SOAL SOSIAL KEPRIBADIAN PPG
1. Dalam
kelompok dimana anda tinggal, terdapat salah seorang warga yang jarang bahkan
tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Sebenarnya ketua RT
sudah beberapa kali mengingatkan untuk ikut berpartisipasi tetapi warga yang
satu ini tetap tidak berubah. Pada rapat warga RT, diputuskan bahwawarga ini
secepatnya harus diusir dari kompleks tersebut karena status warga ini adalah
warga kontrak (bukan warga asli). Sebagai guru apa yang anda lakukan?
a.
Meminta jangan terlalu
cepat mengeksekusi keputusan tersebut sebelum diklarifikasi penyebab
ketidakaktifan warga tersebut
b.
Menolak keputusan itu
karena jika keputusan itu dieksekusi bukan tidak mungkin akan menimbulkan
kegaduhan dalam masyarakat dan berdampak luas
c.
Meminta jangan terlalu
cepat mengeksekusi keputusan tersebut karena anda akan mengajak bicara 4 mata
agar warga tersebut mau berpartisipasi
d.
Menolak keputusan itu
karena setiap warga Negara (meskipun warga kontrak) memiliki hak yang sama
untuk tinggal diwilayah manapun di Negara ini
e.
Meminta aparat
pedesaan/kelurahan agar segera turun tanga untuk mencegah pengusiran warga
diwilayah anda
2. Seorang
wali murud yang anaknya terlibat konflik dengan teman sekelas mendatangi guru
dengan penuh emosi untuk meminta pertangungjawaban. Pernyataan yang patut digunakan
oleh guru tersebut adalah….
a.
“baik silahkan bapak
duduk dan menceritakan masalah yang terjadi agar kita dapat menemukan solusi
atas masalah ini”
b.
“silahkan bapak duduk
dan tenangkan diri bapak setelah itu kita akan bicara hari ini”
c.
“bisakah kita bicarakan
hal ini dengan baik-baik pak? Tidak menggunakan luaoan emosi yang tak
terkendali seperti ini”
d.
“tolong anda bicara
yang sopan karena ini adalah sekolah, jika tetap seperti ini silahkan anda
tinggalkan ruangan ini”
e.
“maaf bapak, bisakah
bapak bicara dengan sopan agar ditemukan solusinya?”
3. Disekitar
sekolah tempat anda bekerja sering dijumpai siswa maupun warga masyarakat
membuang sampah sembarnagn dan mengotori lingkungan. Disekitar tempat itu sudah
diberikan tulisan peringatan serta aturan untuk menjaga kebersihan dan
keindahan lingkungan. Sebagai guru anggota warga sekolah apa yang akan anda
lakukan?
a. Dibiarkan
saja, jika sampah berserakan dan menganggu lingkungan, maka warga sekolah dan
masyarakat akan sadar dengan sendirinya.
b. Bersama
warga sekolah dan masyarakat melakukan kerja bakti satu bulan sekali, sehingga
tumbuh kesadaran bersama.
c. Bersama
warga sekolah dan masyarakat memberikan teguran pada siapa saja yang
berperilaku membuang sampah sembarangan
d. Memperbanyak
tulisan larangan keras mebuang sampah secara sembarangan agar warga tidak
sembarangan membuang sampah.
e. Bersama
warga sekolah dan masyarakat meningkatkan gerakan membuang sampah pada
tempatnya dengan menyediakan tempat sampah strategis secara memadai.
4. Sebagai
narasumber dalam sebuah forum ceramag program parenting, anda ditanya oleh
orang tua peserta didik pada sesi Tanya jawab tentang “Bagaimana menegakkan
disiplin bagi anak-anak dirumah yang efektif ” jawaban anda adalah….
a. Penegakkan
disiplin bagi anak memerlukan keteladanan dari orang tua atau orang dewasa
disekitarnya
b. Pembiasaan
disiplin yang dilakukan berulang-ualng akan menjadikan anak berperilaku
disiplin.
c. Anak
dipaksa disiplin, dengan terpaksa akan menjadi biasa, dank arena biasa makan
akan menjadi budaya
d. Selalu
mengingatkan dan atau memberi hukuman bagi anak yang melanggar disiplin agar
idak terulang
e. Selalu
memberi hadiah dan atau penguatan bagi anak yang berbuat disiplin dalam
kehidupan dirumah.
5. Anda
adalah guru disebuah SMP yang termasuk kategori favorit. Pada peneriman siswa
baru dengan system zonasi anda diminta tolong tetangga agar anaknya (diluar
zona) bisa diterima disekolah anda. Nilai ujian nasional anak tersebut pada
posisi sedikit diatas rata-rata. Apa yang akan anda lakukan?
a. Memenuhi
permintaan tetangga dengan syarat nilainya memungkinkan untuk diterima
b. Memberikan
penjelasan bahwa system zonasi tidak serta merta siapapun bisa diterima
c. Menyampaikan
keinginan tetangga tersebut kepada kepala sekolah
d. Menolak
permintaan tersebut karena aturan system zonasi sudah jelas
e. Menyarankan
tetangga agar tidak terlalu mendambakan anaknya diterima disekolah favorit
6.
Anda mengabdi disebuah
sekolah yang mayoritas siswa dan gurunya beragama islam dan beberapa kali
mendapati siswa non muslim sedang makan ditempat terbuka, pada saat bulan
Ramadhan. Sebagai seorang pendidik apa yang akan anda lakukan?
a. Memberikan
nasehat kepada mereka yang makan ditempat terbuka, bahwa hal tersebut dapat
menganggu ibadah teman-teman muslim
b. Meminta
guru agama dan penasehat agama non muslim diseokolah dapat memberikan pengertian
pada siswa agar tidak makan ditempat terbuka
c. Mengumpulkan
siswa non muslim dan memberikan pengertian agar dapat menghormati
teman-temannyanyang sedang ibadah puasa
d. Membuat
tulisan ditempat-tempat strategis disekolah untuk tidak makan ditempat terbuka
e. Seharusnya
tidak merasa terganggu dengan apa yang telah dilakukan oleh teman non muslim karena ia sedang tidak berpuasa
7.
Kepolisian memiliki
istilah POLWAN yang artinya Polisi wanita. Bagaimana pendapat anda tentang
istilah Polwan?
a. Penggunaan
istilah polwan justru diskriminatif karena seolah-olah polisi berjenis kelamin
wanita itu istimewa
b. Profesi
apapun seharusnya tidak mengkhuskan untuk jenis kelamin tertentu atau
seolah-olah tidak cocok untuk jenis kelamin tertentu
c. Polisi
dan tentara memang cocok disandang para laki-laki sehingga penggunaan istilah
polwan itu untuk menunjukkan hal lebih spesifik
d. Sebaiknya
istilah polwan ditiadakan sebab pada profesi lain tidak ada GURWAN (Guru
Wanita), DOKWAN (Dokter Wanita)
e. Pria
dan wanita memiliki kedudukan dan hak yang sama untuk menduduki profesi apapun
secara professional
8.
Pada rapat dewan guru
akhir tahun, kepala sekolah meminta dari setiap guru terhadap kinerja kepala
sekolah selama setahun terakhir. Sebagai guru apa yang akan anda lakukan?
a.
Menyampaikan capaia
atau prestasi yang diraih kepala sekolah selama setahun terakhir
b.
Menyampaikan
keberhasilan dan juga kegagalan program selama setahun terakhir
c.
Memberi masukan berkait
kegagalan beberapa program selama setahun terakhir
d.
Mengkritik secara
langsung dengan bijak dalam forum rapat berkait kelemahan kepala sekolah
e.
Kelemahan kepala
sekolah tidak etis jika disampaikan secara lisan dalam rapat
9.
Disekolah tempat anda
bekerja sering dijumpai para siswa yang membua g sampah sembarangan dan
mengotori kelas. Sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta
aturan untuk menjaga kebersihan serta keindahan sekolah. Sebagai guru yang
berkewajiban memberikan tauladan, berikan solusi atas permasalahan ini!
a.
Karena ada petugasnya
masing-masing sebaiknya saya memilih berdiam diri untuk menghindari kesalah
pahaman
b.
Bersama-sama seluruh
komponen sekolah, untuk memberikan contoh perilaku baik termasuk membuang
sampah pada tempatnya
c.
Saya menemui siswa yang
berperilaku membuang sampah sembarangan serta memberikan teguran langsung
d.
Saya akan lebih aktif
mengiatkan gerakan buang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah
pada di lokasi srtategis
e.
Saya meminta kepala
sekolah agar turun langsung menangani masalah ini denagn memberikan sanksi agar
pelakunya jera
10.
Adanya kantin kejujuran
diharapkan dapat memberikan pelajaran mengenai sebuah kejujuran itu sangat
penting, sekecil apapun. Namun kenyataannya masih ada siswa yang
mengabaikannya, apa yang akan lakukan sebagai guru jika nasihat kejadian
tersebut secara langsung?
a.
Langsung memasukkannya
pada buku catatan pelanggar aturan
b.
Mengajaknya mengobrol
untuk menayakan alasan siswa tersebut berperilaku seperti itu
c.
Memasang kamera CCTV
disekitarlokasi sebagai pengawas
d.
Mencoba menhampiri dan
menegurnya dengan hati-hati
e.
Menangkap basah pelaku
agar jelas dan siswa tidak menirunya
11.
Disekolah ternama
dengan mayoritas siswa dari ekonomi menengah keatas, terdapat seklompok siswa
kurang mampu sebagai penerima beasiswa. Dalam pergaulan, siswa kurang mampu
sering mendapat ejekan siswa ekonomi menengah keatas. Sebagai guru kelas
bagaimana anda menyikapi hal tersebut.
a.
Memberikan nasihat
kepada seluruh siswa didalam kelas agar tidak membeda-bedakan teman dan meminta
sesama teman didalam maupun diluar kelas
b.
Memanggil dan
mempertemukan siswa yang saling ejek untuk saling memaafkan dan tidak mengulang
tindakan tersebut
c.
Meminta agar semua
siswa mampu berteman dengan siapa saja, karena pertemanan merupakan hal penting
d.
Memberikan hukuman pada
siswa yang suka mem-bully temannya
yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah
e.
Mengapresiasi siswa
yang tidak suka mem-bully temannya
yang berasal dari ekonomi menegah ekonomi kebawah
12.
Para siswa berasal dari
berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat
ekonomi maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu,
sikap guru sebaiknya….
a.
Menampilkan sikap yang
wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknya
b.
Peka terhadap perbedaan
siswa serta berperan menunbuhkan sikap saling menghargai antar siswa satu
dengan lainnya.
c.
Berpandangan bahwa
segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
d.
Mengurangi
perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman
e.
Mengelompokkan siswa
sesuai dengan kondisi serta latar belakang sama
13.
Ketika anda berangkat
ke sekolah naik sepeda motor, berpapasan dengan siswa anda (Siswa SMA)
berangkat ke sekolah juga naik sepeda motor tanpa memakai helm pengaman, apa
yang akan anada lakukan?
a.
Sesampai disekolah anda
menasehati siswa tersebut agar disiplin mamakai helm
b.
Menegur dengan tegas
siswa anda untuk pulang kerumah dan memakai helm
c.
Melaporkan kepada wali
kelas atas kejadian tersebut agar siswa tersebut dinasehati
d.
Sesampai disekolah
memarahi siswa tersebut dan memberikan hukuman agar jerah
e.
Memberi helm kepada
siswa tersebut agar dipakai berangkat sekolah
14.
Tetangga sebelah anda
mengalami kecelakaan yang parah sehingga harus masuk ICU di RS terdekat. Anda
sebagi guru diminta bantuan untuk mengurus asuransi jasa raharja. Apa yang akan
anda lakukan?
a.
Menyarankan untuk
meminta bantuan kepada tetangga lain yang berprofesi sebagai polisi untuk
mempercepat proses
b.
Memenuhi prmintaan
tersebut meskipun anda tidak tahu bagaimana proses mengurus asuransi jasa
raharja
c.
Menayarankan kepada
salah satu keluarga untuk mengurus sendiri dengan anda beri petunjuk secukupnya
d.
Memenuhi permintaan
tersebut dengan meminta salah satu keluarga untuk menemani agar tidak
menimbulkan kecurigaan
e.
Meminta maaf dengan
tulus karena anda harus menyiapkan Ujian nasional yang diselenggarakan esok hari
15.
Pada sebuah rapat dewan
guru untuk membicarakan kenaikan kelas. Anda dicecar oleh kepala sekolah dan
guru lain karena anda berencana menjadikan salah satu siswa TIDAK NAIK KELAS.
Alas an tidak naik kelas adalah karena anak tersebut nilainya rendah dan malas
masuk kelas. Sementara kepala sekolah dan guru lain mencecar anda karena
sekolah domana anda mengajar adalah sekolah swasta dengan jumlah siswa sedikit.
Jika ada yang tidak naik kelas tentum akan mengurangi animo disekoahnitu. Apa
yang akan anda lakukan?
a.
Menerima keputusan
untuk menaikkan siswa tersebut agar tidak mengurangi animo
b.
Tetap menjadikan siswa
tersebut tidak naik kelas tetapi anda memberikan bimbingan khusus
c.
Menerima keputusan
menaikkkan siswa tersebut dan anda mengundurkan diri sebagai guru
d.
Menolak keputusan
tersebut dan anda meninggalkn rapat
tersebut dengan kecewa
e.
Meyakinkan peserta
rapat baahwa tidak naik kelas tidak berdampak pada penurunan animo
16. Sebagai
guru anda memiliki warung makan yang pelanggannya sangat banyak karena
tempatnya persis disamping universitas yayasan katolik. Pelangganya sebagian
besar mahasiswa di Universitas itu. Sebagai pemilik warung apa yang anda
lakukan pada bulan ramadhan?
a.
Tetap buka waung karena
kalau tutup kasihan kepada mahasiswa di Univerdsitas itu tentu akan kesulitan
mencari makan siang
b.
Menutup waeung makan
itu selama bulan ramadhan karena warung makan bukan sumber penghasilan utama
c.
Membuka warung makan
itu pada saat menjelang makan sahur dan menjelang buka puasa sampai malam
d.
Tetap buka warung
tetapi menyarankan pelanggan untuk makan ditempat tersembunyi agar tidak
dilihat orang yang lewat
e.
Menutup warung pada
awal bulan ramadhan dan buka kembali seperti biasa setelahnya
17. Seorang
guru wali kelas mendapati salah satu siswa di kelasnya merupakan anak dari kepala
sekolah yang suka gaduh saat pelajaran, tidak mau mengerjakan tugas, dan senang
bolos sekolah. Siswa tersebut terancam tidak naik kelas, jika seandainya anda
sebagai guru dari siswa itu?
A. Mempertimbangkan
rasa segan kepada sekolah sehingga membantu siswa agar mencapai nilai yang baik
sehingga naik kelas
B. Memberikan
nasihat dan teguran pada siswa agar perilakunya dapat berubah meskipun siswa
itu anaknya sepala sekolah
C. Tetap
asertif pada orang tua siswa tanpa membedakan status agar oarang tua memberikan
perhatian dan nasihat untuk mencapai solusi permasalahan demi kebaikan siswa
D. Membiarkan
masalah anak tersebut diselesaikan oleh guru BK agar memperoleh solusi terbaik
E. Karena
segan, menambahkan poin nilai siswa tersebut sehingga bisa naik kelas
sebagaimana teman lainnya
18. Pada
bulan ramadhan, sekolah mengadakan kegiatan sholar dhuha bersama yang
diterapkan pada seluruh siswa muslim. Oleh karena pada hari-hari biasanya tidak
pernah diadakan, terdapat beberapa siswa yang tidak ikut melaksanakan kegiatan
tersebut. Anda juga mendapati guru lain yang tahu tentang hal itu, namun
membiarkannya. Sebagai seorang guru, apa yang anda lakukan pada kasus tersebut?
