Pages

Thursday, August 5, 2021

BARISAN DAN DERET GEOMETRI (PERANGKAT PEMBELAJARAN)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama sekolah         : SMAN 1 MASBAIK

Mata pelajaran : MATEMATIKA

Kelas/Semester : X/Ganjil

Materi pokok : Barisan dan Deret Geometri

Alokasi waktu : 6 x 45 Menit (3 Pertemuan)

Tahun Pelajaran : 2019/2020



A. Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berintraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar

3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri

4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri

C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

IPK Pengetahuan:

3.6.1 Membedakan barisan geometri dengan yang bukan barisan geometri

3.6.2 Menentukan rasio barisan geometri

3.6.3 Menentukan suku ke-n barisan geometri

3.6.4 Menentukan jumlah n suku pertama barisan geometri

3.6.5 Menentukan jumlah deret geometri tak hingga

3.6.6 Menyelesaikan masalah terkait barisan dan deret geometri

IPK Keterampilan:

4.6.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan geometri

4.6.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan deret geometri

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan di dalam kelas atau di luar kelas, peserta didik dapat:
1. Membedakan barisan geometri dengan yang bukan barisan geometri dengan tepat
2. Menentukan rasio dari barisan geometri dengan tepat
3. Menentukan suku ke-n pada barisan geometri dengan tepat
4. Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri dengan tepat
5. Menentukan jumlah suku deret geometri tak hingga dengan tepat
6. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan geometri dengan tepat
7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan deret geometri dengan tepat

DOWNLOAD RPP BARISAN DAN DERET GEOMETRI DISINI

DOWNLOAD LKPD/LKS BARISAN DAN DERET GEOMETRI DISINI

DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI BARISAN DAN DERET DISINI

DOWNLOAD BAHAN AJAR/MODUL BARISAN DAN DERET DISINI

DOWNLOAD PRESENTASI PPT BARISAN DAN DERET GEOMETRI PERTEMUAN 1 DISINI

DOWNLOAD PRESENTASI PPT BARISAN DAN DERET GEOMETRI PERTEMUAN 2 DISINI

DOWNLOAD PRESENTASI PPT BARISAN DAN DERET GEOMETRI PERTEMUAN 3   DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog