SOAL NUMERASI SMP DAN PEMBAHASAN
| 
   Mapel  | 
  
   : MATEMATIKA  | 
 
| 
   Jenjang  | 
  
   : SMP   | 
 
| 
   Capaian  Pembelajaran  | 
  
   : Di akhir fase D,
  peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat,
  bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat
  dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi
  aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam
  menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial). Peserta
  didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala,
  proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah. 
 
  | 
 
| 
   Tujuan Pembelajaran  | 
  
    Melalui stimulus yang diberikan, peserta didik
  mampu sisi, sudut, dan
  diagonalnya.  | 
 
| 
   Padanaan pd KD K13  | 
  
   Mengaitkan rumus
  keliling danluas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang,belah
  ketupat, dan segitiga  | 
 
| 
   Materi   | 
  
    Geometri (Segi Empat dan Segi tiga)  | 
 
| 
   Judul Stimulus  | 
  
  
  | 
 
Perhatikan gambar berikut untuk menjawab
Piramida Louvre terletak di taman Museum Louvre di Paris, Perancis. Piramida ini merupakan sebuah piramida kaca besar yang dikelilingi oleh tiga piramida kecil. Piramida kaca besar berperan sebagai pintu masuk utama ke museum. Piramida Louvre dikenal sebagai proyek besar Paris. Proyek ini dicetuskan oleh Presiden Francois Mitterrand pada tahun 1984 dan dirancang oleh seorang arsitek bernama I. M. Pei.
Salah satu yang mencolok dari Piramida Louvre adalah struktur piramida kaca. Piramida ini terdiri dari kaca dan baja setinggi 20,6 meter (70 kaki). Bagian dasar piramida memiliki panjang sisi 35 meter (115 kaki). Kaca pada piramida tersebut terdiri dari 603 kaca berbentuk belah ketupat dan 70 kaca berbentuk segitiga.
Model kerangka dari Piramida Louvre dapat digambarkan sebagai berikut.
| 
   Judul Stimulus  | 
  
   Sifat – sifat Geometri (segi empat
  dan segi tiga )  | 
 |||||||||||||||
| 
   Indikator  | 
  
   Berdasarkan
  gambar  pada stimulus di atas, Peserta
  didik dapat menetukan benar atau salah berdasarkan sifat – sifat geometri   | 
 |||||||||||||||
| 
   Bentuk Soal  | 
  
   Benar/salah  | 
 |||||||||||||||
| 
   Soal   | 
  
   Berdasarkan sifat-sifat bangun ruang bentuk Piramida
  Louvre, apakah pernyataan berikut benar atau salah? Beri tanda centang ()
  pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut. 
  | 
 |||||||||||||||
| 
   Kunci Jawaban  | 
  
   B-S-B –S  | 
 |||||||||||||||
| 
   Pembahasan  | 
  
   Pernyataan pertama     :
  Benar  Berdasarkan kerangka
  Piramida Louvre dasarnya berbentuk segiempat sama               
  sisi) Pernyataan kedua        :
  Salah  (Sisi tegak Piramida
  Louvre berbentuk segitiga sama kaki)  Pernyataan ketiga        :
  Benar  (Tinggi Piramida
  Louvre 20,6 meter atau 2.060 cm karena 1 m = 100 cm) Pernyataan keempat    :
  Salah   (Panjang sisi
  bagian dasar Piramida Louvre 35 m atau 3500 cm)  | 
 |||||||||||||||
| 
   Pedoman Penskoran  | 
  
   Menjawab betul, skor
  1 B-S-B – S Menjawab salah, skor
  0 Selain dari B-S-B – S  | 
 
| 
   Judul Stimulus  | 
  
   Panjang dan tinggi segi tiga dan juga panjang segi empat  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Konteks   | 
  
   Saintifik  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Indikator  | 
  
   Berdasarkan gambar
  pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan panjang dan tinggi
  segitiga dan tinggi segi empat pada 
  masing – masing  jawaban di
  bagian kiri tepat satu jawaban di bagian kanan  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Bentuk Soal  | 
  
   Menjdodohkan   | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Level soal  | 
  
   L2  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Soal   | 
  
   Berdasarkan model kerangka Piramida
  Louvre, pasangkan bagian bangun ruang dengan ukuran yang tepat. 
  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Kunci Jawaban  | 
  
   Kanan                   Kiri 1       
                         2       2                           4 3       
                         5                                     4                           1  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Pembahasan  | 
  
      Pernyataan pertama     : 20,6 m               (Tinggi TO atau tinggi Piramida Louvre 20,6
  m) Pernyataan kedua        : 35 m               (Panjang sisi datar Piramida Louvre 35 m) Pernyataan ketiga        : 32,2 m Pernyataan keempat    : 35√2 m               (AC = √(AB2 + BC2) = √352 + 352 = 70 = 35√2  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Pedoman Penskoran  | 
  
   Betul nilai 1 salah
  nilai 0  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Judul Stimulus  | 
  
   Volume piramida  | 
 
| 
   Indikator  | 
  
   Berdasarkan stimulus
  di atas, Peserta didik dapat menghitung volume piramida    | 
 
| 
   Bentuk Soal  | 
  
   isian   | 
 
| 
   Level  | 
  
   Kognitif   | 
 
| 
   Soal   | 
  
   Volume piramida
  Louvre adalah .... m3  | 
 
| 
   Kunci Jawaban  | 
  
   = 8.412 m3   | 
 
| 
   Pembahasan  | 
  
    
            Volume Piramida Louvre
  ; Vpiramida       = 1/3 × luas alas
  × tinggi             = 1/3 × (35 × 35) ×
  20,6             = 8.412 m3  | 
 
| 
   Pedoman Penskoran  | 
  
   Menjawab benar skor 1
  tidak  Menjawab salah skor 0
  selain dari tidak   | 
 
| 
   Judul Stimulus  | 
  
   Data Lompatan sesuai jarak  | 
 
| 
   Indikator  | 
  
   Berdasarkan stimulus di atas, Peserta didik dapat  mengelompokan banyak nya  melakukan lompatan sesuai jarak.  | 
 
| 
   Bentuk Soal  | 
  
   Isian  | 
 
| 
   Soal   | 
  
   Jumlah siswa kelas VIII A yang melakukan lompat jauh dengan lompatan di atas 160
  cm adalah ……  | 
 
| 
   Kunci Jawaban  | 
  
   14 orang  | 
 
| 
   Pembahasan  | 
  
   Jumlah siswa kelas VII A yang
  melakukan  lompatan jauh dengan
  lompatan di atas 160 cm adalah sebagai berikut; 160-169           = 6 orang 170-179           = 3 orang 180-189           = 5 orang Jumlah             = 14 orang  | 
 
| 
   Pedoman Penskoran  | 
  
   Menjawab benar skor 1 tidak  Menjawab salah skor 0 selain dari tidak   | 
 
| 
   Judul
  Stimulus  | 
  
   Mengukur
  jarak dan waktu  | 
 ||||||||||||
| 
   Indikator  | 
  
   Berdasarkan
  stimulis peserta didik dapat memberikan pernyataan benar atau salah denagan
  jarak dan waktu yang sudah di tentukan  | 
 ||||||||||||
| 
   Bentuk
  Soal  | 
  
   Benar/salah  | 
 ||||||||||||
| 
   Soal   | 
  
   Beri
  tanda centang ( 
  | 
 ||||||||||||
| 
   Kunci
  Jawaban  | 
  
   S-S-B  | 
 ||||||||||||
| 
   Pembahasan  | 
  
   Pernyataan
  pertama           : Salah        
  (rata-rata jarak lompatan kelas VIII A = 143 dan kelas VIII B = 147) Pernyataan
  kedua  : Salah        
  (jumlah siswa kelas VIII B yang melakukan lompatan 140-149 adalah 6          
  orang) Pernyataan
  ketiga  : Benar        
  (Modus disini adalah jarak lompatan dengan jumlah siswa paling banyak.        
  Modus kelas VIII A = 6 orang sedangkan kelas VIII B = 7 orang jadi
  modus         
  kelas VIII B lebih tinggi dari modus kelas VIII A)  | 
 ||||||||||||
| 
   Pedoman
  Penskoran  | 
  
   Menjawab
  betul, skor 1 S – S-B Menjawab
  salah, skor 0 Selain dari S – S-B  | 
 
| 
   Judul
  Stimulus  | 
  
   Jarak lompatan dan jumlah siswa  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Konteks   | 
  
   Saintifik  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Indikator  | 
  
   Berdasarkan
  gambar pada stimulus di atas, Peserta didik dapat menetukan Jarak lompatan
  dan jumlah siswa  masing – masing  jawaban di bagian kiri tepat satu jawaban
  di bagian kanan  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Bentuk
  Soal  | 
  
   Menjdodohkan
    | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Level
  soal  | 
  
   L2  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Soal   | 
  
   Berdasarkan
  diagram batang di atas, pasangkan masing-masing jarak lompatan dengan jumlah
  siswa kedua kelas secara tepat. 
  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Kunci
  Jawaban  | 
  
   Kanan                   Kiri 1                                                       
  4    2                                                       
   5 3                                                       
  4 4                                                       
  1  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Pembahasan  | 
  
    
   Pernyataan
  pertama: 10        
  (4 + 6 = 10) Pernyataan
  kedua  : 11        
  (4 + 7 = 11) Pernyataan
  ketiga  : 10        
  (6 + 4 = 10) Pernyataan
  keempat : 7        
  (3 + 4 = 7)  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   Pedoman
  Penskoran  | 
  
   Betul
  nilai 1 salah nilai 0  | 
 |||||||||||||||||||||







0 komentar:
Post a Comment