Pages

Sunday, July 3, 2022

MODUL AJAR MATEMATIKA SD KURIKULUM MERDEKA

 MODUL AJAR MATEMATIKA SD KURIKULUM MERDEKA



MODUL AJAR

GEOMETRI

FASE C KELAS 5

JARING-JARING BANGUN

KUBUS DAN BALOK

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

DAN PERBUKUAN

PUSAT ASESMEN DAN PEMBELAJARAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

TAHUN 2020


BAGIAN I

IDENTITAS DAN INFORMASI MENGENAI MODUL

Kode Modul Ajar

MAT.C.MEH.5.1

Kode ATP Acuan

MEH

Nama Penyusun/Institusi/Tahun

AGUS HERMANTO, S.Pd./SDN 3 SEGOBANG/2020

Jenjang Sekolah

Sekolah Dasar

Fase/Kelas

C / V

Domain/Topik

Geometri

Kata Kunci

Jaring-Jaring Bangun Ruang, Kubus, Balok

Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat

Mengenal ciri-ciri bangun datar persegi

Mengenal ciri-ciri bangun datar persegi panjang

Mengenal ciri-ciri bangun ruang kubus

Mengenal ciri-ciri bangun ruang balok

Alokasi waktu (menit)

525 menit

Jumlah Pertemuan (JP)

3 kali pertemuan

1.       5 x 35 menit = 175 menit (5 JP)

2.       5 x 35 menit = 175 menit (5 JP)

3.       5 x 35 menit = 175 menit (5 JP)

Moda Pembelajaran

      Tatap Muka (TM)

Metode Pembelajaran

      Discovery Learning

      Cooperative Learning

Sarana Prasarana

Ruang kelas

Meja dan kursi siswa yang ditata berkelompok

Laptop

LCD Proyektor

Jaringan Internet

Target Peserta Didik

      Regular/tipikal

      Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa

Karakteristik Peserta Didik

Modul ini dapat digunakan oleh semua karakteristik peserta didik

Daftar Pustaka

Budi Prasodjo dan Dita Adi Septianita, 2015. Panduan menuju Olimpiade Matematika untuk SD/MI. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kemdikbud, 2018. Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Suparmin dkk, 2016. Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas V. Surakarta: Mediatama

Sukino, 2012. Kafe (Karya Fenomenal) Three in One Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tim Bina Karya Guru, 2012. Matematika untuk SD/MI Kelas V. Surabaya: Masmedia

Referensi Lain

https://www.berpendidikan.com/2016/08/pengertian-serta-jumlah-sisi-rusuk-dan-titik-sudut-kubus-dan-balok.html diakses tanggal 15 Nopember 2020

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 15 Nopember 2020

https://www.youtube.com/watch?v=E6kyHnFN0pQ diakses tanggal 6 Nopember 2020

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 15 Nopember 2020

http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-contoh-pembelajaran-cooperative-learning/ diakses tanggal 15 Nopember 2020

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/46184ef13bfe4809a36ff47c583ec7e7 diakses tanggal 7 Nopember 2020

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 15 Nopember 2020

http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-contoh-pembelajaran-cooperative-learning/ diakses tanggal 15 Nopember 2020


RASIONALISASI

Mata Pelajaran Matematika membekali peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui aktivitas mental tertentu yang membentuk alur berpikir berkesinambungan dan berujung pada pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi, masalah, dan solusi matematis tertentu yang bersifat formal-universal. Proses mental tersebut dapat memperkuat disposisi peserta didik untuk merasakan makna dan manfaat matematika dan belajar matematika serta nilai-nilai moral dalam belajar Mata Pelajaran Matematika, meliputi kebebasan, kemahiran, penaksiran, keakuratan, kesistematisan, kerasionalan, kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, ketekunan, ketangguhan, kepercayaan diri, keterbukaan pikiran, dan kreativitas. Dengan demikian, relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila, Mata Pelajaran Matematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik. Adapun materi pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di setiap jenjang pendidikan dikemas melalui bidang kajian Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, Analisis Data dan Peluang.

Modul Ajar Matematika SD Fase C Kelas 5 Domain Geometri ini memuat materi tentang jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok). Modul ajar ini diperuntukkan bagi peserta didik regular dan Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI). Modul ajar ini dapat digunakan oleh seluruh peserta didik dengan berbagai macam karakteristik tanpa memandang kondisi geografis suatu daerah. Terdapat tiga pertemuan yang masing-masing pertemuan mengupas sub materi tertentu yang menjadi prasyarat untuk memahami materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok). Modul ajar ini dilengkapi dengan bahan bacaan, lembar pengayaan dan remedial serta rubrik penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan).

  

URUTAN MATERI PEMBELAJARAN

Ø  Mengenal konsep garis, bidang dan sudut

Ø  Mengenal ciri-ciri bangun ruang kubus dan balok

Ø  Menggambar bangun ruang kubus dan balok

Ø  Membuat jaring-jaring kubus dan balok

RENCANA ASESMEN 

Ø  Asesmen formatif (kelompok)

Asesmen formatif digunakan ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Asesmen formatif yang dirancang untuk dilaksanakan secara berkelompok.

Ø  Asesmen sumatif (individu)

Asesmen sumatif digunakan ketika di akhir pembelajaran. Asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang sudah diajarkan. Asesmen sumatif dirancang untuk dilaksanakan secara individu.


DOWNLOAD MODUL VERSI PDF KLIK DISINI
DOWNLOAD MODUL VERSI DOC KLIK DISINI
UNTUK MODUL AJAR KURIKULUM TERBARU SD FULL MATERI MATEMATIKA KLIK DISINI

MODUL AJAR MATEMATIKA SMP KURIKULUM MERDEKA KLIK DISINI

MODUL AJAR MATEMATIKA SMA KURIKULUM MERDEKA KLIK DISINI

MODUL AJAR MATEMATIKA YANG LAINNYA KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog