Pages

Sunday, July 9, 2023

PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI KURIKULUM MERDEKA

 PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI 

KURIKULUM MERDEKA


CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATEMATIKA

 

A.  Rasional Mata Pelajaran Matematika

Matematika merupakan ilmu atau pengetahuan tentang belajar atau berpikir logis yang sangat dibutuhkan manusia untuk hidup yang mendasari perkembangan teknologi modern. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Matematika dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus  dipahami  sekaligus  sebagai  alat  konseptual  untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi tersebut, mengasah, dan melatih kecakapan berpikir yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan. Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Kompetensi tersebut diperlukan agar pebelajar memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, penuh dengan ketidakpastian, dan bersifat kompetitif.

Mata Pelajaran Matematika membekali peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui aktivitas mental tertentu yang membentuk alur berpikir berkesinambungan dan berujung pada pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi, masalah, dan solusi matematis tertentu yang bersifat formal-universal. Proses mental tersebut dapat memperkuat disposisi peserta didik untuk merasakan makna dan manfaat matematika dan belajar matematika serta nilai- nilai moral dalam belajar Mata Pelajaran Matematika, meliputi kebebasan, kemahiran, penaksiran, keakuratan, kesistematisan, kerasionalan, kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, ketekunan, ketangguhan, kepercayaan diri, keterbukaan pikiran, dan kreativitas. Dengan demikian relevansinya dengan profil pelajar Pancasila, Mata Pelajaran Matematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik. Adapun materi pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di setiap jenjang pendidikan dikemas melalui bidang kajian Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, Analisis Data dan Peluang.

 

B.  Tujuan Mata Pelajaran Matematika

Mata Pelajaran Matematika bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:

·      memahami materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi matematis dan mengaplikasikannya secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah matematis (pemahaman matematis),

·      menggunakan   penalaran   pada   pola   dan   sifat,   melakukan manipulasi matematis dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau  menjelaskan  gagasan  dan  pernyataan  matematika (penalaran dan pembuktian matematis),

·      memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematis, menyelesaikan model atau menafsirkan solusi yang diperoleh (pemecahan masalah matematis).

·      mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media      lain  untuk  memperjelas  keadaan  atau  masalah,  serta menyajikan suatu situasi kedalam simbol atau model matematis (komunikasi dan representasi matematis),

·      mengaitkan materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi matematis pada suatu bidang kajian, lintas bidang kajian, lintas bidang ilmu, dan dengan kehidupan (koneksi matematis), dan

·      memiliki   sikap   menghargai   kegunaan  matematika  dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap kreatif, sabar, mandiri, tekun, terbuka, tangguh, ulet, dan percaya diri dalam pemecahan masalah (disposisi matematis).

 

C.  Karakteristik Mata Pelajaran Matematika

Mata Pelajaran Matematika diorganisasikan dalam lingkup lima elemen konten dan lima elemen kecakapan.

1.  Elemen konten dalam Mata Pelajaran Matematika terkait dengan pandangan bahwa matematika sebagai materi pembelajaran (subject matter) yang harus dipahami peserta didik.

Elemen

Deskripsi

Bilangan

Bidang kajian Bilangan membahas tentang angka sebagai simbol bilangan, konsep bilangan, operasi hitung bilangan, dan relasi antara berbagai operasi hitung bilangan dalam subelemen representasi visual, sifat urutan, dan operasi

Aljabar

Bidang kajian Aljabar membahas tentang aljabar non- formal dalam bentuk simbol gambar sampai dengan aljabar formal dalam bentuk simbol huruf yang mewakili bilangan tertentu dalam subelemen persamaan dan pertidaksamaan, relasi dan pola bilangan, serta rasio dan proporsi.

Pengukuran

Bidang kajian Pengukuran membahas tentang besaran- besaran  pengukuran, cara mengukur besaran tertentu, dan membuktikan prinsip atau teorema terkait besaran tertentu dalam subelemen pengukuran besaran geometris dan non-geometris.

Geometri

Bidang kajian Geometri membahas tentang berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang baik dalam kajian Euclides maupun Non-Euclides serta ciri-cirinya dalam subelemen geometri datar dan geometri ruang.

