MODUL AJAR EKSPONEN SMA KURIKULUM MERDEKA
Oleh Moch. Fatkoer Rahman ( Presiden Matematika Nusantara )
3) Setelah itu diharapkan peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan atau diberikan pertanyaan pancingan, misalnya “Permasalahan apa yang diamati dan konsep apa yang digunakan untuk menyelesaikannya?” Jawabannya (disimpan oleh guru) permasalahan terkait pertumbuhan dan konsep yang digunakan adalah eksponen.
Problem Statement (Pernyataan/ Identifikasi Masalah)
4) Guru memberikan permasalahan (probem statatement)untuk didiskusikan di setiap kelompok.
a) Jika satu lembar kertas tebalnya 1 mm, berapakah tebal atau tinggi kertas yang bertumpuk sebanyak 10.000 lembar?
b) Jika kertas setebal 1 mm itu, dilipat sekali, kemudian dilipat lagi, dan terus dilipat sampai 50 kali, bagaimana tebalnya dibandingkan dengan tinggi tumpukkan 10.000 kertas tadi dan berapa tepatnya tebal kertas yang dilipat 50 kali itu?
c) Diharapkan permasalahan point 3a. dapat segera dijawab benar dan untuk permasalahan
Aktivitas kelas menyelesaikan soal-soal
10) Menyimak materi tentang bilangan berpangkat Bulat positif. Kemudian peserta didik menyelesaikan soal-soal Latihan 1 dan Guru memberi bimbingan.
11) Menyimak materi tentang bilangan berpangkat nol atau Bulat negatif. Kemudian peserta didik menyelesaikan soal-soal Latihan 2 dan Guru memberi bimbingan.
c. Penutup
1) Membuat simpulan dan refleksi terkait pembelajaran pada pertemuan ini.
2) Menetapkan PR, yaitu soal-soal yang belum selesai dibahas di kelas.
3) Menginformasikan materi pembelajaran berikutnya adalah sifat-sifat eksponen
DOWNLOAD MODUL AJAR EKSPONEN SMA DISINI
DOWNLOAD JUGA MODUL MATEMATIKA MATERI YANG LAIN DISINI
0 komentar:
Post a Comment