Pages

Wednesday, June 29, 2022

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MATEMATIKA SMP SPLDV

 MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MATEMATIKA SMP SPLDV



Kerangka Modul Ajar

Bagian I. Identitas dan Informasi mengenai Modul

Kode Modul Ajar

MAT.D.PRK.8.3

Kode ATP Acuan

A.30, A.31, A.32, A.33

Nama Penyusun/Institusi/Tahun

Arie Wibowo/UPTD SMPN 5 Batu Ampar/2021

Jenjang Sekolah

SMP/Sederajat

Fase/Kelas

D/8

Domain/Topik

Aljabar/Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Kata Kunci

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Grafik, Eliminasi, Substitusi

Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat

Persamaan Linier Dua Variabel, Operasi aritmatika aljabar, menggambar grafik persamaan linier dua variabel

Alokasi waktu (menit)

320

Jumlah Pertemuan (JP)

8

Moda Pembelajaran

  

Tatap Muka (TM)

   Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ Synchronous)

   Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ Asynchronous)

   Blended Learning (Paduan Tatap Muka dan PJJ)

Metode Pembelajaran

  

Discovery Learning

   Problem-Based Learning

   Project-Based Learning

Sarana Prasarana

Laptop, LCD proyektor, Tablet/Gawai

 

Target Peserta Didik

  

Regular/tipikal

   Hambatan Belajar

   Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa

Karakteristik Peserta Didik

Modul ini dapat digunakan digunakan dengan sarana TIK lengkap maupun tidak.

 

Daftar Pustaka

As’ari, A., dkk. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 1. Jakarta: Kemendikbud.

 

Referensi Lain

-



Gambaran Umum Modul (rasionalisasi, urutan materi pembelajaran, rencana asesmen):

Rasionalisasi

Pada modul ini disajikan langkah-langkah pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dituliskan di atas. Konteks sistem persamaan linier dua variabel sangat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran dimulai dari mengenali ciri-ciri persamaan linier dua variabel dan konteksnya. Kemudian pada setiap pertemuan, disajikan konteks sistem persamaan linier dua variabel dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran A.33 dan A.34 dimasukkan pada setiap pertemuan dan ditentukan metode untuk menentukan penyelesaiannya. Dengan demikian untuk menyampaikan tujuan A.33 dan A.34 tidak diperlukan pertemuan khusus.

 

Urutan Materi Pembelajaran

1.       Pengertian SPLDV

2.       Metode-metode untuk menyelesaikan SPLDV

 

Rencana Asesmen

Pada setiap pertemuan dilakukan asesmen unjuk kinerja dan tes tertulis.

 


Bagian II. Langkah-Langkah Pembelajaran

Topik

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Tujuan Pembelajaran

A.30 Menjelaskan sistem persamaan linier dua variabel dan  

          contohnya dalam kehidupan sehari-hari

A.31 Menentukan nilai dua variabel dari suatu sistem persamaan

         linier dua variabel dengan berbagai cara

A.32 Membuat model matematika dari masalah kontekstual yang

         berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel

A.33 Menyelesaikan model matematika dari masalah kontekstual

         yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel

Pemahaman Bermakna

Menggunakan berbagai metode penyelesaian SPLDV dalam berbagai konteks

Pertanyaan Pemantik

1.       Mungkinkah dua garis memiliki koordinat yang sama?

2.      

Bagaimana contoh kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV?

Profil Pelajar Pancasila

   Beriman & Bertakwa terhadap Tuhan YME

  

Berkebhinekaan Global

   Bernalar Kritis

  

Kreatif

   Bergotong royong

   Mandiri


DOWNLOAD VERSI PDF MODULNYA DISINI
DOWNLOAD VERSI DOC MODULNYA DISINI

MODUL AJAR MATEMATIKA SMA KURIKULUM MERDEKA KLIK DISINI

MODUL AJAR MATERI LIMIT SMA KURIKULUM TERBARU DISINI

MODUL LAINNYA KLIK DISINI

1 comment:

Search This Blog