Pages

Sunday, July 24, 2022

MODUL AJAR EKSPONEN SMA KURIKULUM MERDEKA

 MODUL AJAR EKSPONEN SMA KURIKULUM MERDEKA

Oleh Moch. Fatkoer Rahman ( Presiden Matematika Nusantara )



IDENTITAS
Mata Pelajaran : Matematika
Fase : E (Kelas X)
Materi : Bilangan Berpangkat

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu menjelaskan keberkaitan suatu masalah kontekstual dengan bentuk eksponen
2. Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian eksponen
3. Peserta didik menemukan sifat-sifat eksponen
4. Peserta didik menggunakan sifat-sifat eksponen dalam menentukan penyelesaian masalah

B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Pertemuan 1 (4 JP)
Materi Pokok: Pengertian Eksponen
Tujuan:
1. Menjelaskan keberkaitan suatu masalah kontekstual dengan bentuk eksponen
2. Membuat kesimpulan tentang pengertian eksponen
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Langkah-langkah Pembelajaran:

a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menjelaskan bahwa pengertian tentang eksponen dan sifat-sifatnya diperlukan untuk pembelajaran selanjutnya yaitu tentang persamaan dan pertidaksamaan eksponen
2) Guru menjelaskan akan melakukan penilaian selama pembelajaran dengan cara observasi atau secara tertulis dan dalam bentuk kinerja.
3) Peserta didik dibagi dalam kelompok yang yang beranggotakan tidak lebih dari 4 orang dengan memperhatikan penyebaran kemampuan matematika atau gender.

b. Kegiatan Inti
Stimulasi (Pemberian rangsangan)
1) Untuk memberi stimulasi (rangsangan), guru memberikan Lembar Aktivitas Siswa(LAS) Nomor dan peserta didik diminta mengamati dan mencermati masalah pada bagian kegiatan inti nomor 01 dan 02.
2) Siswa menyelesaikan LK 01 terlebih dahulu yaitu tentang pengertian bilangan berpangkat dan unsur-unsurnya.

3) Setelah itu diharapkan peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan atau diberikan pertanyaan pancingan, misalnya “Permasalahan apa yang diamati dan konsep apa yang digunakan untuk menyelesaikannya?” Jawabannya (disimpan oleh guru) permasalahan terkait pertumbuhan dan konsep yang digunakan adalah eksponen.

Problem Statement (Pernyataan/ Identifikasi Masalah)

4) Guru memberikan permasalahan (probem statatement)untuk didiskusikan di setiap kelompok.

a) Jika satu lembar kertas tebalnya 1 mm, berapakah tebal atau tinggi kertas yang bertumpuk sebanyak 10.000 lembar?

b) Jika kertas setebal 1 mm itu, dilipat sekali, kemudian dilipat lagi, dan terus dilipat sampai 50 kali, bagaimana tebalnya dibandingkan dengan tinggi tumpukkan 10.000 kertas tadi dan berapa tepatnya tebal kertas yang dilipat 50 kali itu?

c) Diharapkan permasalahan point 3a. dapat segera dijawab benar dan untuk permasalahan

Aktivitas kelas menyelesaikan soal-soal 

10) Menyimak materi tentang bilangan berpangkat Bulat positif. Kemudian peserta didik menyelesaikan soal-soal Latihan 1 dan Guru memberi bimbingan. 

11) Menyimak materi tentang bilangan berpangkat nol atau Bulat negatif. Kemudian peserta didik menyelesaikan soal-soal Latihan 2 dan Guru memberi bimbingan.

 c. Penutup 

1) Membuat simpulan dan refleksi terkait pembelajaran pada pertemuan ini. 

2) Menetapkan PR, yaitu soal-soal yang belum selesai dibahas di kelas. 

3) Menginformasikan materi pembelajaran berikutnya adalah sifat-sifat eksponen

DOWNLOAD MODUL AJAR EKSPONEN SMA DISINI

DOWNLOAD JUGA MODUL MATEMATIKA MATERI YANG LAIN DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog