Pages

Wednesday, February 26, 2020

SOAL SOSIAL KEPRIBADIAN PPG

SOAL SOSIAL KEPRIBADIAN PPG


1.      Dalam kelompok dimana anda tinggal, terdapat salah seorang warga yang jarang bahkan tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Sebenarnya ketua RT sudah beberapa kali mengingatkan untuk ikut berpartisipasi tetapi warga yang satu ini tetap tidak berubah. Pada rapat warga RT, diputuskan bahwawarga ini secepatnya harus diusir dari kompleks tersebut karena status warga ini adalah warga kontrak (bukan warga asli). Sebagai guru apa yang anda lakukan?
a.          Meminta jangan terlalu cepat mengeksekusi keputusan tersebut sebelum diklarifikasi penyebab ketidakaktifan warga tersebut
b.         Menolak keputusan itu karena jika keputusan itu dieksekusi bukan tidak mungkin akan menimbulkan kegaduhan dalam masyarakat dan berdampak luas
c.          Meminta jangan terlalu cepat mengeksekusi keputusan tersebut karena anda akan mengajak bicara 4 mata agar warga tersebut mau berpartisipasi
d.         Menolak keputusan itu karena setiap warga Negara (meskipun warga kontrak) memiliki hak yang sama untuk tinggal diwilayah manapun di Negara ini
e.          Meminta aparat pedesaan/kelurahan agar segera turun tanga untuk mencegah pengusiran warga diwilayah anda
2.      Seorang wali murud yang anaknya terlibat konflik dengan teman sekelas mendatangi guru dengan penuh emosi untuk meminta pertangungjawaban. Pernyataan yang patut digunakan oleh guru tersebut adalah….
a.          “baik silahkan bapak duduk dan menceritakan masalah yang terjadi agar kita dapat menemukan solusi atas masalah ini”
b.         “silahkan bapak duduk dan tenangkan diri bapak setelah itu kita akan bicara hari ini”
c.          “bisakah kita bicarakan hal ini dengan baik-baik pak? Tidak menggunakan luaoan emosi yang tak terkendali seperti ini”
d.         “tolong anda bicara yang sopan karena ini adalah sekolah, jika tetap seperti ini silahkan anda tinggalkan ruangan ini”
e.          “maaf bapak, bisakah bapak bicara dengan sopan agar ditemukan solusinya?”
3.      Disekitar sekolah tempat anda bekerja sering dijumpai siswa maupun warga masyarakat membuang sampah sembarnagn dan mengotori lingkungan. Disekitar tempat itu sudah diberikan tulisan peringatan serta aturan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Sebagai guru anggota warga sekolah apa yang akan anda lakukan?
a.       Dibiarkan saja, jika sampah berserakan dan menganggu lingkungan, maka warga sekolah dan masyarakat akan sadar dengan sendirinya.
b.      Bersama warga sekolah dan masyarakat melakukan kerja bakti satu bulan sekali, sehingga tumbuh kesadaran bersama.
c.       Bersama warga sekolah dan masyarakat memberikan teguran pada siapa saja yang berperilaku membuang sampah sembarangan
d.      Memperbanyak tulisan larangan keras mebuang sampah secara sembarangan agar warga tidak sembarangan membuang sampah.
e.       Bersama warga sekolah dan masyarakat meningkatkan gerakan membuang sampah pada tempatnya dengan menyediakan tempat sampah strategis secara memadai.
4.      Sebagai narasumber dalam sebuah forum ceramag program parenting, anda ditanya oleh orang tua peserta didik pada sesi Tanya jawab tentang “Bagaimana menegakkan disiplin bagi anak-anak dirumah yang efektif ” jawaban anda adalah….
a.       Penegakkan disiplin bagi anak memerlukan keteladanan dari orang tua atau orang dewasa disekitarnya
b.      Pembiasaan disiplin yang dilakukan berulang-ualng akan menjadikan anak berperilaku disiplin.
c.       Anak dipaksa disiplin, dengan terpaksa akan menjadi biasa, dank arena biasa makan akan menjadi budaya
d.      Selalu mengingatkan dan atau memberi hukuman bagi anak yang melanggar disiplin agar idak terulang
e.       Selalu memberi hadiah dan atau penguatan bagi anak yang berbuat disiplin dalam kehidupan dirumah.
5.      Anda adalah guru disebuah SMP yang termasuk kategori favorit. Pada peneriman siswa baru dengan system zonasi anda diminta tolong tetangga agar anaknya (diluar zona) bisa diterima disekolah anda. Nilai ujian nasional anak tersebut pada posisi sedikit diatas rata-rata. Apa yang akan anda lakukan?
a.       Memenuhi permintaan tetangga dengan syarat nilainya memungkinkan untuk diterima
b.      Memberikan penjelasan bahwa system zonasi tidak serta merta siapapun bisa diterima
c.       Menyampaikan keinginan tetangga tersebut kepada kepala sekolah
d.      Menolak permintaan tersebut karena aturan system zonasi sudah jelas
e.       Menyarankan tetangga agar tidak terlalu mendambakan anaknya diterima disekolah favorit
6.      Anda mengabdi disebuah sekolah yang mayoritas siswa dan gurunya beragama islam dan beberapa kali mendapati siswa non muslim sedang makan ditempat terbuka, pada saat bulan Ramadhan. Sebagai seorang pendidik apa yang akan anda lakukan?
a.       Memberikan nasehat kepada mereka yang makan ditempat terbuka, bahwa hal tersebut dapat menganggu ibadah teman-teman muslim
b.      Meminta guru agama dan penasehat agama non muslim diseokolah dapat memberikan pengertian pada siswa agar tidak makan ditempat terbuka
c.       Mengumpulkan siswa non muslim dan memberikan pengertian agar dapat menghormati teman-temannyanyang sedang ibadah puasa
d.      Membuat tulisan ditempat-tempat strategis disekolah untuk tidak makan ditempat terbuka
e.       Seharusnya tidak merasa terganggu dengan apa yang telah dilakukan oleh teman non  muslim karena ia sedang tidak berpuasa
7.      Kepolisian memiliki istilah POLWAN yang artinya Polisi wanita. Bagaimana pendapat anda tentang istilah Polwan?
a.       Penggunaan istilah polwan justru diskriminatif karena seolah-olah polisi berjenis kelamin wanita itu istimewa
b.      Profesi apapun seharusnya tidak mengkhuskan untuk jenis kelamin tertentu atau seolah-olah tidak cocok untuk jenis kelamin tertentu
c.       Polisi dan tentara memang cocok disandang para laki-laki sehingga penggunaan istilah polwan itu untuk menunjukkan hal lebih spesifik
d.      Sebaiknya istilah polwan ditiadakan sebab pada profesi lain tidak ada GURWAN (Guru Wanita), DOKWAN (Dokter Wanita)
e.       Pria dan wanita memiliki kedudukan dan hak yang sama untuk menduduki profesi apapun secara professional
8.      Pada rapat dewan guru akhir tahun, kepala sekolah meminta dari setiap guru terhadap kinerja kepala sekolah selama setahun terakhir. Sebagai guru apa yang akan anda lakukan?
a.          Menyampaikan capaia atau prestasi yang diraih kepala sekolah selama setahun terakhir
b.         Menyampaikan keberhasilan dan juga kegagalan program selama setahun terakhir
c.          Memberi masukan berkait kegagalan beberapa program selama setahun terakhir
d.         Mengkritik secara langsung dengan bijak dalam forum rapat berkait kelemahan kepala sekolah
e.          Kelemahan kepala sekolah tidak etis jika disampaikan secara lisan dalam rapat
9.      Disekolah tempat anda bekerja sering dijumpai para siswa yang membua g sampah sembarangan dan mengotori kelas. Sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk menjaga kebersihan serta keindahan sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan tauladan, berikan solusi atas permasalahan ini!
a.          Karena ada petugasnya masing-masing sebaiknya saya memilih berdiam diri untuk menghindari kesalah pahaman
b.         Bersama-sama seluruh komponen sekolah, untuk memberikan contoh perilaku baik termasuk membuang sampah pada tempatnya
c.          Saya menemui siswa yang berperilaku membuang sampah sembarangan serta memberikan teguran langsung
d.         Saya akan lebih aktif mengiatkan gerakan buang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah pada di lokasi srtategis
e.          Saya meminta kepala sekolah agar turun langsung menangani masalah ini denagn memberikan sanksi agar pelakunya jera
10.  Adanya kantin kejujuran diharapkan dapat memberikan pelajaran mengenai sebuah kejujuran itu sangat penting, sekecil apapun. Namun kenyataannya masih ada siswa yang mengabaikannya, apa yang akan lakukan sebagai guru jika nasihat kejadian tersebut secara langsung?
a.          Langsung memasukkannya pada buku catatan pelanggar aturan
b.         Mengajaknya mengobrol untuk menayakan alasan siswa tersebut berperilaku seperti itu
c.          Memasang kamera CCTV disekitarlokasi sebagai pengawas
d.         Mencoba menhampiri dan menegurnya dengan hati-hati
e.          Menangkap basah pelaku agar jelas dan siswa tidak menirunya
11.  Disekolah ternama dengan mayoritas siswa dari ekonomi menengah keatas, terdapat seklompok siswa kurang mampu sebagai penerima beasiswa. Dalam pergaulan, siswa kurang mampu sering mendapat ejekan siswa ekonomi menengah keatas. Sebagai guru kelas bagaimana anda menyikapi hal tersebut.
a.          Memberikan nasihat kepada seluruh siswa didalam kelas agar tidak membeda-bedakan teman dan meminta sesama teman didalam maupun diluar kelas
b.         Memanggil dan mempertemukan siswa yang saling ejek untuk saling memaafkan dan tidak mengulang tindakan tersebut
c.          Meminta agar semua siswa mampu berteman dengan siapa saja, karena pertemanan merupakan hal penting
d.         Memberikan hukuman pada siswa yang suka mem-bully temannya yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah
e.          Mengapresiasi siswa yang tidak suka mem-bully temannya yang berasal dari ekonomi menegah ekonomi kebawah
12.  Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya….
a.          Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknya
b.         Peka terhadap perbedaan siswa serta berperan menunbuhkan sikap saling menghargai antar siswa satu dengan lainnya.
c.          Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
d.         Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman
e.          Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang sama
13.  Ketika anda berangkat ke sekolah naik sepeda motor, berpapasan dengan siswa anda (Siswa SMA) berangkat ke sekolah juga naik sepeda motor tanpa memakai helm pengaman, apa yang akan anada lakukan?
a.          Sesampai disekolah anda menasehati siswa tersebut agar disiplin mamakai helm
b.         Menegur dengan tegas siswa anda untuk pulang kerumah dan memakai helm
c.          Melaporkan kepada wali kelas atas kejadian tersebut agar siswa tersebut dinasehati
d.         Sesampai disekolah memarahi siswa tersebut dan memberikan hukuman agar jerah
e.          Memberi helm kepada siswa tersebut agar dipakai berangkat sekolah
14.  Tetangga sebelah anda mengalami kecelakaan yang parah sehingga harus masuk ICU di RS terdekat. Anda sebagi guru diminta bantuan untuk mengurus asuransi jasa raharja. Apa yang akan anda lakukan?
a.          Menyarankan untuk meminta bantuan kepada tetangga lain yang berprofesi sebagai polisi untuk mempercepat proses
b.         Memenuhi prmintaan tersebut meskipun anda tidak tahu bagaimana proses mengurus asuransi jasa raharja
c.          Menayarankan kepada salah satu keluarga untuk mengurus sendiri dengan anda beri petunjuk secukupnya
d.         Memenuhi permintaan tersebut dengan meminta salah satu keluarga untuk menemani agar tidak menimbulkan kecurigaan
e.          Meminta maaf dengan tulus karena anda harus menyiapkan Ujian nasional yang diselenggarakan esok hari
15.  Pada sebuah rapat dewan guru untuk membicarakan kenaikan kelas. Anda dicecar oleh kepala sekolah dan guru lain karena anda berencana menjadikan salah satu siswa TIDAK NAIK KELAS. Alas an tidak naik kelas adalah karena anak tersebut nilainya rendah dan malas masuk kelas. Sementara kepala sekolah dan guru lain mencecar anda karena sekolah domana anda mengajar adalah sekolah swasta dengan jumlah siswa sedikit. Jika ada yang tidak naik kelas tentum akan mengurangi animo disekoahnitu. Apa yang akan anda lakukan?
a.          Menerima keputusan untuk menaikkan siswa tersebut agar tidak mengurangi animo
b.         Tetap menjadikan siswa tersebut tidak naik kelas tetapi anda memberikan bimbingan khusus
c.          Menerima keputusan menaikkkan siswa tersebut dan anda mengundurkan diri sebagai guru
d.         Menolak keputusan tersebut dan anda meninggalkn  rapat tersebut dengan kecewa
e.          Meyakinkan peserta rapat baahwa tidak naik kelas tidak berdampak pada penurunan animo
16.  Sebagai guru anda memiliki warung makan yang pelanggannya sangat banyak karena tempatnya persis disamping universitas yayasan katolik. Pelangganya sebagian besar mahasiswa di Universitas itu. Sebagai pemilik warung apa yang anda lakukan pada bulan ramadhan?
a.          Tetap buka waung karena kalau tutup kasihan kepada mahasiswa di Univerdsitas itu tentu akan kesulitan mencari makan siang
b.         Menutup waeung makan itu selama bulan ramadhan karena warung makan bukan sumber penghasilan utama
c.          Membuka warung makan itu pada saat menjelang makan sahur dan menjelang buka puasa sampai malam
d.         Tetap buka warung tetapi menyarankan pelanggan untuk makan ditempat tersembunyi agar tidak dilihat orang yang lewat
e.          Menutup warung pada awal bulan ramadhan dan buka kembali seperti biasa setelahnya
17.  Seorang guru wali kelas mendapati salah satu siswa di kelasnya merupakan anak dari kepala sekolah yang suka gaduh saat pelajaran, tidak mau mengerjakan tugas, dan senang bolos sekolah. Siswa tersebut terancam tidak naik kelas, jika seandainya anda sebagai guru dari siswa itu?
A.    Mempertimbangkan rasa segan kepada sekolah sehingga membantu siswa agar mencapai nilai yang baik sehingga naik kelas
B.     Memberikan nasihat dan teguran pada siswa agar perilakunya dapat berubah meskipun siswa itu anaknya sepala sekolah
C.     Tetap asertif pada orang tua siswa tanpa membedakan status agar oarang tua memberikan perhatian dan nasihat untuk mencapai solusi permasalahan demi kebaikan siswa
D.    Membiarkan masalah anak tersebut diselesaikan oleh guru BK agar memperoleh solusi terbaik
E.     Karena segan, menambahkan poin nilai siswa tersebut sehingga bisa naik kelas sebagaimana teman lainnya
18.  Pada bulan ramadhan, sekolah mengadakan kegiatan sholar dhuha bersama yang diterapkan pada seluruh siswa muslim. Oleh karena pada hari-hari biasanya tidak pernah diadakan, terdapat beberapa siswa yang tidak ikut melaksanakan kegiatan tersebut. Anda juga mendapati guru lain yang tahu tentang hal itu, namun membiarkannya. Sebagai seorang guru, apa yang anda lakukan pada kasus tersebut?
A.    Bersikap seperti guru yang lain, dan meyakini bahwa siswa tersebut akan sadar dengan sendirinya dan ikut menjalankan ibadah sholat dhuha
B.     Memberikan nasehat secara langsung dengan baik untuk mengikuti kegiatan sekolah agar tidak mempengaruhi temannya yang rajin sholat dhuha
C.     Melaporkan siswa tersebut pada guru BK , untuk ditindaklanjuti sehingga tidak ada lagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan sekolah
D.    Memberikan sangsi pada siswa yang tidak mengikuti sholat dhuha dan memantau perubahan yang terjadi dari hari ke hari supaya rajin mengikuti sholat dhuha
E.     Menemui siswa secara langsung tentu mencari tahu masalah yang dihadapi siswa yang mungkin menganggu kegiatan tersebut dan membantu menyelesaikannya.
19.  Sekolah anda menerapkan presensi kehadiran dan kepulangan berbasis online. Setiap pagi pukul 07.00 guru harus presensi kehadiran di depan komputer yang disediakan sekolah. Begitu juga pada saat kepulangan pukul 15.30 . seorang guru harus melakukan presensi kepulangan didepan komputer yang disediakan sekolah. Suatu hari kerja pada pukul 15.15, anda memperolah kabar kalau anak anda sakit dan minta diantar ke rumah sakit. Apa yang akan anda lakukan?
A.    Melakukan presensi kepulangan meskipun belum saatnya pulang untuk segera mengantar anak ke rumah sakit
B.     Meminta izin kepada kepala sekolah untuk pulang segera agar dapat mengantar anak ke rumah sakit
C.     Menunggu 15 menit untuk melakukan presensi online dan kemudian bergegas pulng untuk mengantar ana ke rumah sakit
D.    Meminta tolong admin sekolah atas izin kepala sekolah mengpresensikan kepulangan anda agar anda dapat segera pulang
E.     Mengklarifikasi sakitnya apa dan meminta orang dirumah untuk menunggu sampai anda pulang ke rumah
20.  Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa orang tua selalu otoriter. Siswa merasa terkekang karena terpaksa menuruti keinginan orang tuanya yang dinilainya terlalu berat. Sang orang tua akan marah jika siswa menghiraukan perintahnya. Sebagai guru yang mendapat keluhan tersebut, apa yang akan anda lakukan?
A.    Melakukan kunjungan rumah, untuk menemukan kebenaran hal ini, serta menyampaikan keluhan anak pada orang tuanya
B.     Menyampaikan perihal ini pada guru BK sekolah, serta merencanakan pertemuan bersama yang melibatkan orang tua, siswa dan wali kelas.
C.     Menfasilitasi pertemuan antara orang tua dan anak agar terjadi dialog, sehingga terjadi pengertian kebutuhan masing-masing
D.    Memanggil orang tua dan memberikan nasehat agar tidak terlalu memaksakan kehendak pada si anak
E.     Memberikan nasehat pada si anak untuk bersabar, bahwa apa yang dilakukan orang tua demi kebaikannya

21.  Anda sebagai guru professional dituntut untk harus mengembangkan diri. Untuk itu, kepala sekolah mendorong setiap guru memenuhi tuntutan tersebut. Namun, tidak ada anggaran biaya yang diberikan untuk peningkatan diri tersebut. Menanggapi tuntutan tersebut, Anda melakukan apa?
A.    Saya mengikuti setiap kegiatan pelatihan dan pendidikan guru sesuai dengan kemampuan biaya sendiri
B.     Saya merencanakan dan mengikuti kegiatan pengembangan diri, denga menabung uang untuk biaya sendiri atau mencari sponsor
C.     Saya mencari dan mempelajari materi peningkatan kualitas guru dalam dunia maya secara mandiri
D.    Saya melakukan studi banding dalam rangka pengembangan diri sebagai guru profesional
E.     Saya mau mengikuti kegiatan peningkatan kualitas guru ketika ada sponsor dana dari pihak sekolah atau lembaga lain

22.  Mengerjakan satu pekerjaan sampai tuntas sering tidak cukup bagi guru. Berbagai tugas diberikan kepada saya. Tanggapan saya terhadap beban dari melakukan tugas yang berbeda-beda adalah ….
A.    Saya tidak suka melakukan tugas yang ditentukan oleh orang lain
B.     Saya tidak tahan dengan tugas yang berubah-ubah
C.     Tugas yang bervariasi bisa menimbulkan kesulitan bagi saya
D.    Tugas yang bervariasi bias lebih sulit dilakukan, namun saya yakin mampu
E.     Tugas yang bervariasi membuat pekerjaan menjadi semakin menarik

23.  Ketika kepala sekolah memberikan tugas yang sulit, maka saya ….
A.    Menganggap tugas sulit tersebut sebagai hal yang membebani dalam bekerja
B.     Menganggap tugas tersebut perlu dipertimbangkan kembali agar tidak menurunkan motivasi bawahan
C.     Menganggap tugas tersebut sebagai tantangan untuk belajar lagi
D.    Meminta bimbingan dari sejawat guru yang telah berpengalaman
E.     Mempertimbangkan kemampuan saya dalam menyelesaikan tugas

24.  Saya sering dipandang sebagai orang yang ….
A.    Terbuka pada setiap pendapat
B.     Suka berteman dengan orang yang memiliki kesamaan
C.     Berpikiran positif dan tidak mudah dipengaruhi
D.    Suka mengubah topic pembicaraan jika sudah jenuh
E.     Tidak cepat akrab dengan orang lain

25.  Anda berjanji dengan siswa yang bercerita tentang rahasia dirinya untuk tidak membocorkan pada siapapun. Setelah berjalan sekian waktu, Anda sadar bahwa kalau tetap berdiam diri maka masalah pada siswa itu tidak akan terselesaikan. Apa yang akan Anda lakukan?
A.    Membuka rahasia siswa tersebut karena untuk kebaikannya
B.     Tetap memegang rahasia dan mengajak siswa tersebut menyadari bahwa tanpa menyampaikan pada pihak tertentu maka masalahnya tidak akan terselesaikan
C.     Tetap memegang rahasia dan membiarkan saja siswa tersebut menghadapi masalahnya sendiri
D.    Tetap memegang rahasia, bagaimanapun janji harus ditepati
E.     Menceritakan rahasia itu dengan tujuan agar masalah terselesaikan

26.  Kegiatan pembelajaran belum berakhir namun beberapa peserta didik semangat belajarnya sudah menurun. Menghadapi penurunan semangat tersebut apa yang Anda lakukan?
A.    Mengatakan kepada mereka bahwa kita perlu santai sejenak, kemudian melanjutkan proses belajar
B.     Memberikan penguatan negative dan refreshing kepada mereka untuk melanjutkan kegiatan belajar di kelas
C.     Meminta mereka tetap melanjutkan kegiatan belajar di kelas
D.    Memberitahukan kepada mereka aga segera pulang dan meninggalkan kelas
E.     Melarang mereka meninggalkan kelas sebelum waktunya habis

27.  Anda diberi tugas oleh kepala sekolah untuk mengujicobakan strategi pembelajaran dalam rangka mengatasi masalah prestasi akademik yang rendah di kelas tertentu. Bagaimana tindakan Anda?
A.    Menerapkan strategi-strategi baru sama sekali yang belum pernah dipraktikkan di sekolah itu
B.     Mempratikkan beberapa strategi yang mudah dilakukan dan telah dipakai di beberapa sekolah
C.     Mempratikkan beberapa strategi yang sudah lama, namun terbukti efektif meningkatkan prestasi akademik di tempat lain
D.    Memahami kondisi kelas termasuk peserta didinya, mempelajarai berbagai macam strategi pembelajaran terkini yang terbukti efektif, dan menerapkan strategi sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan kondisi kelas
E.     Mencoba strategi-strategi pembelajaran yang terkini di kelas itu, berdasarkan beberapa pengalaman dan saran para guru di sekolah

28.  Kode etik guru berfungsi bagi guru untuk ….
A.    Acuan norma dan etika bagi embaga tempat ia bertugas
B.     Acuan norma dan etika guru sebatas situasi dan kondisi yang sesuai dengan kondisi guru
C.     Acuan norma dan nilai dalam situasi kerja professional guru, yang semua guru harus mematuhinya
D.    Acuan norma dan etika para guru untuk bertindak dalam menjalankan tugas profesi guru
E.     Acuan norma dan etika guru pada hal-hal yang menyangkut penyelesaian tugas dan tanggung jawab diri guru

29.  Ada siswa yang memiliki agama yang sama dengan kebanyakan siswa yang lain, namun dalam tata cara melakukan ibadah ada yang berbeda. Sebagai guru, hal yang akan Anda lakuan tergadap siswa tersebut adalah ….
A.    Menyuruh siswa tersebut melakukan hal yang sama dengan siswa lain agar tidak membingungkan
B.     Meminta siswa tidak melakukan cara yang berbeda Karena akan dijelaskan  terlebih dahulu oleh Anda mengapa siswa lain melakukan hal tersebut
C.     Memberi kesempatan pada siswa untuk menjelaskan pada Anda dan teman-temannya tentang alasan yang mendasari siswa melakukannya serta Anda memberikan penjelasan kepada siswa tersebut alasan yang mendasari siswa lain melakukannya dengan cara yang berbeda
D.    Memberi kesempatan pada siswa tersebut untuk menjelaskan pada Anda dan teman-temannya tentang alasan melakukan ibadah dengan caranya
E.     Meminta siswa tersebut menjelaskan dengan sopan pada teman-temannya mengapa ada perbedaan agar dapat dipahami

30.  Anda ditujuk kepala sekolah menjadi ketua tim yang sedang mengejar deadline penyelesaian pekerjaan  sekolah sebelum tahun ajaran baru dimulai. Anda masih ada sedikit waktu untuk memperbaiki hasil kerja itu menjadi lebih baik, tetapi kondisi tim sudah kelelahan. Teman-teman meminta anda untuk segera saja menyerahkan hasil kerja.
Bagaimanakah tindakan anda?
A.    Segera mengumpulkan tugas karena kualitas tidak terlalu penting, yang paling penting adalah pekerjaan selesai
B.     Kualitas kerja tidak perlu dipikirkan, yang penting sudah dikerjakan semampunya dan tugas sesuai target waktu
C.     Segera menyerahkan hasil kerja sesuai permintaan teman-teman dengan memperbaiki sekedarnya sesuai kemampuan dan waktu yang dimiliki
D.    Mengumpulkan anggota tim, menyusun  rencana dan membagi tugas agar tetap memperbaiki hasil kerja sebaik mungkin dalam waktu yang terbatas
E.     Memperbaiki tugas ini, kemudian menyerahkan hasil kerja dengan mengatakan bahan hasil belum maksimal
31.  Dalam proses pembelajaran, sering kita harus menfasilitasi dan mengapresiasi gaya belajar siswa uang unik. Menghadapi situasi seperti ini, yang harus anda lakukan adalah....
A.    Hanya menfasilitasi siswa yang sesuai dengan kondisi saya agar tidak salah, siswa yang lain saya serahkan ke guru yang sesuai
B.     Mencoba untuk mengapresiasi dan menfasilitasi semua siswa, namun tidak menjamin akan optimal
C.     Mengatakan dengan terus terang tentang apa yang dilakukannya oleh siswa, yakni “ bahwa siswa itu tidak lazim”
D.    Mengapresiasi keunikan siswa, memahaminya lebih detail tentang keunikannya , kemudian membantu siswa sesuai keunikannya
E.     Mengapresiasi dan membantu keunikan siswa sesuai dengan kemampuan saya
32.  Suatu saat anda tidak bisa menghindari tugas-tugas dari sekolah yang sebenarnya di luar minat dan kemampuan anda. Bagaimana pandangan anda terhadap tugas-tugas ini?
A.    Tugas seperti ini menunjukkan adanya kekeliruan yang fatal dalam kebijakan kepala sekolah
B.     Tugas seperti ini dapat merugikan karir dan pengembangan diri
C.     Tugas seperti ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan diri walaupun anda harus belajar keras
D.    Tugas apapun dari sekolah harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya walaupun hasil belum maksimal
E.     Kepala sekolah diminta untuk memaklumi bila hasil kerja anda mungkin tidak lebih baik daripada biasanya
33.  Kita belajar banyakberbagai tugas atau pekerjaan yang kita lakukan. Terkait dengan ini, gambaran yang paling mendekati diri anda adalah.....
A.    Tidak peduli dengan aturan yang ditentukan orang lain, saya mengerjakan sesuatu kapanpun saya menginginkannya
B.     Seringkali tidak bisa menuntaskan semua pekerjaan, apalagi untuk mengevaluasi hasilnya
C.     Selalu bisa menyelesaikan semua tugas pada waktunya, tetapi tidak ada waktu yang tersisauntuk memeriksanya kembali
D.    Tugas-tugas terselesaikan menjelang batas waktu, sehingga terlalu sedikit waktu untuk mengevaluasinya kembali
E.     Semua pekerjaan terselesaikan pada waktunya, sehingga masih memiliki cukup waktu untuk memeriksanya kembali
34.  Anda bekerja dipanti anak terlantar. Mengurus mereka bukan perkara mudah banyak anak yang kabur, susah diatur, dan suka membuat masalah. Perhatian , emosi, dan waktu anda terpaksa diarahkan ke mereka. Anda sebenarnya tidak senang bekerja di unit itu. Namun, anda mendapatkan fasilitas rumah di panti. Apa yang anda lakukan?
A.    Menghabiskan waktu melakukan hobi di luar panti pada saat waktu senggang
B.     Mengundrukan diri dari panti, mencari pekerjaan di tempat lain
C.     Bekerja sebisanya saja, karena anak-anak panti sudah sulit untuk diperbaiki perilakunya
D.    Menjelaskan apa yang dirasakan pada pimpinan panti terkait keterbatasan kemampuan mengurusi anak-anak panti sebagai upaya untuk dipindahkan ke unit lain
E.     Melibatka diri dengan sepenuh hati sebagai pengasuh, karen anak-anak panti menjadi tanggung jawab anda
35.  Saat melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab saya, biasanya saya adalah orang yang....
A.    A. Tergantung pada orang lain untuk memberikan instruktur pada saya
B.     B. Jika tidak aa perintah yang jelas, saya belum berani untuk memulai apapun
C.     C. Berusaha untuk mengerjakan sebaik-baiknya hingga tuntas
D.    D. Mengerjakan tugas sesuai kemampuan
E.     E. Menunggu orang lain untuk memulai tugas bersama-sama
36.  Bagianda seorang guru, peraturan perundangan pendidikan dan keguruaan yang berlaku merupakan .....
A.    A. Urusan pemegang kebijakan saja karena saya hanya sebagai pelaksana
B.     B. Hal yang perlu diketahui saja, namum untuk pelaksanaan aturan tersebut biar diserahkan kepada pemegang kebijakan disekolah
C.     C. Hal yang perlu diketahui isi dan pelaksanaannya sesuai dengan tugas saya
D.    D. Hal yang perlu dipahami baik isi maupun implementasi untuk penyelesaian tugas saya dengan baik
E.     E. Hal yang perlu dipahami baik isi maupun implementasi terkait pelaksanaan tugas sebagai guru dan sistem disekkolah.
37.  Anda memiliki beban tugas yang banyak dirumah demikian pula di sekolah apa yang anda lakukan sebagai guru ?
A.    A. Saya merencanakan dan membagi tugas, dengan mendahulukan tugas-tugas sekolah kemudian, mengerjakan tugas-tugas rumah
B.     B. Saya menyelesaikan tugas-tugas sekolah nersamaan dengan tugas-tugas rumah sehingga keduanya terpenuhi hak-haknya
C.     C. Saya berbagi tugas dengan kolega guru disekolah dan berbagi tugas rumah tangga dengan suami dirumah
D.    D. Saya berupya mengurangi beban tugas disekolah dengan membaginya kepada guru yang lain untuk bisa mengerjakan tugas-tugas rumah
E.     E. Saya mengutamakan tugas-tugas rumah tangga untuk kesejahteraan keluarga yang mengurangi pelaksanaan tugas sekolah
38.  Ketika menemui hal yang menghambat aktivitas saya maka.......
A.    A. Saya membalas orang yang telah menghambat
B.     B. Saya tetap melanjutkan aktivitas tersebut
C.     C. Saya mencari tahu penyebab situasi tersebut serta berupaya memperbaikinya
D.    D. Saya menuntut supaya bisa melanjutkan aktivitas
E.     E. Saya berhenti karena merasa tidak didukung
39.  Plagiat/penjiplakan mungkin terjadi karena penulis tidak mendapatkan sumber informasi yang cukup lengkap atau karena formulasi tulisan yang kurang rinci. Kekuranglengkapan ini membuat tulisan bisa disalah artikan sebagai plagiasi . Menurut saya............
A.    A. Tetap merupakan pelanggaran namun pelaku harus diberikan kesempatan untuk menjelaskan.
B.     B. Orang dapat saja menjadi khilaf dan itu harus dimaafkan
C.     C. Tetap merupakan pelanggaran karena saat ini informasi dapat diperoleh dengan mudah
D.    D. Dianggap merugikan kalau plagiasi itu jelas-jelas digunakan untuk keuntungan pelaku
E.     E. Dapat dimaklumi karena plagiasi tidak menyakiti secara fisik serta dapat menimpa siapa saja.
40.  Ada kalanya seorang harus melakukan sesuatu demi kepentingan orang banyak akan tetapi tidak sesuai dengan prinsip dan keyakinan pribadi bahkan menganggu aktivitas spiritual. Situasi seperti ini merupakan.........
A.    A. Sesuatu yang beresiko untuk pengembangan diri dan kehidupan pribadi
B.     B. Kesempatan yang baik untuk menunjukan solidaritas
C.     C. Kesempatan untuk belajar cara berdiplomasi agar selamat dari situasi seperti ini
D.    D. Kesempatan untuk menunjukan keberanian dan keteguhan prinsip serta berani untuk bernegosiasi untuk menjalankan sesuatu dan keyakinan secara seimbang
E.     E. Kesempatan untuk mengembangakan diri dan menerima resiko apapun yang akan terjadi.


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog