Pages

Monday, September 19, 2022

SOAL NUMERASI SD ( LITERASI MATEMATIKA SD ) FREE DOWNLOAD

 SOAL NUMERASI SD ( LITERASI MATEMATIKA SD )

HASIL PELATIHAN AKM ( HOTEL PLATINUM SURABAYA, 6-9 SEPTEMBER 2022)



SOAL AKM 1

Mapel

: Matematika

Jenjang

: SD Kelas 1

Capaian

Pembelajaran

: Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku. Peserta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam).

Tujuan Pembelajaran

: Membandingkan dan mengurutkan 3 benda nyata atau lebih seperti paling panjang dan paling pendek, paling tinggi dan paling rendah, paling berat dan paling ringan

Padanaan pd KD K13

: 3.9. Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu memakai benda/ situasi konkret

Judul Stimulus

: Tinggi badan keluargaku

Tinggi Badan Keluargaku

Namaku Agil, aku anak kedua dari 3 bersaudara. Kakakku Zalfa dan adikku Rohil. Saat ini aku duduk di bangku kelas 1 SD. Berikut ini tinggi badan keluargaku.

Sumber : Vectorstock.com

SOAL 1

Judul Stimulus

Tinggi badan keluargaku

Indikator

Disajikan stimulus tinggi badan anggota keluarga peserta didik dapat membandingkan tinggi badan anggota keluarga

Level Kognitif

L1

Bentuk Soal

Isian Singkat

Soal

Anggota keluarga Agil  yang paling tinggi adalah . . .

Kunci Jawaban

Ayah

Pembahasan

urutan tinggi badan keluarga Agil dari yang tertinggi adalah Ayah, ibu, Zalfa(kakak), Agil (aku) , Rohil (adik)

Pedoman Penskoran

Skor 1 : Ayah

Skor 0 : Jawaban lainnya


SOAL 2

Judul Stimulus

Tinggi badan keluargaku

Indikator

Disajikan stimulus tinggi badan anggota keluarga peserta didik dapat membandingkan tinggi badan anggota keluarga.

Level Kognitif

L1

Bentuk Soal

Pilihan Ganda Kompleks

Soal

Berdasarkan informasi, tentukan pernyataan-pernyataan berikut yang bernilai benar!

Rohil lebih rendah dari ibu dan Zalfa

Ibu lebih tinggi dari Zalfa dan lebih rendah dari ayah

Agil lebih tinggi dari Zalfa dan Rohil

Kunci Jawaban

1.       Rohil lebih rendah dari ibu dan Zalfa

2.       Ibu lebih tinggi dari Zalfa dan lebih rendah dari ayah

Pembahasan

urutan tinggi badan keluarga Agil dari yang tertinggi adalah Ayah, ibu, Zalfa(kakak), Agil (aku) , Rohil (adik)

Pedoman Penskoran

Skor 1 : 1, 2

Skor 0 : Selain 1, 2

SOAL 3

Judul Stimulus

Tinggi badan keluargaku

Indikator

Disajikan stimulus tinggi badan anggota keluarga peserta didik dapat membandingkan tinggi badan anggota keluarga.

Level Kognitif

L3

Bentuk Soal

Uraian

Soal

Coba perhatikan Tinggi badan Agil dan saudaranya, buatlah 2 pernyataan menggunakan  kata lebih tinggi dan lebih rendah!

Kunci Jawaban

-     Zalfa lebih tinggi dari Agil

-     Rohil lebih rendah dari Agil

-     Agil lebih tinggi dari Rohil

-          Rohil lebih rendah dari Zalfa

 

Pembahasan

Tinggi badan saudara agil  paling rendah Rohil dan yang paling tinggi zalfa

Pedoman Penskoran

Skor 2 : Memenuhi semua kriteria kunci jawaban

Skor 1 : Jawaban kurang memenuhi kriteria dari kunci jawaban

Skor 0 : Jawaban salah


SOAL AKM 2

Mapel

: Matematika

Jenjang

: Sekolah Dasar

Capaian

Pembelajaran

: Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan, menggambarkan, dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan sederhana menggunakan berbagai bentuk representasi visual, simbol, dan pernyataan matematika serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola obyek atau bilangan, serta menggunakan rasio untuk menentukan bilangan yang tidak diketahui.

Judul Stimulus

: Kedai sari nikmat


Stimulus:

Perhatikan gambar di bawah ini!

Bang Alif  seorang pedagang, membuka kedai dengan nama ' Kedai Sari Nikmat’ 

Bang Alif memasang tarif makanan dan minuman sesuai dengan iklan berikut ini.


SOAL 1

Judul Stimulus

Kedai Sari nikmat

Indikator

Siswa dapat menghitung banyak porsi makanan yang dipesan berdasarkan stimulus.

Bentuk Soal

Pilihan ganda

Level

2

Soal

Seorang pembeli memesan beberapa porsi bakso goreng. Pembeli tersebut membayar dengan selembar uang Rp100.000,00 dan mendapat kembalian sebesar Rp 25.000,00. Banyaknya porsi bakso goreng yang dibeli oleh  pembeli tersebut adalah ....*

 A. 3 porsi

 B. 4 porsi

 C. 5 porsi

D. 6 porsi

 

Kunci Jawaban

5 porsi

Pembahasan

Harga 1 porsi bakso goreng = Rp. 15.000

Dibayar 100.000 – 25.000 (kembalian) = Rp. 75.000

Jumlah porsi yang diperoleh = 75.000 / 15.000 = 5 porsi

Pedoman Penskoran

jawaban Betul : 1

Jawaban salah : 0

Tidak menjawab : -


SOAL 2

Judul Stimulus

Kedai Sari nikmat

Indikator

Menghitung  nilai variabel yang belum diketahui dalam sebuah kalimat bilangan sederhana berdasarkan pernyataan pada

Bentuk Soal

Pernyataan Benar, Salah

Soal

Dwi bersama tiga orang temannya ingin membeli empat porsi makanan dan aneka minuman senilai Rp 84.000,00 di Kedai sari nikmat pak Alif. Pilihlah benar atau salah pada setiap  pernyataan berikut terkait makanan dan minuman yang dapat dibeli oleh Dwi bersama tiga orang temannya! *

Pernyataan

Benar

Salah

1.       4 porsi nasi paket ayam dan 4 gellas juice alpukat.

 

 

2.       4 porsi nasi paket telur dan 4 gelas juice strowberry.

 

 

3.       4 porsi bakso goreng dan 4 gelas juice jeruk

 

 

4.       4 porsi bakso biasa dan 4 gelas juice mangga

 

 

 

Kunci Jawaban

Penyataan 1 dan 3 Benar, pernyataan 2 dan 4 salah.

Pembahasan

1.   4 x 14.000 = 56.000 + 4 x 6.000 = 28.000

    56.000 + 28.000 = 84.000  (benar)

2. 40.000 + 28.000 = 68.000 (salah

3. 60.000 + 24.000 = 84.000 (benar)

4. 48.000 + 28.000 = 76.000 (salah

                                                                                        

Pedoman Penskoran

Benar dan lengkap skor 2

Benar dan kurang lengkap skor 1

Salah skor 0


SOAL 3

Judul Stimulus

Kedai Sari nikmat

Indikator

Siswa dapat memilih pernyataan yang tepat berdasarkan gambar

Bentuk Soal

Menjodohkan / memasangkan

Soal

Jika Dewi bersama tiga orang temannya setelah membeli empat porsi makanan dan aneka minuman senilai Rp 84.000,00 kemudian memabayar dengan 1 lembar uang 100,000,- dan kembaliannya dipakai untuk membeli beberapa porsi makanan dan minuman. Pasangkan berapa porsi makanan atau minuman yang diperoleh Dewi dan teman-temannya.

Pop ice

1 porsi

 

Juice mangga

2 porsi

 

Seblak telur

3 gelas

 

 

4 gelas

 

Kunci Jawaban

2 porsi ----- Seblak telur,      4 gelas ----- pop ice

Pembahasan

2 porsi seblak telur = 2 x 8.000  = Rp. 16.000

4 gelas pop ice  = 4 x 4.000       = Rp. 16.000

                             

Pedoman Penskoran

Benar semua = 2

Benar sebagian = 1

Salah = 0


SOAL AKM 3

Mapel

: Matematika

Jenjang

: SD Kelas 1

Capaian 

Pembelajaran

: Pada akhir Fase A, peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

Tujuan Pembelajaran

: Membandingkan dan mengurutkan 3 benda nyata atau lebih seperti paling panjang dan paling pendek, paling tinggi dan paling rendah, paling berat dan paling ringan

Padanaan pd KD K13

: 3.9. Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu memakai benda/ situasi konkret

Judul Stimulus

: Bermain Layangan


Stimulus



SOAL 1

Anak – anak sedang bermain layangan di lapangan kosong kompleks rumah. Ani pemilik layangan berwarna merah, Yogi pemilik layangan berwarna biru dan Susi pemilik layangan berwarna jingga.
Layangan susi terbang … dibanding layangan Yogi

SOAL 2

Judul Stimulus

Bermain Layangan

Indikator

Disajikan stimulus anak – anak bermain layangan, peserta didik dapat menentukan posisi layangan dengan benar.

Level Kognitif

L2

Bentuk Soal

Pilihan Ganda Kompleks

Soal 

Berdasarkan informasi, tentukan pernyataan – pernyataan berikut yang bernilai benar! 

□ Layangan Ani naik lebih tinggi dari layangan Susi
□ Layangan Yogi lebih rendah dari layangan Ani dan Susi

□ layangan Susi naik lebih tinggi dari layangan Yogi

Kunci Jawaban

Layangan Ani lebih rendah dari layangan Susi

Layangan Yogi lebih tinggi dari layangan Ani dan lebih rendah dari layangan Susi

Layangan Susi naik lebih tinggi dari layangan Yogi

Pembahasan

Layangan Susi paling tinggi diantara layangan Yogi dan Ani.

Layangan Yogi lebih tinggi dari layangan Ani.

Layangan Ani lebih rendah dari layangan Yogi dan Susi.

Pedoman Penskoran

Skor 1 : 1, 2

Skor 0 : Selain 1, 2


SOAL 3

Judul Stimulus

Bermain Layangan

Indikator

Disajikan stimulus anak – anak bermain layangan, peserta didik dapat menentukan posisi layangan dengan benar.

Level Kognitif

L3

Bentuk Soal

Uraian singkat

Soal 

Sumber: https://cutewallpaper.org/24/kite-flying-cliparts/view-page-24.html

Dari gambar di atas, buatlah cerita dengan menggunakan kata lebih rendah, lebih tinggi dan paling tinggi! Masing – masing 1 kalimat.

Kunci Jawaban

Kemungkinan jawaban siswa:

Layangan merah lebih rendah dari layangan biru.

Layangan biru lebih tinggi dari layangan merah.

Layangan jingga paling tinggi dibandingkan layangan merah dan biru.

Layangan merah dan biru lebih rendah dari layangan jingga.

Pembahasan

Dilihat dari posisi layangan yang sudah dinaikan oleh beberapa anak.

Pedoman Penskoran

Skor 2 : Memenuhi semua kriteria kunci jawaban

Skor 1 : Jawaban kurang memenuhi kriteria atau kunci jawaban

Skor 0 : Jawaban salah


DOWNLOAD SOAL AKM NUMERASI SD VERSI FULL KLIK DISINI

SOAL NUMERASI SMA KLIK DISINI

BANK SOAL AKM/AN KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog