Pages

Wednesday, September 2, 2020

SOAL DAN JAWABAN TES SUMATIF MODUL 5 PEDAGOGIK PPG

 SOAL DAN JAWABAN TES SUMATIF MODUL 5 PEDAGOGIK PPG

1.  Brown dkk. menyatakan bahwa dalam memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut ...  Tujuan Pembelajaran

2.   Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah adalah ... Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred learning

3.  Pernyataan berikut yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran (Permendikbud RI No 22 tahun 2016) adalah ... Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik

4. Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan ... Problem Based Learning Model

5.  Dengan rumus pythagoras, siswa mampu menghitung sisi miring bangun siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan ... Menerapkan

6.   Dengan disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ... Degree

7.   Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah ... Metode demonstrasi

8.   Pendekatan saintifik merupakan bagian dari pendekatan pedagogis dalam kegiatan pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada pendekatan saintifik, kegiatan pendahuluan diarahkan untuk ...  memantapkan pemahaman peserta didik tentang tujuan dan pentingnya materi yang akan disampaikan

9.  Tahapan dari pengembangan saintifik meliputi ... mengamati, menanya, mencoba, menalar, melakukan komunikasi

10.  Salah satu dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi, yaitu ... kepercayaan diri sebagai siswa meningkat

BACA JUGA SOAL DAN JAWABAN TES SUMATIF MODUL 3

11.  Dalam sintak model simulasi Joyce Weil dan Calhoun (2009), manakah yang termasuk dalam tahap latihan partisipasi?  Membuat skenario dan tujuan

12.  Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan tiga fungsi utama media pembelajaran, yaitu ... Menyajikan materi ajar, alat bantu pembelajaran, dan sumber belajar

13.  Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah mengembangkan dan menyajikan hasil karya merupakan tahap ke berapa?  Tahap 4

14. Model pembelajaran kooperatif terdapat banyak 50 tipe. Namun hanya beberapa yang biasa digunakan diunit satuan pendidikan formal. Berikut manakah yang bukan tipe pembelajaran kooperatif?  Inkuiri

15.   Abad-21, yang merupakan abad pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi, sangat memungkinkan bagi para siswa, sebagai subjek belajar, dapat belajar apa saja, kapan saja, dan di mana saja, baik yang sengaja dirancang maupun yang tinggal diambil manfaatnya. Bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran disebut ... Bahan ajar

16.  Bahan ajar yang baik harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir, dengan komponen yang komprehensif, artinya bahan ajar telah memenuhi kriteria ... Konten

17.   Modul merupakan bahan ajar yang khas, memiliki struktur ... Sistematis dan utuh

18.  Berikut syarat agar produk yang digunakan dalam pembelajaran dikatakan sebagai bahan ajar, kecuali ...  Inkonsisten

19.  Prinsip pengembangan RPP sesuai permendikbud diantaranya adalah, kecuali ... Penerapan teknologi informasi dan komunikasi unintegrated

20. Langkah: (1) Menyiapkan bahan yakni silabus,(2) Mengidentifikasi materi dan tujuan pembelajaran, (3) Menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai model pembelajaran yang dipilih, dan (4) Mengorganisasikan KD, merupakan langkah-langkah ...  Langkah menyusun RPP

BACA JUGA MODUL DAN BAHAN AJAR MATEMATIKA

21.   Tujuan pembelajaran digunakan untuk mengukur ... Indikator tercapainya tujuan proses belajar mengajar

22.  Dengan diperlihatkan bangun segitiga siku-siku, siswa klas IV SD dapat menghitung sisi miring. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ... ... Degree / Kondisi (condition)

23. Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur adalah ... Program video instruksional

24.  Di antara lima pernyataan dibawah ini manakah ranah kognitif yang benar meliputi ...  Memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta

25. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning adalah ... Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar

26. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah ... Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran

27. Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah ... Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar

28.  Peserta didik dapat belajar lebih baik pada saat: kata-kata, gambar, dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desian tampilan multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip ... Prinsip kesinambungan waktu

29.  Pengertian multimedia pembelajaran menurut Gayestik (1996) adalah ... Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi / Sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi

30.  Jenis multimedia pembelajaran yang dapat menggantikan peran guru dalam menyampaikan materia ajar adalah ... Multimedia Tutorial

BACA JUGA SOAL DAN JAWABAN TES SUMATIF MODUL 2


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog