Pages

Monday, September 19, 2022

SOAL NUMERASI SMA ( LITERASI MATEMATIKA SMA ) FREE DOWNLOAD

 SOAL NUMERASI ( LITERASI MATEMATIKA SMA ) 

HASIL PELATIHAN AKM SURABAYA 

( 6-9 SEPTEMBER 2022, HOTEL PLATINUM SURABAYA)



SOAL AKM 1

Mapel

MATEMATIKA

Jenjang

SMA

Capaian

Pembelajaran

Di akhir fase F, peserta didik dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat. Mereka dapat mengidentifikasi dan menjelaskan asosiasi antara dua variabel kategorikal dan antara dua variabel numerikal. Mereka dapat memperkirakan model linear terbaik (best fit) pada data numerikal. Mereka dapat membedakan hubungan asosiasi dan sebab-akibat.

Peserta didik memahami konsep peluang bersyarat dan kejadian yang saling bebas menggunakan konsep permutasi dan kombinasi.

Tujuan Pembelajaran

menentukan banyak kemungkinan yang dapat dipilih jika diberikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kombinasi atau permutasi

Padanan pd KD K13

4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)

Judul Stimulus

: MAKANAN TRADISIONAL KHAS LOMBOK


Stimulus

Pulau Lombok merupakan destinasi wisata populer di Indonesia, pulau yang berdekatan dengan pulau Dewata Bali ini adalah tujuan wisata yang wajib dikunjungi , pasalnya banyak objek wisata yang sangat indah untuk dikunjungi, Disamping wisata alamnya yang eksotik, ternyata wisata kuliner di pulau yang dijuluki pulau “Seribu Masjid” ini juga tidak kalah penting untuk dinikmati, Berikut ini adalah Daftar menu makanan tradisional khas lombok yang ada di Rumah Makan “ Suka Makan”


Sumber : https://infografis.okezone.com/detail/773214/7-makanan-khas-lombok-yang-wajib-dicicipi

SOAL 1

Judul Stimulus

MAKANAN TRADISIONAL KHAS LOMBOK

Indikator

Menghitung banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan kombinasi

Bentuk Soal

PG

Soal

Jika Qonita Mampir di Rumah Makan “ Suka Makan ‘ hitunglah banyak pilihan yang dilakukan jika memilih 3 menu dari menu yang tersedia.

a.       21 cara

b.      35 cara

c.       120 cara

d.      840 cara

e.       5040 cara

Kunci Jawaban

B

Pembahasan

7C3

Pedoman Penskoran

Kode 1

Jawaban Benar

Kode 0

Jawaban Salah

Kode 9

Tidak Menjawab


SOAL 2

Judul Stimulus

MAKANAN TRADISIONAL KHAS LOMBOK

Indikator

Menghitung banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan kombinasi dengan syarat tertentu

Bentuk Soal

Isian singkat

Soal

Jika Qonita diwajibkan memilih 5 Menu, sedangkan menu Ayam Taliwang dan Sate Bulayak Wajib dipilih, tentukan banyak cara yang bisa Qonita Pilih !

 

Kunci Jawaban

10

Pembahasan

Qonita wajib memilih 5 menu, sedangkan 2 menu harus dipilih, berarti tinggal 3 menu lagi yang dia harus pilih dari 5 pilihan menu yang tersisa. Sehingga jawabanya adalah 5C3

Pedoman Penskoran

Kode 1

Jawaban Benar

Kode 0

Jawaban Salah

Kode 9

Tidak Menjawab


SOAL 3

Judul Stimulus

MAKANAN TRADISIONAL KHAS LOMBOK

Indikator

Menghitung banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan aturan penjumlahan dengan syarat tertentu

Bentuk Soal

Uraian

Soal

Menurut Qonita, Menu Ayam Rarang tidak cocok dimakan bersama menu Sate Bulayak atau soto mandalika, sehingga dia menghindari memesan menu tersebut. Jika Qonita memesan Ayam Rarang, tentukan banyak pilihan menu yang dapat dia pilih sehingga dapat dimakan bersamaan. Jelaskan jawaban kamu.

 

Kunci Jawaban

15 cara

Pembahasan

Jika memilih 2 menu maka ada 4 cara, jika memilih 3 menu maka ada 6 cara, jika memilih 4 menu maka ad 4 cara, jika memilih 5 menu maka ada 1 cara, sehingga jumlah semuanya adalah 15 cara

Pedoman Penskoran

Benar Penuh Kode 2 ( jika siswa menjawab utuh dan benar )

Benar Sebagian Kode 1 ( jika siswa menjawab Jika memilih 2 menu maka ada 4 cara atau jika memilih 3 menu maka ada 6 cara )

Tidak Merespon/Tidak Menjawab  Kode 9

Jawaban Salah Kode 0


SOAL AKM 2

Bakteri merupakan makhluk yang berkembang biak dengan cara reproduksi aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual hanya melibatkan satu individu dan tidak melibatkan organ seksual, yaitu dengan membelah diri. Bakteri dapat membelah diri menjadi dua secara langsung dan spontan atau disebut pembelahan biner secara amitosis. Pembelahan biner tersebut dapat digambarkan dengan pola sebagai berikut. 



SOAL 1

Judul Stimulus

Pembelahan bakteri

Tujuan pembelajaran

Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan fungsi eksponensial

Level kognitif

L2

Bentuk Soal

Pilihan ganda kompleks

Soal

Mula-mula terdapat 100 bakteri, kemudian bereproduksi setiap 30 menit berdasarkan pola pembelahan biner. Berilah tanda centang pada kotak di depan pernyataan untuk jawaban-jawaban yang benar.

ÿ        Setelah 1 jam terdapat 200 bakteri

ÿ        Setelah 1,5 jam terdapat 800 bakteri

ÿ        Setelah 2,5 jam terdapat 3.200 bakteri

ÿ        Setalah 3,5 jam terdapat 12.800 bakteri

ÿ        Setelah 5 jam terdapat 25.600 bakteri

Kunci Jawaban

Jawaban 2, 3, dan 4

Pedoman Penskoran

Kode

1 : jawaban benar

0 : jawaban salah

9 : tidak menjawab

SOAL 2

Judul Stimulus

Pembelahan bakteri

Tujuan pembelajaran

Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan fungsi eksponensial

Level kognitif

L2

Bentuk Soal

Benar dan salah

Soal

Mula-mula terdapat 100 bakteri, kemudian bereproduksi dengan pembelahan biner setiap 30 menit. Akan tetapi, setelah 1,5 jam kemudian sebagian bakteri mati dan hanya tersisa 20%. Apakah pernyataan beriku benar atau salah?

 

Pernyataan

Benar

Salah

Banyak bakteri 30 menit kemudian adalah 320.

 

 

Banyak bakteri 1,5 jam kemudian adalah 1.280.

 

 

Banyak bakteri 3,5 jam kemudian adalah 20.480.

 

 

Banyak bakteri 4 jam kemudian adalah 40.060.

 

 

Banyak bakteri 5 jam kemudian adalah 160.040.

 

 

Kunci Jawaban

Pernyataan 1 : benar

Pernyataan 2 : benar

Pernyataan 3 : benar

Pernyataan 4 : salah

Pernyataan 5 : salah

Kunci jawaban

B – B – B – S – S

Pedoman Penskoran

Kode

1          : jawaban benar

0          : jawaban salah

9          : tidak menjawab


SOAL AKM 3

ALUN-ALUN KOTA WISATA BATU

Alun-alun Kota Batu ini selain berfungsi sebagai taman kota juga banyak dikunjungi wisatawan untuk berekreasi. Hal ini karena fasilitas dan wahana yang ada di taman cukup lengkap. Tidak ada biaya tiket yang dibebankan kepada pengunjung untuk memasuki area Taman Kota. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket jika bermain berbagai wahana yang tersedia. Bianglala atau Ferris Wheel ini menjadi salah satu ikon di Alun-alun Kota Batu. Dari wahana ini pengunjung bisa melihat pemandangan kota bat dari atas ketinggian. Diameternya yang besar juga cukup menantang adrenalin ketika berada di puncak.

Beni bersama teman-temannya berniat untuk liburan ke Alun-alun kota Batu. Mereka sepakat untuk bertemu di rumah Dandi. Saat menuju lokasi, Beni kehabisan bahan bakar dan menghubungi teman-temannya untuk meminta bantuan. Beni melalui aplikasi social media membagikan lokasi terakhirnya. Posisi Beni dan teman-temannya tampak pada peta berikut : 

Jarak posisi Candra ke SPBU 3 km dan jarak posisi Candra ke Beni 4 km. Dari posisi Candra, sudut yang dibentuk antara rute menuju posisi Beni dengan posisi SPBU adalah 60 derajat. Sementara itu jarak Farid ke SPBU 3,5 km dan jarak Farid ke Dandi adalah 4 km. Sudut antara rute Beni ke Farid dan Beni ke Dandi sebesar 30 derajat. Sudut antara rute Farid ke Dandi dan Farid ke Beni adalah 90 derajat.


SOAL 1


SOAL 2

Jika jarak posisi Genta ke Dandi 7 km dan jarak posisi Genta ke Candra 7,5 km, berilah tanda centang pada pernyataan-pernyataan berikut ini yang bernilai benar!

A.   Jarak posisi Beni ke Dandi sama dengan jarak posisi Genta ke Dandi

B.    Jarak posisi Beni ke Dandi 2 kali jarak posisi Farid ke Dandi

C.    Jarak posisi Farid ke Beni lebih jauh daripada jarak posisi Candra ke Beni

D.   Jarak posisi Beni ke SPBU lebih jauh daripada jarak posisi Beni ke Candra

E.    Jarak posisi Candra ke Genta lebih dekat daripada posisi Beni ke Dandi



UNTUK FILE LENGKAP BENTUK WORD DOWNLOAD DISINI
SOAL AKM/AN DARI KEMENDIKBUD KLIK DISINI
KUMPULAN MODUL MATEMATIKA DISINI


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog