Pages

Monday, May 13, 2019

BUSYETTTTTT, SOAL MATEMATIKA INI MENGECOH, PADAHAL SANGAT MUDAH


BUSYETTTTTT, SOAL MATEMATIKA INI MENGECOH, PADAHAL SANGAT MUDAH


Saya menemukan soal matematika SD yang unik di medsos, saya pun mencoba menjawab soal tersebut, awalnya saya mengira soal ini menggunakan konsep pola bilangan atau deret aritmetika , ternyata jawabannya salah. Saya pun mulai tersenyum setelah saya tahu jawabannya , ternyata sangat mudah.


Keesokan harinya saya mencoba menanyakan soal matematika SD tersebut kepada anak SMA di tempat saya mengajar. Wahhhhhhh……. Ternyata jawaban anak SMA lebih beragam lagi. Ada yang menjawab 98, ada yang menjawab 108, ada yang menjawab 67 dan sebagainya. Namun ada seorang siswa yang menjawab 87, saya pun langsung menunjuk dia dan bertanya, “ dari mana dapat angka 87 ? “. Dia pun menjawab “hanya menebak”

Saya pun memberikan waktu untuk berfikir anak-anak untuk bisa menjawab soal tersebut. Tapi ternyata mereka belum juga mendapatkan jawaban yang tepat. Saya pun memberikan arahan untuk menjawab jawaban yang tepat.
Saya bertanya kepada anak-anak, “ gambar apakah di atas ? “ mereka menjawab “ gambar tempat parkir “. Nah….. sekarang yang akan memarkirkan mobilnya itu sopir atau pembaca?

Mereka pun diam sejenak, dan…. Tiba-tiba seorang anak tertawa, “ hahahhaahahaha…… ternyata mudah sekali “
Saya bertanya kepada siswa tersebut, “ berapa jawabannya? “ dia pun dengan lantang menjawab 87 pak guru, dari mana kamu dapat angka 87 ? jawabnya “ gampang……, tinggal kita balik 180 derajat gambar tersebut, karena kita melihat nomor parkir dari sudut pandang sopir, bukan dari sudut pandang pembaca, kalau kita lihat dari sudut pandang pembaca, 
maka akan terbaca angka yang tidak berurutan yaitu angka 16,06,68,88,…..,98 , akan tetapi jika kita lihat dari sudut pandang sopir, maka nomor tempat parkir akan terbaca angka yang berurutan yaitu 91,90,89,88,…,86. Sehingga jawaban yang tepat adalah no. 87 adalah angka parkir mobil tersebut.




Yup…….Jawaban kamu Benar, seluruh siswa di kelas tersebut tersenyum dan tertawa.



0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog