MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MATEMATIKA SMP SPLDV
Kerangka Modul Ajar
Bagian
I. Identitas dan Informasi mengenai Modul
Kode Modul Ajar |
MAT.D.PRK.8.3 |
|
Kode ATP Acuan |
A.30, A.31, A.32,
A.33 |
|
Nama Penyusun/Institusi/Tahun |
Arie Wibowo/UPTD SMPN 5 Batu Ampar/2021 |
|
Jenjang Sekolah |
SMP/Sederajat |
|
Fase/Kelas |
D/8 |
|
Domain/Topik |
Aljabar/Sistem Persamaan Linier Dua Variabel |
|
Kata Kunci |
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Grafik, Eliminasi, Substitusi |
|
Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat |
Persamaan Linier Dua Variabel, Operasi aritmatika aljabar, menggambar
grafik persamaan linier dua variabel |
|
Alokasi waktu (menit) |
320 |
|
Jumlah Pertemuan (JP) |
8 |
|
Moda Pembelajaran |
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ Synchronous) Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ Asynchronous) Blended Learning (Paduan Tatap Muka dan PJJ) |
|
Metode Pembelajaran |
Problem-Based Learning Project-Based Learning |
|
Sarana Prasarana |
Laptop, LCD proyektor, Tablet/Gawai
|
|
Target Peserta Didik |
Hambatan Belajar Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa |
|
Karakteristik Peserta Didik |
Modul ini dapat digunakan digunakan dengan sarana TIK lengkap maupun
tidak.
|
|
Daftar Pustaka |
As’ari, A., dkk. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 1.
Jakarta: Kemendikbud.
|
|
Referensi Lain |
- |
Gambaran Umum Modul
(rasionalisasi, urutan materi pembelajaran, rencana asesmen):
Rasionalisasi Pada modul ini disajikan langkah-langkah pembelajaran
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dituliskan di atas. Konteks
sistem persamaan linier dua variabel sangat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karena itu, pembelajaran dimulai dari mengenali ciri-ciri persamaan
linier dua variabel dan konteksnya. Kemudian pada setiap pertemuan,
disajikan konteks sistem persamaan linier dua variabel dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran A.33
dan A.34 dimasukkan pada setiap pertemuan dan ditentukan metode untuk
menentukan penyelesaiannya. Dengan demikian untuk menyampaikan tujuan A.33
dan A.34 tidak diperlukan pertemuan khusus. Urutan Materi Pembelajaran 1.
Pengertian SPLDV 2.
Metode-metode untuk menyelesaikan SPLDV Rencana Asesmen Pada setiap pertemuan dilakukan asesmen unjuk kinerja dan tes tertulis. |
Bagian II. Langkah-Langkah Pembelajaran
Topik |
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel |
||
Tujuan Pembelajaran |
A.30 Menjelaskan sistem persamaan linier dua variabel
dan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari A.31 Menentukan nilai dua variabel dari suatu sistem
persamaan linier
dua variabel dengan berbagai cara A.32 Membuat model matematika dari masalah kontekstual
yang
berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel A.33 Menyelesaikan model matematika dari masalah
kontekstual yang
berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel |
||
Pemahaman Bermakna |
Menggunakan berbagai metode penyelesaian SPLDV dalam berbagai konteks |
||
Pertanyaan Pemantik |
1.
Mungkinkah dua garis memiliki
koordinat yang sama? 2.
|
||
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman & Bertakwa terhadap Tuhan YME
Bernalar Kritis
Bergotong royong Mandiri |
Berbagi kelas ix matematika
ReplyDelete