dan volume bola serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan volume bola melalui diskusi dan kerjasama.
Fokus pengembangan karakter: disiplin, kerjasama dan tanggung jawab

MODUL/BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SMP 

KOMPETENSI DASAR

3.7. Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola).

4.7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.

INDIKATOR PENCAPAIAN INDIKATOR

Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.

3.7.1. Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata.
3.7.2. Mengidentifikasi bentuk dan ukuran sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola.
3.7.3. Menentukan rumus luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola).
3.7.4. Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung tabung, krucut , dan bola.

Indikator Pencapaian Kompetensi 4.7

4.7.1. Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volume  bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
4.7.2. Menyajikan hasil pembelajaran tentang  bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)



TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Menyebutkan/ menentukan unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola dengan rinci.
2. Mengidentifikasi bentuk sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola dengan tepat.
3. Melakukan percobaan untuk menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut dan bola  dengan teliti dan tepat.
4. Menentukan rumus volume tabung, kerucut, dan bola dengan teliti dan tepat.
5. Menyelesaikan soal-soal mengenai luas permukaan dan volume tabung, kerucut, dan bola serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui diskusi dan kerjasama.

Selain bangun ruang sisi datar, dalam pembahasan bangun ruang juga terdapat bangun ruang sisi lengkung. Perbedaan antara bangun ruang sisi datar dan abngun ruang sisi lengkung terletak pada bentuk sisi yang menyusunnya. Pada bangun ruang sisi datar, semua sisinya lurus dan tidak ada yang melengkung. Sedangkan pada bangun ruang sisi lengkung memiliki sisi yang melengkung.

Bangun ruang sisi lengkung adalah kelompok bangun ruang yang memiliki bagian-bagian yang berbentuk lengkungan. Biasanya bangun ruang tersebut memiliki selimut ataupun permukaan bidang. Yang termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung adalah tabung, kerucut, dan bola. 
Dalam bahasan bangun ruang sisi lenkung biasa dipelajari bagaimana cara mencari isi atau volume suatu bangun dan luas permukaan dari suatu bangun ruang sisi lengkung.

DOWNLOAD RPP BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KLIK DISINI

DOWNLOAD MODUL,LKPD, DAN INSTRUMEN EVALUASI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KLIK DISINI

DOWNLOAD PPT PRESENTASI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog