SOAL NUMERASI ( LITERASI MATEMATIKA SMA )
HASIL PELATIHAN AKM SURABAYA
( 6-9 SEPTEMBER 2022, HOTEL PLATINUM SURABAYA)
Mapel |
MATEMATIKA |
Jenjang |
SMA |
Capaian
Pembelajaran |
Di akhir fase F,
peserta didik dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat. Mereka dapat mengidentifikasi dan menjelaskan asosiasi antara dua variabel kategorikal dan antara dua variabel
numerikal. Mereka dapat
memperkirakan model linear terbaik (best fit) pada data numerikal. Mereka dapat membedakan hubungan asosiasi dan sebab-akibat. Peserta didik memahami konsep peluang bersyarat dan kejadian yang saling bebas
menggunakan konsep permutasi dan kombinasi. |
Tujuan
Pembelajaran |
menentukan
banyak kemungkinan yang dapat dipilih jika diberikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan kombinasi atau permutasi |
Padanan
pd KD K13 |
4.3 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan,
aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) |
Judul
Stimulus |
:
MAKANAN TRADISIONAL KHAS LOMBOK |
Judul
Stimulus |
MAKANAN
TRADISIONAL KHAS LOMBOK |
||||||
Indikator |
Menghitung
banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan kombinasi |
||||||
Bentuk
Soal |
PG |
||||||
Soal
|
Jika
Qonita Mampir di Rumah Makan “ Suka Makan ‘ hitunglah banyak pilihan yang
dilakukan jika memilih 3 menu dari menu yang tersedia. a. 21 cara b. 35 cara c. 120 cara d. 840 cara e. 5040 cara |
||||||
Kunci
Jawaban |
B |
||||||
Pembahasan |
7C3 |
||||||
Pedoman
Penskoran |
|
Judul
Stimulus |
MAKANAN
TRADISIONAL KHAS LOMBOK |
||||||
Indikator |
Menghitung
banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan kombinasi dengan syarat tertentu |
||||||
Bentuk
Soal |
Isian
singkat |
||||||
Soal
|
Jika
Qonita diwajibkan memilih 5 Menu, sedangkan menu Ayam Taliwang dan Sate
Bulayak Wajib dipilih, tentukan banyak cara yang bisa Qonita Pilih !
|
||||||
Kunci
Jawaban |
10
|
||||||
Pembahasan |
Qonita
wajib memilih 5 menu, sedangkan 2 menu harus dipilih, berarti tinggal 3 menu
lagi yang dia harus pilih dari 5 pilihan menu yang tersisa. Sehingga
jawabanya adalah 5C3 |
||||||
Pedoman
Penskoran |
|
SOAL 3
Judul
Stimulus |
MAKANAN
TRADISIONAL KHAS LOMBOK |
Indikator |
Menghitung
banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan aturan penjumlahan dengan syarat
tertentu |
Bentuk
Soal |
Uraian |
Soal
|
Menurut Qonita, Menu Ayam Rarang tidak cocok dimakan
bersama menu Sate Bulayak atau soto mandalika, sehingga dia menghindari
memesan menu tersebut. Jika Qonita memesan Ayam Rarang, tentukan banyak
pilihan menu yang dapat dia pilih sehingga dapat dimakan bersamaan. Jelaskan
jawaban kamu.
|
Kunci
Jawaban |
15
cara |
Pembahasan |
Jika
memilih 2 menu maka ada 4 cara, jika memilih 3 menu maka ada 6 cara, jika
memilih 4 menu maka ad 4 cara, jika memilih 5 menu maka ada 1 cara, sehingga
jumlah semuanya adalah 15 cara |
Pedoman
Penskoran |
Benar
Penuh Kode 2 ( jika siswa menjawab utuh dan benar ) Benar
Sebagian Kode 1 ( jika siswa menjawab Jika memilih 2 menu maka ada 4 cara
atau jika memilih 3 menu maka ada 6 cara ) Tidak
Merespon/Tidak Menjawab Kode 9 Jawaban
Salah Kode 0 |
SOAL AKM 2
Bakteri merupakan makhluk yang berkembang biak dengan cara reproduksi aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual hanya melibatkan satu individu dan tidak melibatkan organ seksual, yaitu dengan membelah diri. Bakteri dapat membelah diri menjadi dua secara langsung dan spontan atau disebut pembelahan biner secara amitosis. Pembelahan biner tersebut dapat digambarkan dengan pola sebagai berikut.
Judul Stimulus |
Pembelahan bakteri |
Tujuan pembelajaran |
Menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan fungsi eksponensial |
Level kognitif |
L2 |
Bentuk Soal |
Pilihan ganda kompleks |
Soal |
Mula-mula terdapat 100 bakteri, kemudian bereproduksi setiap 30 menit berdasarkan pola pembelahan biner. Berilah tanda centang pada kotak di depan pernyataan untuk jawaban-jawaban yang benar. ÿ Setelah 1 jam terdapat 200 bakteri ÿ Setelah 1,5 jam terdapat 800 bakteri ÿ Setelah 2,5 jam terdapat 3.200 bakteri ÿ
Setalah 3,5 jam terdapat 12.800 bakteri ÿ
Setelah 5 jam terdapat 25.600 bakteri |
Kunci Jawaban |
Jawaban 2, 3, dan 4 |
Pedoman Penskoran |
Kode 1 : jawaban benar 0 : jawaban salah 9 : tidak menjawab |
SOAL 2
Judul Stimulus |
Pembelahan bakteri |
||||||||||||||||||
Tujuan pembelajaran |
Menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan fungsi eksponensial |
||||||||||||||||||
Level kognitif |
L2 |
||||||||||||||||||
Bentuk Soal |
Benar dan salah |
||||||||||||||||||
Soal |
Mula-mula terdapat 100 bakteri, kemudian bereproduksi dengan pembelahan biner setiap 30 menit. Akan tetapi, setelah 1,5 jam kemudian sebagian bakteri mati dan hanya tersisa 20%. Apakah pernyataan beriku benar atau salah?
|
||||||||||||||||||
Kunci Jawaban |
Pernyataan 1 : benar Pernyataan 2 : benar Pernyataan 3 : benar Pernyataan 4 : salah Pernyataan 5 : salah |
||||||||||||||||||
Kunci jawaban |
B – B – B – S – S |
||||||||||||||||||
Pedoman Penskoran |
Kode 1 :
jawaban benar 0 :
jawaban salah 9 :
tidak menjawab |
SOAL AKM 3
ALUN-ALUN KOTA WISATA BATU
Alun-alun Kota Batu ini selain berfungsi sebagai taman kota juga banyak dikunjungi wisatawan untuk berekreasi. Hal ini karena fasilitas dan wahana yang ada di taman cukup lengkap. Tidak ada biaya tiket yang dibebankan kepada pengunjung untuk memasuki area Taman Kota. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket jika bermain berbagai wahana yang tersedia. Bianglala atau Ferris Wheel ini menjadi salah satu ikon di Alun-alun Kota Batu. Dari wahana ini pengunjung bisa melihat pemandangan kota bat dari atas ketinggian. Diameternya yang besar juga cukup menantang adrenalin ketika berada di puncak.
Beni bersama teman-temannya berniat untuk liburan ke Alun-alun kota Batu. Mereka sepakat untuk bertemu di rumah Dandi. Saat menuju lokasi, Beni kehabisan bahan bakar dan menghubungi teman-temannya untuk meminta bantuan. Beni melalui aplikasi social media membagikan lokasi terakhirnya. Posisi Beni dan teman-temannya tampak pada peta berikut :
Jarak posisi Candra ke SPBU 3 km dan jarak posisi Candra ke Beni 4 km. Dari posisi Candra, sudut yang dibentuk antara rute menuju posisi Beni dengan posisi SPBU adalah 60 derajat. Sementara itu jarak Farid ke SPBU 3,5 km dan jarak Farid ke Dandi adalah 4 km. Sudut antara rute Beni ke Farid dan Beni ke Dandi sebesar 30 derajat. Sudut antara rute Farid ke Dandi dan Farid ke Beni adalah 90 derajat.
Jika jarak posisi
Genta ke Dandi 7 km dan jarak posisi Genta ke Candra 7,5 km, berilah tanda
centang pada pernyataan-pernyataan berikut ini yang bernilai benar!
A. Jarak posisi Beni ke Dandi sama dengan jarak posisi Genta ke Dandi
B. Jarak posisi Beni ke Dandi 2 kali jarak posisi Farid ke Dandi
C. Jarak posisi Farid ke Beni lebih jauh daripada jarak posisi
Candra ke Beni
D. Jarak posisi Beni ke SPBU lebih jauh daripada jarak posisi Beni ke
Candra
E. Jarak posisi Candra ke Genta lebih dekat daripada posisi Beni ke
Dandi
0 komentar:
Post a Comment