Pages

Sunday, September 27, 2020

MODUL/BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR

 MODUL/BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR

A. Kompetensi Inti

KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.2.  Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual.

3.2.1.    Mendefinisikan pertidaksamaan linear dua variable

3.2.2.    Menjelaskan langkah penyelesaian pertidaksamaan linear dua variabel

3.2.3.    Menjelaskan langkah-langkah menyusun model matematika dari suatu masalah kontekstual pada masalah program linear dua variabel.

3.2.4.    Menjelaskan langkah-langkah menentukan nilai optimum fungsi objektif pada program linear dua variabel menggunakan metode uji titik pojok dan garis selidik

 

4.2.  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

4.2.1.    Menyusun model matematika dari suatu masalah kontekstual pada program linear dua variabel.

4.2.2.    Menggambar grafik penyelesaian program linear dua variabel dari suatu masalah kontekstual.

4.2.3.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai optimum fungsi objektif pada program linear dua variabel menggunakan metode uji titik pojok dan metode uji garis selidik



C. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model diskusi dengan pendekatan saintifik peserta didik dapat mendefinisikan pertidaksamaan linear dua variable, menjelaskan langkah penyelesaian pertidaksamaan linear dua variable, menjelaskan langkah-langkah menyusun model matematika pada masalah program linear dua variabel, menjelaskan langkah-langkah menentukan nilai optimum fungsi objektif pada program linear dua variabel menggunakan metode uji titik pojok dan garis selidik dengan benar. Selain itu, peserta didik dapat menyusun model matematika dari suatu masalah kontekstual pada program linear dua variabel, menggambar grafik penyelesaian  program linear dua variabel dari suatu masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai optimum fungsi objektif pada program linear dua variable ( menggunakan metode uji titik pojok dan uji garis selidik) dengan sikap religiositas (beriman, bertaqwa, peduli lingkungan), Mandiri (Percaya diri, disipilin, rasa ingin tahu,  tanggung jawab, berpikir kritis, dan kreatif), Gotong Royong (kerjasama, toleransi), dan Integritas (konsisten, jujur).


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog