Pages

Sunday, September 25, 2022

SOAL NUMERASI SMP FREE DOWNLOAD ( SOAL AN LITERASI MATEMATIKA SMP )

 SOAL NUMERASI SMP DAN PEMBAHASAN



Mapel

: MATEMATIKA

Jenjang

: SMP

Capaian

Pembelajaran

: Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

 

 

Tujuan Pembelajaran

 Melalui stimulus yang diberikan, peserta didik mampu
 menjelaskan sifat-sifat persegi, pesegi panjang, dan trapesium ditinjau dari

sisi, sudut, dan diagonalnya.

Padanaan pd KD K13

Mengaitkan rumus keliling danluas untuk berbagai jenis segiempat

(persegi, persegi panjang,belah ketupat, dan segitiga

Materi

 Geometri (Segi Empat dan Segi tiga)

Judul Stimulus

  1. Sifat – sifat Geometri (segi empat dan segi tiga )
  2. Panjang dan tinggi segi tiga dan juga panjang segi empat

Perhatikan gambar berikut untuk menjawab 


Piramida Louvre terletak di taman Museum Louvre di Paris, Perancis. Piramida ini merupakan sebuah piramida kaca besar yang dikelilingi oleh tiga piramida kecil. Piramida kaca besar berperan sebagai pintu masuk utama ke museum. Piramida Louvre dikenal sebagai proyek besar Paris. Proyek ini dicetuskan oleh Presiden Francois Mitterrand pada tahun 1984 dan dirancang oleh seorang arsitek bernama I. M. Pei.

Salah satu  yang mencolok dari Piramida Louvre adalah struktur piramida kaca. Piramida ini terdiri dari kaca dan baja setinggi 20,6 meter (70 kaki). Bagian dasar piramida memiliki panjang sisi 35 meter (115 kaki). Kaca pada piramida tersebut terdiri dari 603 kaca berbentuk belah ketupat dan 70 kaca berbentuk segitiga.

Model kerangka dari Piramida Louvre dapat digambarkan sebagai berikut.



SOAL 1

Judul Stimulus

Sifat – sifat Geometri (segi empat dan segi tiga )

Indikator

Berdasarkan gambar  pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan benar atau salah berdasarkan sifat – sifat geometri

Bentuk Soal

Benar/salah

Soal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan sifat-sifat bangun ruang bentuk Piramida Louvre, apakah pernyataan berikut benar atau salah? Beri tanda centang () pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut.

Pernyataan

Benar

Salah

Bagian dasar Piramida Louvre berbentuk segi empat sama sisi

 

 

Sisi tegak Piramida Louvre berbentuk belah ketupat

 

 

Tinggi Piramida Louvre adalah 2.060 cm

 

 

Panjang sisi bagian dasar Piramida Louvre adalah 3.000 cm

 

 

Kunci Jawaban

B-S-B –S

Pembahasan

Pernyataan pertama     : Benar

 Berdasarkan kerangka Piramida Louvre dasarnya berbentuk segiempat sama

              sisi)

Pernyataan kedua        : Salah

 (Sisi tegak Piramida Louvre berbentuk segitiga sama kaki)

Pernyataan ketiga        : Benar

 (Tinggi Piramida Louvre 20,6 meter atau 2.060 cm karena 1 m = 100 cm)

Pernyataan keempat    : Salah

  (Panjang sisi bagian dasar Piramida Louvre 35 m atau 3500 cm)

Pedoman Penskoran

Menjawab betul, skor 1 B-S-B – S

Menjawab salah, skor 0 Selain dari B-S-B – S



SOAL 2

Judul Stimulus

Panjang dan tinggi segi tiga dan juga panjang segi empat

Konteks

Saintifik

Indikator

Berdasarkan gambar pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan panjang dan tinggi segitiga dan tinggi segi empat pada  masing – masing  jawaban di bagian kiri tepat satu jawaban di bagian kanan

Bentuk Soal

Menjdodohkan

Level soal

L2

Soal

Berdasarkan model kerangka Piramida Louvre, pasangkan bagian bangun ruang dengan ukuran yang tepat.

Tinggi TO

  •  

 

  •  

 

35

Panjang sisi AB

  •  
  •  

20,6 m

Panjang sisi TB

  •  
  •  

33, 6 m

Panjang diagonal AC

  •  
  •  

35 m

 

  •  

32,2 m

 

 

Kunci Jawaban

Kanan                   Kiri

1                               2

      2                           4

3                               5

                                    4                           1

Pembahasan

 

Pernyataan pertama     : 20,6 m

              (Tinggi TO atau tinggi Piramida Louvre 20,6 m)

Pernyataan kedua        : 35 m

              (Panjang sisi datar Piramida Louvre 35 m)

Pernyataan ketiga        : 32,2 m

 

Pernyataan keempat    : 35√2 m

              (AC = √(AB2 + BC2) = √352 + 352 = 70 = 35√2

Pedoman Penskoran

Betul nilai 1 salah nilai 0



SOAL 3

Judul Stimulus

Volume piramida

Indikator

Berdasarkan stimulus di atas, Peserta didik dapat menghitung volume piramida 

Bentuk Soal

isian

Level

Kognitif

Soal

Volume piramida Louvre adalah .... m3

Kunci Jawaban

= 8.412 m3

Pembahasan

 

            Volume Piramida Louvre ;

Vpiramida       = 1/3 × luas alas × tinggi

            = 1/3 × (35 × 35) × 20,6

            = 8.412 m3

Pedoman Penskoran

Menjawab benar skor 1 tidak

Menjawab salah skor 0 selain dari tidak



STIMULUS 2

Diagram berikut menunjukkan jarak lompatan ujian lompat jauh siswa SMPN 3 kelas VIII A dan VIII B.


SOAL 1

Judul Stimulus

Data Lompatan sesuai jarak

Indikator

Berdasarkan stimulus di atas, Peserta didik dapat  mengelompokan banyak nya  melakukan lompatan sesuai jarak.

Bentuk Soal

Isian

Soal

Jumlah siswa kelas VIII A yang melakukan lompat jauh dengan lompatan di atas 160 cm adalah ……

Kunci Jawaban

14 orang

Pembahasan

Jumlah siswa kelas VII A yang melakukan  lompatan jauh dengan lompatan di atas 160 cm adalah sebagai berikut;

160-169           = 6 orang

170-179           = 3 orang

180-189           = 5 orang

Jumlah             = 14 orang

 

Pedoman Penskoran

Menjawab benar skor 1 tidak

Menjawab salah skor 0 selain dari tidak


SOAL 2

Judul Stimulus

Mengukur jarak dan waktu

Indikator

Berdasarkan stimulis peserta didik dapat memberikan pernyataan benar atau salah denagan jarak dan waktu yang sudah di tentukan

Bentuk Soal

Benar/salah

Soal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang ( ) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut

Pernyataan

Benar

Salah

 Perbandingan nilai rata-rata jarak lompatan kelas VIII A dengan kelas VIII B adalah 77:75

 

 

Jumlah siswa kelas VIII B yang melakukan lompatan 140-149 cm sebanyak 7 orang

 

 

Modus jarak lompatan kelas VIII B lebih tinggi dari modus jarak lompatan kelas VIII A

 

 

Kunci Jawaban

S-S-B

Pembahasan

Pernyataan pertama           : Salah

        (rata-rata jarak lompatan kelas VIII A = 143 dan kelas VIII B = 147)

Pernyataan kedua  : Salah

        (jumlah siswa kelas VIII B yang melakukan lompatan 140-149 adalah 6

         orang)

Pernyataan ketiga  : Benar

        (Modus disini adalah jarak lompatan dengan jumlah siswa paling banyak.

        Modus kelas VIII A = 6 orang sedangkan kelas VIII B = 7 orang jadi modus

        kelas VIII B lebih tinggi dari modus kelas VIII A)

 

Pedoman Penskoran

Menjawab betul, skor 1 S – S-B

Menjawab salah, skor 0 Selain dari S – S-B



SOAL 3

Judul Stimulus

Jarak lompatan dan jumlah siswa

Konteks

Saintifik

Indikator

Berdasarkan gambar pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan Jarak lompatan dan jumlah siswa  masing – masing  jawaban di bagian kiri tepat satu jawaban di bagian kanan

Bentuk Soal

Menjdodohkan

Level soal

L2

Soal

Berdasarkan diagram batang di atas, pasangkan masing-masing jarak lompatan dengan jumlah siswa kedua kelas secara tepat.

 

Jarak Lompatan 160 – 169 cm

·          

 

·          

7

Jarak lompatan 140-149 cm

·          

·          

8

Jarak lompatan 170-179 cm

·          

·          

9

Jarak lompatan 150-159 cm

·          

·          

10

 

·          

11

 

 

Kunci Jawaban

Kanan                   Kiri

1                                                        4  

2                                                         5

3                                                        4

4                                                        1

Pembahasan

 

Pernyataan pertama: 10

        (4 + 6 = 10)

Pernyataan kedua  : 11

        (4 + 7 = 11)

Pernyataan ketiga  : 10

        (6 + 4 = 10)

Pernyataan keempat : 7

        (3 + 4 = 7)

Pedoman Penskoran

Betul nilai 1 salah nilai 0



DOWNLOAD VERSI LENGKAP KLIK DISINI
DOWNLOAD SOAL NUMERASI SD KLIK DISINI
DOWNLOAD SOAL NUMERASI SMA KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog