Pages

Wednesday, May 15, 2019

TIPS MEMBANGUN BIMBEL DAN PRIVATE MATEMATIKA –IPA-BAHASA INGGRIS


TIPS  MEMBANGUN BIMBEL DAN PRIVATE MATEMATIKA –IPA-BAHASA INGGRIS


Pada saat ini semakin banyak lembaga bimbel yang muncul , terutama setelah diterapkannya Kurikulum 2013. Kebutuhan siswa-siswi terutama anak-anak SD sampai SMA akan kebutuhan belajar yang lebih dari yang didapatkan di sekolah menuntut anak untuk belajar di luar jam sekolah. Apalagi di kurikulum 2013 anak lebih ditekankan untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Apalagi menjelang Ujian Nasional dan tes Masuk perguruan tinggi animo anak-anak untuk belajar di bimbel maupun private meningkat. Lantas bagaimana tips mengembangkan Bimbel Dan private yang kita jalankan?

1.       Pilih Lokasi Bimbel yang Strategis, tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi yang strategis merupakan daya tarik yang dapat mendatangkan calon peserta bimbel atau private. Lokasi yang tepat untuk mendirikan bimbel atau private adalah di Kota dan tidak jauh dari pusat pendidikan atau sekolah. Beberapa Bimbel besar seperti bimbel GO, PRIMAGAMA, BIMBEL STAN , BIMBEL SMART dan bimbel lainnya , mendirikan kantor bimbel mereka di kota dan dekat dengan beberapa sekolah, hal ini ditujukan agar akses menuju bimbel tersebut mudah dijangkau oleh calon peserta bimbel

2.       Tawarkan Metode yang efektif dalam pelaksanaan pembelajaran di bimbel. Metode pembelajaran ala bimbel terkadang berbeda dengan pembelajaran yang diberikan di sekolah. Metode menjawab atau memecahkan persoalan dengan efektif, cepat dan efisien adalah hal yang diinginkan siswa. Apalagi menjelang UN dan Tes masuk PTN siswa lebih membutuhkan cara menjawab yang cepat dan tepat, sehingga beberapa bimbel besar menciptakan trik tersendiri dalam menjawab soal

3.       Promosi Bimbel secara efektif dan efisien. Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam membangun bimbel, terutama bimbel yang baru berdiri. Promosi bimbel bisa dilakukan melalui medsos seperti FB, WA, INSTAGRAM dan lain-lain. Pada promosi yang dilakukan, tampilkan keunggulan bimbel anda, alumni yang sukses yang pernah bimbel di tempat anada, serta tampilkan juga metode pembelajaran yang didesain menarik sehingga dapat mendatangkan calon peserta bimbel.
4.       Biaya bimbel yang bersaing. Terkadang calon peserta bimbel terkendala oleh biaya yang teramat mahal, jika bimbel anda berada di kota, dan di lingkungan yang berpendidikan mungkin calon peserta tidak mempermasalahkan biaya asalkan mereka sukses ketika ujian. Namun lain halnya dengan mendirikan bimbel di Desa atau pinggiran kota, maka calon peserta akan memikirkan biaya bimbel tersebut. Saran saya adalah, lebih baik peserta membayar murah tetapi jumlah yang belajar antara 10-20 peserta per kelas bimbel. Dari pada membayar mahal namun tidak ada yang berminat masuk bimbel.

5.       Membuka kelas Garansi ( khusus bimbel yang sudah maju ). Pada kelas bimbel terkadang ada kelas regular, silver, gold atau platinum dengan biaya bimbel yang berbeda. Namun jika bimbel anda berani membuka kelas Garansi yaitu kelas yang mengembalikan biaya bimbel peserta jika peserta tersebut GAGAL dalam ujian yang diikuti, sehingga Bimbel anda mengembalikan Biaya selama Bimbel di tempat anda, kelas Garansi tentunya mempunyai syarat tertentu sehingga anda tidak rugi dalam opersional bimbel, misalnya kelas garansi adalah yang rajin dan serius, jika peserta kelas garansi pemalas lebih baik jangan diterima sebagai peserta .

 Demikian tips membangun bimbel yang saya paparkan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog