SOAL NUMERASI SD ( LITERASI MATEMATIKA SD )
HASIL PELATIHAN AKM ( HOTEL PLATINUM SURABAYA, 6-9 SEPTEMBER 2022)
SOAL AKM 1
Mapel |
: Matematika |
Jenjang |
: SD Kelas 1 |
Capaian Pembelajaran |
: Pada
akhir fase A, peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan
panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku.
Peserta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang
(cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam). |
Tujuan Pembelajaran |
:
Membandingkan dan mengurutkan 3 benda nyata atau lebih seperti paling panjang
dan paling pendek, paling tinggi dan paling rendah, paling berat dan paling
ringan |
Padanaan pd KD K13 |
: 3.9.
Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu memakai benda/ situasi
konkret |
Judul Stimulus |
: Tinggi badan keluargaku |
Tinggi Badan Keluargaku
Namaku Agil, aku anak kedua dari 3 bersaudara. Kakakku Zalfa dan adikku Rohil. Saat ini aku duduk di bangku kelas 1 SD. Berikut ini tinggi badan keluargaku.
Sumber : Vectorstock.com
SOAL 1
Judul
Stimulus |
Tinggi
badan keluargaku |
Indikator |
Disajikan stimulus tinggi badan
anggota keluarga peserta didik dapat membandingkan tinggi badan anggota
keluarga |
Level
Kognitif |
L1 |
Bentuk
Soal |
Isian
Singkat |
Soal
|
Anggota keluarga Agil yang paling tinggi adalah . . . |
Kunci
Jawaban |
Ayah |
Pembahasan |
urutan
tinggi badan keluarga Agil dari yang tertinggi adalah Ayah, ibu,
Zalfa(kakak), Agil (aku) , Rohil (adik) |
Pedoman
Penskoran |
Skor
1 : Ayah Skor
0 : Jawaban lainnya |
SOAL 2
Judul Stimulus |
Tinggi badan keluargaku |
Indikator |
Disajikan
stimulus tinggi badan anggota keluarga peserta didik dapat membandingkan
tinggi badan anggota keluarga. |
Level Kognitif |
L1 |
Bentuk Soal |
Pilihan Ganda Kompleks |
Soal |
Berdasarkan
informasi, tentukan pernyataan-pernyataan berikut yang bernilai benar! □ Rohil lebih rendah dari ibu dan
Zalfa □ Ibu lebih tinggi dari Zalfa dan
lebih rendah dari ayah □ Agil lebih tinggi dari Zalfa dan
Rohil |
Kunci Jawaban |
1.
Rohil lebih rendah dari ibu dan
Zalfa 2.
Ibu lebih tinggi dari Zalfa dan
lebih rendah dari ayah |
Pembahasan |
urutan tinggi badan keluarga Agil
dari yang tertinggi adalah Ayah, ibu, Zalfa(kakak), Agil (aku) , Rohil (adik) |
Pedoman Penskoran |
Skor 1 : 1, 2 Skor 0 : Selain 1, 2 |
SOAL 3
Judul Stimulus |
Tinggi badan keluargaku |
Indikator |
Disajikan
stimulus tinggi badan anggota keluarga peserta didik dapat membandingkan
tinggi badan anggota keluarga. |
Level Kognitif |
L3 |
Bentuk Soal |
Uraian |
Soal |
Coba perhatikan Tinggi badan Agil dan saudaranya, buatlah 2 pernyataan menggunakan kata lebih tinggi dan lebih rendah! |
Kunci Jawaban |
-
Zalfa lebih tinggi dari Agil -
Rohil lebih rendah dari Agil -
Agil lebih tinggi dari Rohil -
Rohil lebih rendah dari Zalfa |
Pembahasan |
Tinggi badan saudara agil paling rendah Rohil dan yang paling tinggi
zalfa |
Pedoman Penskoran |
Skor 2 : Memenuhi semua kriteria kunci
jawaban Skor 1 : Jawaban kurang memenuhi
kriteria dari kunci jawaban Skor 0 : Jawaban salah |
SOAL AKM 2
Mapel |
:
Matematika |
Jenjang |
:
Sekolah Dasar |
Capaian
Pembelajaran |
: Peserta didik dapat mengidentifikasi,
meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan
perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. Mereka dapat
menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari yang terkait dengan proporsi. |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta
didik dapat menuliskan, menggambarkan, dan menyelesaikan persamaan dan
pertidaksamaan sederhana menggunakan berbagai bentuk representasi visual,
simbol, dan pernyataan matematika serta menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pola obyek atau bilangan, serta menggunakan rasio untuk menentukan bilangan
yang tidak diketahui. |
Judul
Stimulus |
:
Kedai sari nikmat |
Stimulus:
Perhatikan gambar di bawah ini!
Bang Alif seorang pedagang, membuka kedai dengan nama ' Kedai Sari Nikmat’
Bang Alif memasang tarif makanan dan minuman sesuai dengan iklan berikut ini.
Judul
Stimulus |
Kedai
Sari nikmat |
Indikator |
Siswa
dapat menghitung banyak porsi makanan yang dipesan berdasarkan stimulus. |
Bentuk
Soal |
Pilihan
ganda |
Level |
2 |
Soal
|
Seorang pembeli memesan
beberapa porsi bakso goreng. Pembeli tersebut membayar dengan selembar uang
Rp100.000,00 dan mendapat kembalian sebesar Rp 25.000,00. Banyaknya porsi
bakso goreng yang dibeli oleh pembeli
tersebut adalah ....* A. 3 porsi B. 4 porsi C. 5 porsi D. 6 porsi
|
Kunci
Jawaban |
5
porsi |
Pembahasan |
Harga
1 porsi bakso goreng = Rp. 15.000 Dibayar
100.000 – 25.000 (kembalian) = Rp. 75.000 Jumlah
porsi yang diperoleh = 75.000 / 15.000 = 5 porsi |
Pedoman
Penskoran |
jawaban
Betul : 1 Jawaban
salah : 0 Tidak
menjawab : - |
Judul
Stimulus |
Kedai
Sari nikmat |
|||||||||||||||
Indikator |
Menghitung nilai variabel yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat bilangan sederhana berdasarkan pernyataan pada |
|||||||||||||||
Bentuk
Soal |
Pernyataan
Benar, Salah |
|||||||||||||||
Soal
|
Dwi bersama tiga orang temannya ingin membeli empat porsi
makanan dan aneka minuman senilai Rp 84.000,00 di Kedai sari nikmat pak Alif.
Pilihlah benar atau salah pada setiap
pernyataan berikut terkait makanan dan minuman yang dapat dibeli oleh
Dwi bersama tiga orang temannya! *
|
|||||||||||||||
Kunci
Jawaban |
Penyataan
1 dan 3 Benar, pernyataan 2 dan 4 salah. |
|||||||||||||||
Pembahasan |
1.
4 x 14.000 =
56.000 + 4 x 6.000 = 28.000 56.000 + 28.000 = 84.000 (benar) 2.
40.000 + 28.000 = 68.000 (salah 3.
60.000 + 24.000 = 84.000 (benar) 4.
48.000 + 28.000 = 76.000 (salah
|
|||||||||||||||
Pedoman
Penskoran |
Benar
dan lengkap skor 2 Benar
dan kurang lengkap skor 1 Salah
skor 0 |
Judul
Stimulus |
Kedai
Sari nikmat |
||||||||||||||||
Indikator |
Siswa
dapat memilih pernyataan yang tepat berdasarkan gambar |
||||||||||||||||
Bentuk
Soal |
Menjodohkan
/ memasangkan |
||||||||||||||||
Soal
|
Jika
Dewi bersama tiga orang temannya setelah membeli
empat porsi makanan dan aneka minuman senilai Rp 84.000,00 kemudian memabayar
dengan 1 lembar uang 100,000,- dan kembaliannya dipakai untuk membeli
beberapa porsi makanan dan minuman. Pasangkan berapa porsi makanan atau
minuman yang diperoleh Dewi dan teman-temannya.
|
||||||||||||||||
Kunci
Jawaban |
2
porsi ----- Seblak telur, 4 gelas
----- pop ice |
||||||||||||||||
Pembahasan |
2
porsi seblak telur = 2 x 8.000 = Rp.
16.000 4
gelas pop ice = 4 x 4.000 = Rp. 16.000 |
||||||||||||||||
Pedoman
Penskoran |
Benar
semua = 2 Benar
sebagian = 1 Salah
= 0 |
Mapel |
:
Matematika |
Jenjang |
:
SD Kelas 1 |
Capaian Pembelajaran |
: Pada akhir Fase A,
peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung dan
membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang
benda menggunakan satuan tidak baku. |
Tujuan
Pembelajaran |
: Membandingkan dan mengurutkan 3 benda nyata
atau lebih seperti paling panjang dan paling pendek, paling tinggi dan paling
rendah, paling berat dan paling ringan |
Padanaan
pd KD K13 |
: 3.9. Membandingkan panjang, berat, lamanya
waktu, dan suhu memakai benda/ situasi konkret |
Judul
Stimulus |
:
Bermain Layangan |
Judul
Stimulus |
Bermain Layangan |
Indikator |
Disajikan stimulus
anak – anak bermain layangan, peserta didik dapat menentukan posisi layangan
dengan benar. |
Level
Kognitif |
L2 |
Bentuk
Soal |
Pilihan
Ganda Kompleks |
Soal |
Berdasarkan
informasi, tentukan pernyataan – pernyataan berikut yang bernilai
benar! □ Layangan Ani naik
lebih tinggi dari layangan Susi □ layangan Susi naik lebih tinggi dari layangan
Yogi |
Kunci
Jawaban |
Layangan
Ani lebih rendah dari layangan Susi Layangan
Yogi lebih tinggi dari layangan Ani dan lebih rendah dari layangan Susi Layangan
Susi naik lebih tinggi dari layangan Yogi |
Pembahasan |
Layangan
Susi paling tinggi diantara layangan Yogi dan Ani. Layangan
Yogi lebih tinggi dari layangan Ani. Layangan
Ani lebih rendah dari layangan Yogi dan Susi. |
Pedoman Penskoran |
Skor
1 : 1, 2 Skor
0 : Selain 1, 2 |
Judul
Stimulus |
Bermain Layangan |
Indikator |
Disajikan stimulus
anak – anak bermain layangan, peserta didik dapat menentukan posisi layangan
dengan benar. |
Level
Kognitif |
L3 |
Bentuk
Soal |
Uraian singkat |
Soal |
Sumber: https://cutewallpaper.org/24/kite-flying-cliparts/view-page-24.html Dari
gambar di atas, buatlah cerita dengan menggunakan kata lebih rendah, lebih
tinggi dan paling tinggi! Masing – masing 1 kalimat. |
Kunci
Jawaban |
Kemungkinan jawaban siswa: Layangan merah lebih rendah dari
layangan biru. Layangan biru lebih tinggi dari
layangan merah. Layangan jingga paling tinggi
dibandingkan layangan merah dan biru. Layangan merah dan biru lebih
rendah dari layangan jingga. |
Pembahasan |
Dilihat dari posisi layangan yang
sudah dinaikan oleh beberapa anak. |
Pedoman Penskoran |
Skor 2 : Memenuhi
semua kriteria kunci jawaban Skor 1 : Jawaban
kurang memenuhi kriteria atau kunci jawaban Skor 0 : Jawaban
salah |
0 komentar:
Post a Comment