Pages

Sunday, September 6, 2020

CURHATAN PPG DALJAB ( SEMOGA JADI PENYEMANGAT )

 CURHATAN PPG DALJAB ( SEMOGA JADI PENYEMANGAT )


CURHATAN IBU MILA INDIRA ( SEMOGA JADI MOTIVASI BAPAK IBU GURU YA....)

Berbagi pengalaman saat PPG Daljab tahun lalu
Pretest PPG tahun 2017 saya tidak lulus, nilai kurang, saat itu saya sedang hamil 7 bulan, kurang konsen belajar dan belum rezekinya.
Pretes PPG tahun 2018 bayi saya usia 5 bulan seingat saya, bismillah niat belajar, dan doa saya soal-soal tahun lalu banyak yang muncul lagi, Alhamdulillah lancar dan hasilnya saya LULUS. ( alhamdulillah )

Setelah ada pengumuman lulus, sabar menunggu info selanjutnya dengan sering-sering pantau laman sergur, ya maklum karena di sekolah, saya sendiri yang lulus, jadi harus mandiri.
Ada info pengumpulan berkas-berkas ke dinas, lalu nunggu lagi. Lagi-lagi juga pantau laman sergur terus karena info update selalu ada di laman itu.

Ketika form kesediaan muncul, pikirkan baik-baik, tapi kalo saya pribadi ini adalah kesempatan yang belum tentu datang lagi, anak bontot saya usia 1,5 tahun kala itu. Ketika ngeklik bersedia berarti kami (saya, suami dan keluarga) paham akan konsekuensinya. 

LPTK ditentukan, bersyukur saya kuliah di UMM Malang, karena gak jauh dari tempat saya tinggal, ya meski jelas tidak bisa pulang pergi nantinya, paling tidak masih bisa dijangkau untuk sering pulang.

Saat itu bulan Mei dimulai Daring, teman-teman PPG seangkatan dan sejurusan dengan saya ternyata mayoritas dari luar jawa, dari NTT. Teman sekabupaten hanya 3 orang, itupun saya gak kenal. Dari 52 orang jurusan bahasa Indonesia, 5 orang dari Jawa Timur, 4 orang dari Bali, 2 orang dari NTB, sisanya dari NTT. Tapi saat itu, meski hanya dari hape komitmen kita adalah kompak. Terutama saat forum diskusi, mengerjakan soal formatif dan sumatif.

Pengalaman saya saat Daring saat itu:
1. Buat grup mahasiswa saja tanpa dosen dan helpdesk
2. Saling bantu, kompak, gak ada yang merasa lebih bisa
3. Baca materi pelan-pelan sambil memperhatikan waktu, saat itu bertepatan dengan puasa, karena saya tetap emak-emak yang baik jadi sering materi gak semua terbaca tapi laptop on sambil ditinggal masak di dapur, 5 menit balik ke laptop scrolling, balik lagi ke dapur. Gitu terus karena saya gak mau suami dan anak-anak saya kelaparan gegara saya daring depan laptop seharian  
4. Kerjakan forum diskusi semaksimal mungkin
5. Mengerjakan soal formatif dan sumatif dengan tidak tergesa-gesa
(Saya di awal-awal, formatifnya pernah dapat 5 sampe 3x ngerjakan pun sama nilainya, tapi jangan kuatir, asal yang selain itu dapat bagus dan aktif)
6. Bersyukur bagi anda yang tinggal di daerah full sinyal, teman-teman saya yang dari NTT banyak yang hunting sinyal dulu ke kota untuk ngerjakan tugas daring

Selese daring selama kurleb 3 bulan, saatnya deg deg sama penentuan lulus daring apa tidak sebelum berangkat ke kampus untuk kuliah.
Gimana cerita pengalaman kuliah saat itu, bersama teman-teman yang kebetulan satu kelas saya banyak yang sudah senior?

Akan saya tulis segala suka duka lokakarya hingga UKin dan UP di postingan saya selanjutnya.
BERSAMBUNG ( kita tunggu lanjutan ceritanya di FBnya bu :) ) dibawah ini saya screen shoot fb beliau



CURHATAN KEDUA NIH.... DARI PAK ANDI PERMADI

Alhamdulillah rangkaian PPG dalam jabatan tahap 1 (perdana bos) telah usai. Dari mulai akhir Mei sampai sekarang awal November telah dilalui, tak terasa (padahal karasa pisan, komo keur di Bandung mah ) sudah selesai. 

Pertama melewati daring dulu (ngerjakn soal, jawabanna dikirim lewat online, bisi aya nu teu ngerti) dari akhir Mei sampai akhir Agustus kurang lebih 3 bulan. Pekerjaannya nyantai, tp bisa sampai begadang juga bila dirurusuh. Modul demi modul, tahap demi tahap ku lewati dengan semangat (bari rada hoream saeutik). Di akhir-akhir ada informasi bahwa daring juga ada kelulusannya (sugan teh euweuh boro rada ngasal ngisina, hihi...), tp alhamdulillah ternyata saya lulus juga dari si daring. Lulus daring, 

lanjut lokakarya yang kbetulan bertempat di UPI Bandung (batur mah aya nu ka Makassar coy  ). Waktunya selama 5 minggu. Cukup menguras tenaga dan isi dompet juga (kapaksa ngajebol bank, eh tabungan). Awal-awal males, lalu mulai terbiasa. Di sana juga menambah teman baru. Yang dari Tasik pun kenalnya di Bandung, aneh kan?  . 

Di sana saya kos dengan satu org tasik dan satu lagi org sukabumi. Makin lama di sana makin banyak membuat cerita-cerita baru. Dimulai dari perkenalan, presentasi, dan peerteaching. Semua dilalui dengan begitu cepatnya (padahal lama). Dan, disana saya dapat nama baru, Jason (dibaca Jesen  ). Kenapa bisa begitu? Karena pas peerteaching kita yg ga kebagian dituntut jd siswa, ya udah saya pilih nama Jesen aja, haha. Beres peerteaching lanjut sama bikin PTK (Penilaian Tindakan Kelas bro, bkn Pendidik dan Tenaga Kependidikan), yg menurut saya ga ngerti sama sekali, beres juga asal-asalan haha. 

Lalu ada juga Try Out (kawas anak rek UN we kmh) dan diakhiri dengan Ujian Pengetahuan (UP) yang sangat mendebarkan karena soal2nya yg sangat amat susah sekali (sudah sangat, amat, sekali lagi, bakat ku susahna) dikerjakan di komputer. Tapi yaaa sesusah apapun soalnya pasti beres juga (da diwaktu atuh coy, nu acan mah biasa we ngitung kancing atau falak binnas atau jg dmn pas diklik ngerenyed kana hate, tah eta jawabanna). Selesai ceritanya, lanjut PPL, galau, di Bandung atau balik ke Tasik. Kalo di Bandung cuman 3 minggu, kalo di Tasik, jd sebulan lebih. Di Bandung apa Tasik? Soal itu, anggaran yg memenangkannya. 

Kalo di Bandung tetep nambah lagi deh uang kos dan uang makan, jebol lgi deh uang tabungan. Kalo di Tasik, bisa sambil kerja kan di sekolah asal, jd bisa nambah2 pemasukan, heu. Akhirnya diputuskn lah di Tasik bersama ketiga teman yg juga berasal dari Tasik. Ada Pa Acep, bandar kerajinan anyaman DakonTasik, ada Pa Ugi, bandar naon nya, dan terakhir salah satu ibu2, Bu Rika. Semuanya PPL di SMK Periwatas. Kita2 ini jurusan TKI (bukan Tenaga Kerja Indonesia ya). Kita ikuti upacara bendera, piket, ekskul, dan tentu saja mengajar. Sampai akhirnya ada Uji Kinerja (Ukin). Diuji oleh dosen yg luar bioskop. Dapat juga dilalui walaupun dengan habis dikritik cara mengajar saya, haha. Ya walaupun begitu, saya yakin lulus UP dan Ukin. Karena yakin merupakan suatu yg bagus, jangan pesimis. Udah aja ah sementara mah,  ...

INI NIH FB BELIAU,,, 


Semangat Bapak Ibu Guru yang sedang PPG, semoga LULUS, Aamiin



0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog