MODUL AJAR MATEMATIKA SD KURIKULUM MERDEKA
MODUL AJAR
GEOMETRI
FASE C KELAS 5
JARING-JARING BANGUN
KUBUS DAN BALOK
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
DAN PERBUKUAN
PUSAT ASESMEN DAN PEMBELAJARAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2020
BAGIAN I
IDENTITAS DAN
INFORMASI MENGENAI MODUL
Kode Modul Ajar |
MAT.C.MEH.5.1 |
Kode ATP Acuan |
MEH |
Nama Penyusun/Institusi/Tahun |
AGUS HERMANTO,
S.Pd./SDN 3 SEGOBANG/2020 |
Jenjang Sekolah |
Sekolah Dasar |
Fase/Kelas |
C / V |
Domain/Topik |
Geometri |
Kata Kunci |
Jaring-Jaring Bangun
Ruang, Kubus, Balok |
Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat |
Mengenal ciri-ciri bangun datar
persegi Mengenal ciri-ciri bangun datar
persegi panjang Mengenal ciri-ciri bangun ruang
kubus Mengenal ciri-ciri bangun ruang
balok |
Alokasi waktu (menit) |
525 menit |
Jumlah Pertemuan (JP) |
3 kali pertemuan 1.
5 x 35 menit = 175 menit (5 JP) 2.
5 x 35 menit = 175 menit (5 JP) 3.
5 x 35 menit = 175 menit (5 JP) |
Moda Pembelajaran |
•
Tatap Muka (TM) |
Metode Pembelajaran |
•
Discovery Learning •
Cooperative Learning |
Sarana Prasarana |
Ruang kelas Meja dan
kursi siswa yang ditata berkelompok Laptop LCD Proyektor Jaringan
Internet |
Target Peserta Didik |
•
Regular/tipikal •
Cerdas Istimewa
Berbakat Istimewa |
Karakteristik Peserta Didik |
Modul ini dapat
digunakan oleh semua karakteristik peserta didik |
Daftar Pustaka |
Budi Prasodjo dan Dita Adi Septianita, 2015. Panduan menuju
Olimpiade Matematika untuk SD/MI. Jakarta: Penerbit Erlangga Kemdikbud, 2018. Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas V.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Suparmin dkk, 2016. Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas V.
Surakarta: Mediatama Sukino, 2012. Kafe (Karya Fenomenal) Three in One Matematika
untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga Tim Bina Karya Guru, 2012. Matematika untuk SD/MI Kelas V.
Surabaya: Masmedia |
Referensi Lain |
https://www.berpendidikan.com/2016/08/pengertian-serta-jumlah-sisi-rusuk-dan-titik-sudut-kubus-dan-balok.html diakses tanggal 15 Nopember 2020 https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses
tanggal 15 Nopember 2020 https://www.youtube.com/watch?v=E6kyHnFN0pQ diakses
tanggal 6 Nopember 2020 https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses
tanggal 15 Nopember 2020 http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-contoh-pembelajaran-cooperative-learning/ diakses tanggal 15 Nopember 2020 https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/46184ef13bfe4809a36ff47c583ec7e7 diakses tanggal 7 Nopember 2020 https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses
tanggal 15 Nopember 2020 http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-contoh-pembelajaran-cooperative-learning/ diakses
tanggal 15 Nopember 2020 |
RASIONALISASI
Mata Pelajaran
Matematika membekali peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan
berlogika melalui aktivitas mental tertentu yang membentuk alur berpikir berkesinambungan
dan berujung pada pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran
matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi, masalah, dan solusi
matematis tertentu yang bersifat formal-universal. Proses mental tersebut dapat
memperkuat disposisi peserta didik untuk merasakan makna dan manfaat matematika
dan belajar matematika serta nilai-nilai moral dalam belajar Mata Pelajaran
Matematika, meliputi kebebasan, kemahiran, penaksiran, keakuratan,
kesistematisan, kerasionalan, kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, ketekunan,
ketangguhan, kepercayaan diri, keterbukaan pikiran, dan kreativitas. Dengan
demikian, relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila, Mata Pelajaran
Matematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar
kritis, dan kreativitas peserta didik. Adapun materi pembelajaran pada Mata
Pelajaran Matematika di setiap jenjang pendidikan dikemas melalui bidang kajian
Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, Analisis Data dan Peluang.
Modul Ajar Matematika SD Fase C Kelas 5 Domain Geometri ini memuat
materi tentang jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok). Modul
ajar ini diperuntukkan bagi peserta didik regular dan Cerdas Istimewa Berbakat
Istimewa (CIBI). Modul ajar ini dapat digunakan oleh seluruh peserta didik
dengan berbagai macam karakteristik tanpa memandang kondisi geografis suatu
daerah. Terdapat tiga pertemuan yang masing-masing pertemuan mengupas sub
materi tertentu yang menjadi prasyarat untuk memahami materi jaring-jaring
bangun ruang sederhana (kubus dan balok). Modul ajar ini dilengkapi dengan
bahan bacaan, lembar pengayaan dan remedial serta rubrik penilaian (sikap,
pengetahuan dan keterampilan).
URUTAN MATERI PEMBELAJARAN
Ø
Mengenal konsep garis, bidang dan sudut
Ø
Mengenal ciri-ciri bangun ruang kubus dan balok
Ø
Menggambar bangun ruang kubus dan balok
Ø Membuat jaring-jaring kubus dan balok
RENCANA ASESMEN
Ø Asesmen formatif (kelompok)
Asesmen formatif digunakan ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Asesmen formatif yang dirancang untuk dilaksanakan secara berkelompok.
Ø Asesmen sumatif
(individu)
Asesmen
sumatif digunakan ketika di akhir pembelajaran. Asesmen sumatif digunakan untuk
mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang sudah diajarkan. Asesmen
sumatif dirancang untuk dilaksanakan secara individu.
MODUL AJAR MATEMATIKA SMP KURIKULUM MERDEKA KLIK DISINI
0 komentar:
Post a Comment