Analisis Data dan Peluang

Bidang kajian Analisis Data dan Peluang membahas tentang pengertian data, jenis-jenis data, pengolahan data dalam berbagai bentuk representasi, dan analisis data kuantitatif terkait pemusatan dan penyebaran data serta peluang munculnya suatu data atau kejadian tertentu dalam subelemen data dan representasinya, serta ketidakpastian dan peluang.

 

2. Elemen  kecakapan  dalam  mata  pelajaran  Matematika  terkait dengan pandangan bahwa matematika sebagai alat konseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran matematika berupa aktivitas mental yang membentuk alur berpikir dan alur pemahaman yang dapat mengembangkan kecakapan- kecakapan.

Elemen

Deskripsi

Pemahaman Matematis

Pemahaman matematis terkait erat dengan pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi yang bersifat formal-universal, dengan cara mengingat, menjelaskan, dan menerapkannya secara rutin dalam kasus sederhana.

Penalaran dan Pembuktian Matematis

Penalaran terkait erat dengan pembentukan alur berpikir dalam mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi dengan cara menggunakan pola hubungan untuk menganalisis situasi dan menyusun konjektur, sedangkan pembuktian matematis terkait erat dengan pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi yang bersifat formal-universal dengan cara membuktikan kebenaran suatu prinsip, rumus, atau teorema tertentu.

Pemecahan Masalah Matematis

Pemecahan masalah matematis terkait erat dengan pembentukan alur berpikir dalam mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran matematika dan pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi yang bersifat formal-universal, dengan cara menggunakan berbagai strategi yang efektif untuk menerapkan materi pembelajaran matematika dalam menyelesaikan masalah matematis atau masalah sehari- hari.

Komunikasi dan Representasi Matematis

Komunikasi dan representasi matematis terkait erat dengan pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi yang bersifat formal-universal dengan cara mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah, serta menyajikan suatu situasi kedalam simbol atau model matematis.

Koneksi Matematis

Koneksi matematis terkait erat dengan pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi yang bersifat formal-universal dengan cara mengaitkan antarmateri pembelajaran matematika pada suatu bidang kajian, lintas bidang kajian, lintas bidang ilmu, dan dengan kehidupan.

 

D.   Capaian Pembelajaran Matematika Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA)

Pada akhir fase F, peserta didik dapat menentukan fungsi Invers, komposisi  fungsi  dan  transformasi  fungsi  untuk  memodelkan situasi dunia nyata berdasarkan fungsi yang sesuai (linier, kuadrat, eksponensial).  peserta  didik  menerapkan  teorema  tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran. Peserta didik juga dapat mengevaluasi berbagai laporan berbasis statistik.

Fase F Berdasarkan Elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Bilangan

-

Aljabar dan Fungsi

Di akhir fase F, peserta didik dapat menentukan fungsi Invers, komposisi fungsi dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata berdasarkan fungsi yang sesuai (linier, kuadrat, eksponensial).

Pengukuran

-

Geometri

Di akhir fase F, peserta didik menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran.

Analisis Data dan Peluang

Di akhir fase F, peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menyajikan, menganalisis, hingga menarik kesimpulan dari suatu data dengan membuat rangkuman statistik deskriptif. mengevaluasi proses acak yang mendasari percobaan statistik,. Mereka menggunakan peluang bebas dan bersyarat untuk menafsirkan data.

Fungsi

-

Kalkulus

-

 


ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

MATEMATIKA FASE F (KELAS 11 DAN 12 SMA)

 

 

A.   Capaian Pembelajaran Matematika Fase F

Pada akhir fase F, peserta didik dapat menentukan fungsi Invers, komposisi  fungsi  dan  transformasi  fungsi  untuk  memodelkan situasi dunia nyata berdasarkan fungsi yang sesuai (linier, kuadrat, eksponensial).  peserta  didik  menerapkan  teorema  tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran. Peserta didik juga dapat mengevaluasi berbagai laporan berbasis statistik.

 

B.   Capaian berdasarkan domain

Elemen

Capaian Pembelajaran

Bilangan

-

Aljabar dan Fungsi

Di akhir fase F, peserta didik dapat menentukan fungsi Invers, komposisi fungsi dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata berdasarkan fungsi yang sesuai (linier, kuadrat, eksponensial).

Pengukuran

-

Geometri

Di akhir fase F, peserta didik menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran.

Analisis Data dan Peluang

Di akhir fase F, peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menyajikan, menganalisis, hingga menarik kesimpulan dari suatu data dengan membuat rangkuman statistik deskriptif. mengevaluasi proses acak yang mendasari percobaan statistik,. Mereka menggunakan peluang bebas dan bersyarat untuk menafsirkan data.

Fungsi

-

Kalkulus

-

 

C.   Penurunan Capaian Domain Menjadi Tujuan Pembelajaran Per Domain

1.    Tujuan Pembelajaran untuk Domain Aljabar dan Fungsi

Capaian Pembelajaran Domain: Peserta didik dapat menentukan fungsi Invers, komposisi fungsi dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata berdasarkan fungsi yang sesuai (linier, kuadrat, eksponensial)

Materi

Tujuan Pembelajaran Domain Aljabar dan Fungsi

Modul

Relasi dan Fungsi

A.1 Membedakan relasi dan fungsi

1

Macam-macam Fungsi

A.2   Membandingkan fungsi surjektif, fungsi injektif dan fungsi bijektif

1

A.3   Membandingkan fungsi-fungsi khusus (konstan, identitas, genap-ganjil, modulus, tangga)

1

Aljabar Fungsi

A.4   Menerapkan operasi aljabar fungsi untuk menunjukkan ekuivalensi ekspresi

1

Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers

A.5   Menerapkan konsep komposisi fungsi untuk menyederhanakan ekspresi

1

A.6   Menganalisis sifat-sifat komposisi fungsi khususnya memperhatikan domain

1

A.7   Menerapkan sifat-sifat komposisi fungsi untuk menyatakan fungsi komposisi dari komposisi dua fungsi atau lebih

1

A.8   Memodelkan masalah yang terkait dengan fungsi komposisi

1

A.9   Menyelesaikan masalah yang terkait dengan fungsi komposisi

1

A.10 Menjelaskan konsep invers fungsi

1

A.11 Mengontruksi rumus invers dari beberapa fungsi (linear, kuadrat, eksponen dan logaritma)

1

A.12 Menentukan suatu fungsi jika fungsi komposisi dan fungsi lain diketahui

 

1

 

2.    Tujuan Pembelajaran untuk Domain Geometri

Capaian Pembelajaran Domain: Peserta didik menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran.

 

Materi

Tujuan Pembelajaran Domain Geometri

Modul

Unsur-Unsur Lingkaran

G.1   Menjelaskan konsep lingkaran

2

G.2   Mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran

2

G.3   Menentukan panjang busur lingkaran

2

G.4   Menjelaskan hubungan antara dua sudut dan panjang busur lingkaran

 

2

G.5   Menentukan luas juring lingkaran

2

G.6   Menjelaskan hubungan antara dua sudut dan luas juring lingkaran

2

G.7   Menentukan luas tembereng lingkaran

2

Persamaan Lingkaran

G.8   Mengontruksi rumus persamaan lingkaran berpusat di titik O(0,0) dan berjari-jari r

2

G.8   Mengontruksi rumus persamaan lingkaran berpusat di titik (a, b) dan berjari-jari r

2

Kedudukan Garis Lingkaran

G.9   Menganalisis kedudukan garis terhadap lingkaran secara geometris maupun aljabar

 

2

Persamaan Garis Singgung Lingkaran

G.10 Mengontruksi rumus persamaan garis singgung titik pada lingkaran

2

G.11 Mengontruksi rumus persamaan garis singgung titik di luar lingkaran

2

G.12 Mengontruksi rumus persamaan garis singgung lingkaran dengan gradien tertentu

2

Hubungan Dua

Lingkaran

G.13 Menganalisis hubungan dua lingkaran

2

 

3.    Tujuan Pembelajaran untuk Domain Analisis Data dan Peluang

Capaian Pembelajaran Domain: Peserta didik dapat, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menyajikan, menganalisis, hingga menarik kesimpulan dari suatu data dengan membuat rangkuman statistik deskriptif. mengevaluasi proses acak yang mendasari percobaan statistik,. Mereka menggunakan peluang bebas dan bersyarat untuk menafsirkan data.

 

Materi

Tujuan Pembelajaran Domain

Analisis Data dan Peluang

Modul

Aturan penjumlahan dan aturan perkalian

D.1   Menjelaskan aturan penjumlahan

3

D.2   Menjelaskan aturan perkalian

3

D.3   Menyelesaikan masalah yang terkait dengan aturan penjumlahan dan atau aturan perkalian

3

Permutasi

D.4   Menjelaskan pengertian permutasi

3

D.5   Mengontruksi rumus permutasi

3

D.6   Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep permutasi

3

Permutasi dengan beberapa objek sama

D.7   Menjelaskan pengertian permutasi dengan beberapa objek yang sama

3

D.8   Mengontruksi rumus permutasi dengan beberapa objek yang sama

3

D.9   Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep permutasi dengan beberapa objek yang sama

3

Permutasi siklis

D.10 Menjelaskan pengertian permutasi siklis

3

D.11 Mengontruksi rumus permutasi siklis

3

D.12 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep permutasi siklis

3

Kombinasi

D.13 Menjelaskan pengertian kombinasi

3

D.14 Mengontruksi rumus kombinasi

3

D.15 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep kombinasi

3

Binomium newton

D.16 Menggunakan kombinasi untuk menguraikan bentuk binomium newton

3

Peluang kejadian saling bebas

D.17 Menjelaskan pengertian dua kejadian saling bebas

3

D.18 Menentukan peluang dua kejadian saling bebas

3

D.19 Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan kejadian saling bebas

3

D.20 Menjelaskan pengertian proses stokastik berhingga

3

D.21 Menentukan peluang dua kejadian saling bebas dengan proses stokastik berhingga

3

Peluang kejadian bersyarat

D.22 Menjelaskan pengertian kejadian bersyarat

3

D.23 Menentukan peluang kejadian bersyarat

3

D.24 Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan kejadian bersyarat

3

Populasi dan Sampel

Analisis Data

D.25 Menjelaskan perbedaan populasi dan sampel

4

D.26 Merumuskan pertanyaan dan menentukan bagaimana data dikumpulkan dan dianalisis untuk menjawab pertanyaan

4

D.27 Menjelaskan teknik pengambilan sampel yang baik (untuk survey, selain itu juga praktik baik dalam melakukan percobaan empiris maupun yang bersifat observasi)

4

D.28 Mendesain dan mengimplementasi rencana pengumpulan data

4

D.29 Mengidentifikasi cara yang tepat untuk merangkum data secara statistik

4

D.30 Menganalisis bagaimana distribusi sampel (melalui simulasi) digunakan untuk menjelaskan variabilitas dari sampel

4

 

D.   Rasional Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran

Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Fase F Kelas 11 dan 12 SMA ini dilakukan dengan cara menurunkan Capaian Pembelajaran Fase dari masing- masing domain menjadi tujuan pembelajaran yang merupakan tahapan-tahapan yang perlu dicapai sebelum siswa dapat mencapai capaian akhir yang diharapkan pada fase ini. Tujuan pembelajaran ini kemudian dikelompokkan untuk membentuk Unit Pembelajaran. ATP ini dimulai untuk kelas 11 dengan Unit 1 tujuan pembelajaran dari domain Aljabar dan Fungsi, dengan materi pokok komposisi fungsi dan fungsi invers. Dilanjutkan Unit 2 tujuan pembelajaran dari domain Geometri dengan materi pokok panjang busur, luas juring, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran. Diakhiri Unit 3 tujuan pembelajaran dari domain Analisis Data dan Peluang dengan materi kaidah pencacahan dan melanjutkan materi peluang fase E yaitu peluang kejadian saling bebas dan bersyarat.

Sedangkan untuk kelas 12 hanya membahas satu unit pembelajaran yaitu unit 4 dari domain Analisis Data dan Peluang dengan materi pokok statistika (penerapan materi statistika Fase E) yang lebih menekankan pada bagaimana siswa mengolah data statistik mulai dari teknik pengambilan sampel sampai dengan penarikan kesimpulan.

Perkiraan total jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan adalah 144 JP.

 

 

Unit Pembelajaran 11.1:

Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers

 

Tujuan Unit

Unit ini membahas fungsi komposisi dan fungsi invers serta memodelkan masalah kontekstual yang terkait dengan fungsi komposisi

Domain

Aljabar dan Fungsi

Perkiraan JP Unit

39

Kata Kunci

Fungsi komposisi, fungsi invers

Penjelasan Singkat (Isi dan Proses)

Siswa mengidentifikasi macam-macam fungsi, menggunakan aljabar fungsi dan komposisi fungsi untuk memodelkan masalah kontekstual

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir Kritis dalam menganalisis sifat-sifat komposisi fungsi Kreatif dalam memodelkan masalah kontekstual menggunakan fungsi komposisi

Glosarium

Fungsi komposisi adalah penggabungan operasi dua jenis fungsi sehingga menghasilkan sebuah fungsi baru

Fungsi invers adalah suatu fungsi yang berkebalikan dari fungsi asalnya

 

Tujuan Pembelajaran

Topik

JP

A.1   Membedakan relasi dan fungsi

Relasi dan fungsi

3

A.2     Membandingkan fungsi surjektif, fungsi injektif dan fungsi bijektif

Macam-macam fungsi

3

A.3   Membandingkan fungsi-fungsi khusus (konstan, identitas, genap-ganjil, modulus, tangga)

Macam-macam fungsi

3

A.4   Menerapkan operasi aljabar fungsi untuk menunjukkan ekuivalensi ekspresi

Aljabar fungsi

3

A.5   Menerapkan konsep komposisi fungsi untuk menyederhanakan ekspresi

Komposisi fungsi

3

A.6   Menganalisis sifat-sifat komposisi fungsi khususnya memperhatikan domain

Komposisi fungsi

3

A.7   Menerapkan sifat-sifat komposisi fungsi untuk menyatakan fungsi komposisi dari komposisi dua fungsi atau lebih

Komposisi fungsi

3

A.8   Memodelkan masalah yang terkait dengan fungsi komposisi

Komposisi fungsi

3

A.9   Menyelesaikan masalah yang terkait dengan fungsi komposisi

Komposisi fungsi

3

A.10 Menjelaskan konsep invers fungsi

Fungsi invers

3

A.11 Mengontruksi rumus invers dari beberapa fungsi (linear, kuadrat, eksponen dan logaritma)

Rumus Fungsi Invers

3

A.12 Menentukan suatu fungsi jika fungsi komposisi dan fungsi lain diketahui

Komposisi fungsi dan fungsi invers

6

TOTAL

39

 

 

Unit Pembelajaran 11.2:

Lingkaran

 

Tujuan Unit

Unit ini membahas lingkaran dari unsur-unsur lingkaran, persamaan lingkaran sampai dengan persamaan garis singgung lingkaran dengan berbagai situasi

Domain

Aljabar dan Fungsi

Perkiraan JP Unit

36

Kata Kunci

Panjang busur, juring, tembereng, persamaan lingkaran, persamaan garis singgung lingkaran

Penjelasan Singkat (Isi dan Proses)

Siswa mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran (Panjang busur, juring, tembereng), dilanjutkan menyusun persamaan lingkaran dengan pusat O(0,0) maupun titik tertentu kemudian menentukan persamaan garis singgung lingkaran dari berbagai situasi sampai dengan menganalisis hubungan dua lingkaran

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir Kritis dalam menganalisis hubungan dua lingkaran Kreatif dalam mengidentifikasi unsur-unsur yang ada pada lingkaran

Glosarium

Panjang busur adalah panjang bagian keliling lingkaran yang dibatasi oleh dua titik

Juring adalah daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh busur dan dua buah jari-jari yang berada pada kedua ujungnya. Tembereng adalah daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dengan tali busurnya.

 

Tujuan Pembelajaran

Topik

JP

G.1   Menjelaskan konsep lingkaran

Konsep lingkaran

1

G.2   Mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran

Unsur lingkaran

2

G.3   Menentukan panjang busur lingkaran

Panjang busur

2

G.4   Menjelaskan hubungan antara dua sudut dan panjang busur lingkaran

Panjang busur

1

G.5   Menentukan luas juring lingkaran

Luas juring

1

G.6   Menjelaskan hubungan antara dua sudut dan luas juring lingkaran

Luas juring

1

G.7   Menentukan luas tembereng lingkaran

Luas tembereng

1

G.8   Mengontruksi rumus persamaan lingkaran berpusat di titik O(0,0) dan berjari-jari r

Persamaan lingkaran

3

G.8   Mengontruksi rumus persamaan lingkaran berpusat di titik (a, b) dan berjari-jari r

Persamaan lingkaran

3

G.9   Menganalisis kedudukan garis terhadap lingkaran secara geometris maupun aljabar

Kedudukan garis dan lingkaran

6

G.10 Mengontruksi rumus persamaan garis singgung titik pada lingkaran

Persamaan garis singgung lingkaran

3

G.11 Mengontruksi rumus persamaan garis singgung titik di luar lingkaran

Persamaan garis singgung lingkaran

3

G.12 Mengontruksi rumus persamaan garis singgung lingkaran dengan gradien tertentu

Persamaan garis singgung lingkaran

3

G.13 Menganalisis hubungan dua lingkaran

Hubungan dua lingkaran

6

TOTAL

36

 

 

Unit Pembelajaran 11.3:

Peluang

 

Tujuan Unit

Unit ini membahas peluang lanjutan dari fase E dimulai dari kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, kombinasi) dilanjutkan peluang kejadian saling bebas dan kejadian bersyarat

Domain

Analisis Data dan Peluang

Perkiraan JP Unit

33

Kata Kunci

Kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi, kejadian saling bebas, kejadian bersyarat

Penjelasan Singkat (Isi dan Proses)

Siswa memahami kaidah pencacahan yang akan digunakan dalam menentukan peluang kejadian saling bebas maupuan kejadian bersyarat dalam masalah kontekstual/situasi nyata

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir Kritis dalam menganalisis kaidah pencacahan

Kreatif dalam memecahkan masalah kontektual menggunakan peluang

Glosarium

Kaidah pencacahan adalah aturan untuk menghitung seluruh kemungkinan yang bisa terjadi dalam suatu percobaan tertentu

Permutasi adalah susunan yang dapat dibentuk dari suatu

kumpulan objek yang diambil sebagian atau seluruhnya dengan memperhatikan urutannya

Kombinasi adalah susunan yang dapat dibentuk dari suatu kumpulan objek yang diambil sebagian atau seluruhnya dengan tidak memperhatikan urutannya

Kejadian saling bebas adalah kejadian pertama tidak mempengaruhi kejadian berikutnya

Kejadian bersyarat adalah kejadian pertama mempengaruhi kejadian berikutnya

 

Tujuan Pembelajaran

Topik

JP

D.1    Menjelaskan aturan penjumlahan

Aturan penjumlahan

3

D.2    Menjelaskan aturan perkalian

Aturan perkalian

D.3    Menyelesaikan masalah yang terkait dengan aturan penjumlahan dan atau aturan perkalian

Aturan penjumlahan dan aturan perkalian

D.4    Menjelaskan pengertian permutasi

Permutasi

3

D.5    Mengontruksi rumus permutasi

D.6    Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep permutasi

D.7    Menjelaskan pengertian permutasi dengan beberapa objek yang sama

Permutasi dengan objek yang sama

 

 

3

D.8    Mengontruksi rumus permutasi dengan beberapa objek yang sama

D.9    Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep permutasi dengan beberapa objek yang sama

D.10 Menjelaskan pengertian permutasi siklis

Permutasi siklis

3

D.11 Mengontruksi rumus permutasi siklis

D.12 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep permutasi siklis

D.13 Menjelaskan pengertian kombinasi

Kombinasi

3

D.14 Mengontruksi rumus kombinasi

D.15 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep kombinasi

D.16 Menggunakan kombinasi untuk menguraikan bentuk binomium newton

Binomium newton

3

D.17 Menjelaskan pengertian dua kejadian saling bebas

Peluang kejadian saling bebas

3

D.18 Menentukan peluang dua kejadian saling bebas

D.19 Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan kejadian saling bebas

Aplikasi peluang kejadian saling bebas

 

3

D.20 Menjelaskan pengertian proses stokastik berhingga

Proses stokastik berhingga

3

D.21 Menentukan peluang dua kejadian saling bebas dengan proses stokastik berhingga

D.22 Menjelaskan pengertian kejadian bersyarat

Peluang kejadian bersyarat

3

D.23 Menentukan peluang kejadian bersyarat

D.24 Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan kejadian bersyarat

Aplikasi peluang kejadian bersyarat

3

TOTAL

33

 

CP MATEMATIKA DOWNLOAD HERE

ATP MATEMATIKA FASE F DOWNLOAD HERE

MODUL AJAR BAB FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS DOWNLOAD HERE

MODUL AJAR BAB LINGKARAN DOWNLOAD HERE

MODUL JARA BAB STATISTIKA DESKRIPTIF DOWNLOAD HERE

PROSEM DOWNLOAD HERE

PROTA DOWNLOAD HERE

KKTP DOWNLOAD HERE

BUKU GURU MATEMATIKA IKM DOWNLOAD HERE

BUKU SISWA MATEMATIKA IKM DOWNLOAD HERE


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog