SOAL NUMERASI SMP DAN PEMBAHASAN
Mapel |
: MATEMATIKA |
Jenjang |
: SMP |
Capaian Pembelajaran |
: Di akhir fase D,
peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat,
bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat
dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi
aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam
menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta
didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala,
proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.
|
Tujuan Pembelajaran |
Melalui stimulus yang diberikan, peserta didik
mampu sisi, sudut, dan
diagonalnya. |
Padanaan pd KD K13 |
Mengaitkan rumus
keliling danluas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang,belah
ketupat, dan segitiga |
Materi |
Geometri (Segi Empat dan Segi tiga) |
Judul Stimulus |
|
Perhatikan gambar berikut untuk menjawab
Piramida Louvre terletak di taman Museum Louvre di Paris, Perancis. Piramida ini merupakan sebuah piramida kaca besar yang dikelilingi oleh tiga piramida kecil. Piramida kaca besar berperan sebagai pintu masuk utama ke museum. Piramida Louvre dikenal sebagai proyek besar Paris. Proyek ini dicetuskan oleh Presiden Francois Mitterrand pada tahun 1984 dan dirancang oleh seorang arsitek bernama I. M. Pei.
Salah satu yang mencolok dari Piramida Louvre adalah struktur piramida kaca. Piramida ini terdiri dari kaca dan baja setinggi 20,6 meter (70 kaki). Bagian dasar piramida memiliki panjang sisi 35 meter (115 kaki). Kaca pada piramida tersebut terdiri dari 603 kaca berbentuk belah ketupat dan 70 kaca berbentuk segitiga.
Model kerangka dari Piramida Louvre dapat digambarkan sebagai berikut.
Judul Stimulus |
Sifat – sifat Geometri (segi empat
dan segi tiga ) |
|||||||||||||||
Indikator |
Berdasarkan
gambar pada stimulus di atas, Peserta
didik dapat menetukan benar atau salah berdasarkan sifat – sifat geometri |
|||||||||||||||
Bentuk Soal |
Benar/salah |
|||||||||||||||
Soal |
Berdasarkan sifat-sifat bangun ruang bentuk Piramida
Louvre, apakah pernyataan berikut benar atau salah? Beri tanda centang ()
pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut.
|
|||||||||||||||
Kunci Jawaban |
B-S-B –S |
|||||||||||||||
Pembahasan |
Pernyataan pertama :
Benar Berdasarkan kerangka
Piramida Louvre dasarnya berbentuk segiempat sama
sisi) Pernyataan kedua :
Salah (Sisi tegak Piramida
Louvre berbentuk segitiga sama kaki) Pernyataan ketiga :
Benar (Tinggi Piramida
Louvre 20,6 meter atau 2.060 cm karena 1 m = 100 cm) Pernyataan keempat :
Salah (Panjang sisi
bagian dasar Piramida Louvre 35 m atau 3500 cm) |
|||||||||||||||
Pedoman Penskoran |
Menjawab betul, skor
1 B-S-B – S Menjawab salah, skor
0 Selain dari B-S-B – S |
Judul Stimulus |
Panjang dan tinggi segi tiga dan juga panjang segi empat |
|||||||||||||||||||||
Konteks |
Saintifik |
|||||||||||||||||||||
Indikator |
Berdasarkan gambar
pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan panjang dan tinggi
segitiga dan tinggi segi empat pada
masing – masing jawaban di
bagian kiri tepat satu jawaban di bagian kanan |
|||||||||||||||||||||
Bentuk Soal |
Menjdodohkan |
|||||||||||||||||||||
Level soal |
L2 |
|||||||||||||||||||||
Soal |
Berdasarkan model kerangka Piramida
Louvre, pasangkan bagian bangun ruang dengan ukuran yang tepat.
|
|||||||||||||||||||||
Kunci Jawaban |
Kanan Kiri 1
2 2 4 3
5 4 1 |
|||||||||||||||||||||
Pembahasan |
Pernyataan pertama : 20,6 m (Tinggi TO atau tinggi Piramida Louvre 20,6
m) Pernyataan kedua : 35 m (Panjang sisi datar Piramida Louvre 35 m) Pernyataan ketiga : 32,2 m Pernyataan keempat : 35√2 m (AC = √(AB2 + BC2) = √352 + 352 = 70 = 35√2 |
|||||||||||||||||||||
Pedoman Penskoran |
Betul nilai 1 salah
nilai 0 |
Judul Stimulus |
Volume piramida |
Indikator |
Berdasarkan stimulus
di atas, Peserta didik dapat menghitung volume piramida |
Bentuk Soal |
isian |
Level |
Kognitif |
Soal |
Volume piramida
Louvre adalah .... m3 |
Kunci Jawaban |
= 8.412 m3 |
Pembahasan |
Volume Piramida Louvre
; Vpiramida = 1/3 × luas alas
× tinggi = 1/3 × (35 × 35) ×
20,6 = 8.412 m3 |
Pedoman Penskoran |
Menjawab benar skor 1
tidak Menjawab salah skor 0
selain dari tidak |
Judul Stimulus |
Data Lompatan sesuai jarak |
Indikator |
Berdasarkan stimulus di atas, Peserta didik dapat mengelompokan banyak nya melakukan lompatan sesuai jarak. |
Bentuk Soal |
Isian |
Soal |
Jumlah siswa kelas VIII A yang melakukan lompat jauh dengan lompatan di atas 160
cm adalah …… |
Kunci Jawaban |
14 orang |
Pembahasan |
Jumlah siswa kelas VII A yang
melakukan lompatan jauh dengan
lompatan di atas 160 cm adalah sebagai berikut; 160-169 = 6 orang 170-179 = 3 orang 180-189 = 5 orang Jumlah = 14 orang |
Pedoman Penskoran |
Menjawab benar skor 1 tidak Menjawab salah skor 0 selain dari tidak |
Judul
Stimulus |
Mengukur
jarak dan waktu |
||||||||||||
Indikator |
Berdasarkan
stimulis peserta didik dapat memberikan pernyataan benar atau salah denagan
jarak dan waktu yang sudah di tentukan |
||||||||||||
Bentuk
Soal |
Benar/salah |
||||||||||||
Soal |
Beri
tanda centang (
|
||||||||||||
Kunci
Jawaban |
S-S-B |
||||||||||||
Pembahasan |
Pernyataan
pertama : Salah
(rata-rata jarak lompatan kelas VIII A = 143 dan kelas VIII B = 147) Pernyataan
kedua : Salah
(jumlah siswa kelas VIII B yang melakukan lompatan 140-149 adalah 6
orang) Pernyataan
ketiga : Benar
(Modus disini adalah jarak lompatan dengan jumlah siswa paling banyak.
Modus kelas VIII A = 6 orang sedangkan kelas VIII B = 7 orang jadi
modus
kelas VIII B lebih tinggi dari modus kelas VIII A) |
||||||||||||
Pedoman
Penskoran |
Menjawab
betul, skor 1 S – S-B Menjawab
salah, skor 0 Selain dari S – S-B |
Judul
Stimulus |
Jarak lompatan dan jumlah siswa |
|||||||||||||||||||||
Konteks |
Saintifik |
|||||||||||||||||||||
Indikator |
Berdasarkan
gambar pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan Jarak lompatan
dan jumlah siswa masing – masing jawaban di bagian kiri tepat satu jawaban
di bagian kanan |
|||||||||||||||||||||
Bentuk
Soal |
Menjdodohkan
|
|||||||||||||||||||||
Level
soal |
L2 |
|||||||||||||||||||||
Soal |
Berdasarkan
diagram batang di atas, pasangkan masing-masing jarak lompatan dengan jumlah
siswa kedua kelas secara tepat.
|
|||||||||||||||||||||
Kunci
Jawaban |
Kanan Kiri 1
4 2
5 3
4 4
1 |
|||||||||||||||||||||
Pembahasan |
Pernyataan
pertama: 10
(4 + 6 = 10) Pernyataan
kedua : 11
(4 + 7 = 11) Pernyataan
ketiga : 10
(6 + 4 = 10) Pernyataan
keempat : 7
(3 + 4 = 7) |
|||||||||||||||||||||
Pedoman
Penskoran |
Betul
nilai 1 salah nilai 0 |
0 komentar:
Post a Comment