PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X KURIKULUM MERDEKA
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA FASE E
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Bilangan |
Di akhir fase E,
peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat
(termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan
deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal
dan bunga majemuk. |
Aljabar
dan Fungsi |
Di akhir fase E,
peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi
kuadrat (termasuk akar imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama)
dan fungsi eksponensial. |
Pengukuran |
- |
Geometri |
Di akhir fase E,
peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang
melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya. |
Analisis
Data dan Peluang |
Di akhir fase E,
peserta didik dapat merepresentasikan dan menginterpretasi data dengan cara
menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil. Mereka dapat membuat dan
menginterpretasi box plot (box-andwhisker plot) dan menggunakannya untuk
membandingkan himpunan data. Mereka dapat menggunakan dari box plot,
histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan. Mereka dapat
menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara
dua variabel numerik (termasuk salah satunya variabel bebas berupa waktu).
Mereka dapat mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan,
statistika dan representasi data. Peserta didik dapat menjelaskan peluang dan
menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk. Mereka menyelidiki konsep
dari kejadian saling bebas dan saling lepas, dan menentukan peluangnya. |
Alur Tujuan Pembelajaran:
Elemen:
Bilangan; Aljabar dan
Fungsi |
|||
Profil
Pelajar Pancasila: Kreatif,
Bernalar Kritis, dan Mandiri |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk
bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan
deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal
dan bunga majemuk.
Peserta
didik
dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar
imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi
eksponensial.
|
|||
Materi |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar |
JP |
1.
A |
Peserta
didik dapat menerapkan
operasi pada bilangan berpangkat. |
1
|
2 |
1.
B |
Peserta
didik dapat menerapkan
operasi pada bilangan irasional. |
1 |
2 |
1.
C |
Peserta
didik dapat menerapkan
konsep logaritma. |
1 |
2 |
1.
D |
Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi pada bilangan berpangkat. |
1 |
1 |
1.
E |
Peserta
didik dapat menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi pada bilangan irasional. |
1 |
1 |
1.
F |
Peserta
didik dapat menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan logaritma. |
1 |
1 |
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
9 |
0 komentar:
Post a Comment