A. Bersikap
seperti guru yang lain, dan meyakini bahwa siswa tersebut akan sadar dengan
sendirinya dan ikut menjalankan ibadah sholat dhuha
B. Memberikan
nasehat secara langsung dengan baik untuk mengikuti kegiatan sekolah agar tidak
mempengaruhi temannya yang rajin sholat dhuha
C. Melaporkan
siswa tersebut pada guru BK , untuk ditindaklanjuti sehingga tidak ada lagi
siswa yang tidak mengikuti kegiatan sekolah
D. Memberikan
sangsi pada siswa yang tidak mengikuti sholat dhuha dan memantau perubahan yang
terjadi dari hari ke hari supaya rajin mengikuti sholat dhuha
E. Menemui
siswa secara langsung tentu mencari tahu masalah yang dihadapi siswa yang
mungkin menganggu kegiatan tersebut dan membantu menyelesaikannya.
19. Sekolah
anda menerapkan presensi kehadiran dan kepulangan berbasis online. Setiap pagi
pukul 07.00 guru harus presensi kehadiran di depan komputer yang disediakan
sekolah. Begitu juga pada saat kepulangan pukul 15.30 . seorang guru harus
melakukan presensi kepulangan didepan komputer yang disediakan sekolah. Suatu
hari kerja pada pukul 15.15, anda memperolah kabar kalau anak anda sakit dan
minta diantar ke rumah sakit. Apa yang akan anda lakukan?
A. Melakukan
presensi kepulangan meskipun belum saatnya pulang untuk segera mengantar anak
ke rumah sakit
B. Meminta
izin kepada kepala sekolah untuk pulang segera agar dapat mengantar anak ke
rumah sakit
C. Menunggu
15 menit untuk melakukan presensi online dan kemudian bergegas pulng untuk
mengantar ana ke rumah sakit
D. Meminta
tolong admin sekolah atas izin kepala sekolah mengpresensikan kepulangan anda
agar anda dapat segera pulang
E. Mengklarifikasi
sakitnya apa dan meminta orang dirumah untuk menunggu sampai anda pulang ke
rumah
20. Terdapat
peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa orang tua selalu otoriter. Siswa
merasa terkekang karena terpaksa menuruti keinginan orang tuanya yang
dinilainya terlalu berat. Sang orang tua akan marah jika siswa menghiraukan
perintahnya. Sebagai guru yang mendapat keluhan tersebut, apa yang akan anda
lakukan?
A. Melakukan
kunjungan rumah, untuk menemukan kebenaran hal ini, serta menyampaikan keluhan
anak pada orang tuanya
B. Menyampaikan
perihal ini pada guru BK sekolah, serta merencanakan pertemuan bersama yang
melibatkan orang tua, siswa dan wali kelas.
C. Menfasilitasi
pertemuan antara orang tua dan anak agar terjadi dialog, sehingga terjadi
pengertian kebutuhan masing-masing
D. Memanggil
orang tua dan memberikan nasehat agar tidak terlalu memaksakan kehendak pada si
anak
E. Memberikan
nasehat pada si anak untuk bersabar, bahwa apa yang dilakukan orang tua demi
kebaikannya
21. Anda
sebagai guru professional dituntut untk harus mengembangkan diri. Untuk itu,
kepala sekolah mendorong setiap guru memenuhi tuntutan tersebut. Namun, tidak
ada anggaran biaya yang diberikan untuk peningkatan diri tersebut. Menanggapi
tuntutan tersebut, Anda melakukan apa?
A. Saya
mengikuti setiap kegiatan pelatihan dan pendidikan guru sesuai dengan kemampuan
biaya sendiri
B. Saya
merencanakan dan mengikuti kegiatan pengembangan diri, denga menabung uang
untuk biaya sendiri atau mencari sponsor
C. Saya
mencari dan mempelajari materi peningkatan kualitas guru dalam dunia maya
secara mandiri
D. Saya
melakukan studi banding dalam rangka pengembangan diri sebagai guru profesional
E. Saya
mau mengikuti kegiatan peningkatan kualitas guru ketika ada sponsor dana dari
pihak sekolah atau lembaga lain
22. Mengerjakan
satu pekerjaan sampai tuntas sering tidak cukup bagi guru. Berbagai tugas
diberikan kepada saya. Tanggapan saya terhadap beban dari melakukan tugas yang
berbeda-beda adalah ….
A. Saya
tidak suka melakukan tugas yang ditentukan oleh orang lain
B. Saya
tidak tahan dengan tugas yang berubah-ubah
C. Tugas
yang bervariasi bisa menimbulkan kesulitan bagi saya
D. Tugas
yang bervariasi bias lebih sulit dilakukan, namun saya yakin mampu
E. Tugas
yang bervariasi membuat pekerjaan menjadi semakin menarik
23. Ketika
kepala sekolah memberikan tugas yang sulit, maka saya ….
A. Menganggap
tugas sulit tersebut sebagai hal yang membebani dalam bekerja
B. Menganggap
tugas tersebut perlu dipertimbangkan kembali agar tidak menurunkan motivasi
bawahan
C. Menganggap
tugas tersebut sebagai tantangan untuk belajar lagi
D. Meminta
bimbingan dari sejawat guru yang telah berpengalaman
E. Mempertimbangkan
kemampuan saya dalam menyelesaikan tugas
24. Saya
sering dipandang sebagai orang yang ….
A. Terbuka
pada setiap pendapat
B. Suka
berteman dengan orang yang memiliki kesamaan
C. Berpikiran
positif dan tidak mudah dipengaruhi
D. Suka
mengubah topic pembicaraan jika sudah jenuh
E. Tidak
cepat akrab dengan orang lain
25. Anda
berjanji dengan siswa yang bercerita tentang rahasia dirinya untuk tidak
membocorkan pada siapapun. Setelah berjalan sekian waktu, Anda sadar bahwa
kalau tetap berdiam diri maka masalah pada siswa itu tidak akan terselesaikan.
Apa yang akan Anda lakukan?
A. Membuka
rahasia siswa tersebut karena untuk kebaikannya
B. Tetap
memegang rahasia dan mengajak siswa tersebut menyadari bahwa tanpa menyampaikan
pada pihak tertentu maka masalahnya tidak akan terselesaikan
C. Tetap
memegang rahasia dan membiarkan saja siswa tersebut menghadapi masalahnya
sendiri
D. Tetap
memegang rahasia, bagaimanapun janji harus ditepati
E. Menceritakan
rahasia itu dengan tujuan agar masalah terselesaikan
26. Kegiatan
pembelajaran belum berakhir namun beberapa peserta didik semangat belajarnya
sudah menurun. Menghadapi penurunan semangat tersebut apa yang Anda lakukan?
A. Mengatakan
kepada mereka bahwa kita perlu santai sejenak, kemudian melanjutkan proses
belajar
B. Memberikan
penguatan negative dan refreshing kepada mereka untuk melanjutkan kegiatan
belajar di kelas
C. Meminta
mereka tetap melanjutkan kegiatan belajar di kelas
D. Memberitahukan
kepada mereka aga segera pulang dan meninggalkan kelas
E. Melarang
mereka meninggalkan kelas sebelum waktunya habis
27. Anda
diberi tugas oleh kepala sekolah untuk mengujicobakan strategi pembelajaran
dalam rangka mengatasi masalah prestasi akademik yang rendah di kelas tertentu.
Bagaimana tindakan Anda?
A. Menerapkan
strategi-strategi baru sama sekali yang belum pernah dipraktikkan di sekolah
itu
B. Mempratikkan
beberapa strategi yang mudah dilakukan dan telah dipakai di beberapa sekolah
C. Mempratikkan
beberapa strategi yang sudah lama, namun terbukti efektif meningkatkan prestasi
akademik di tempat lain
D. Memahami
kondisi kelas termasuk peserta didinya, mempelajarai berbagai macam strategi
pembelajaran terkini yang terbukti efektif, dan menerapkan strategi sesuai
dengan permasalahan yang dihadapi dan kondisi kelas
E. Mencoba
strategi-strategi pembelajaran yang terkini di kelas itu, berdasarkan beberapa
pengalaman dan saran para guru di sekolah
28. Kode
etik guru berfungsi bagi guru untuk ….
A. Acuan
norma dan etika bagi embaga tempat ia bertugas
B. Acuan
norma dan etika guru sebatas situasi dan kondisi yang sesuai dengan kondisi
guru
C. Acuan
norma dan nilai dalam situasi kerja professional guru, yang semua guru harus
mematuhinya
D. Acuan
norma dan etika para guru untuk bertindak dalam menjalankan tugas profesi guru
E. Acuan
norma dan etika guru pada hal-hal yang menyangkut penyelesaian tugas dan
tanggung jawab diri guru
29. Ada
siswa yang memiliki agama yang sama dengan kebanyakan siswa yang lain, namun
dalam tata cara melakukan ibadah ada yang berbeda. Sebagai guru, hal yang akan
Anda lakuan tergadap siswa tersebut adalah ….
A. Menyuruh
siswa tersebut melakukan hal yang sama dengan siswa lain agar tidak
membingungkan
B. Meminta
siswa tidak melakukan cara yang berbeda Karena akan dijelaskan terlebih dahulu oleh Anda mengapa siswa lain
melakukan hal tersebut
C. Memberi
kesempatan pada siswa untuk menjelaskan pada Anda dan teman-temannya tentang
alasan yang mendasari siswa melakukannya serta Anda memberikan penjelasan
kepada siswa tersebut alasan yang mendasari siswa lain melakukannya dengan cara
yang berbeda
D. Memberi
kesempatan pada siswa tersebut untuk menjelaskan pada Anda dan teman-temannya
tentang alasan melakukan ibadah dengan caranya
E. Meminta
siswa tersebut menjelaskan dengan sopan pada teman-temannya mengapa ada
perbedaan agar dapat dipahami
30. Anda
ditujuk kepala sekolah menjadi ketua tim yang sedang mengejar deadline
penyelesaian pekerjaan sekolah sebelum
tahun ajaran baru dimulai. Anda masih ada sedikit waktu untuk memperbaiki hasil
kerja itu menjadi lebih baik, tetapi kondisi tim sudah kelelahan. Teman-teman
meminta anda untuk segera saja menyerahkan hasil kerja.
Bagaimanakah tindakan
anda?
A. Segera
mengumpulkan tugas karena kualitas tidak terlalu penting, yang paling penting
adalah pekerjaan selesai
B. Kualitas
kerja tidak perlu dipikirkan, yang penting sudah dikerjakan semampunya dan tugas
sesuai target waktu
C. Segera
menyerahkan hasil kerja sesuai permintaan teman-teman dengan memperbaiki
sekedarnya sesuai kemampuan dan waktu yang dimiliki
D. Mengumpulkan
anggota tim, menyusun rencana dan
membagi tugas agar tetap memperbaiki hasil kerja sebaik mungkin dalam waktu
yang terbatas
E. Memperbaiki
tugas ini, kemudian menyerahkan hasil kerja dengan mengatakan bahan hasil belum
maksimal
31. Dalam
proses pembelajaran, sering kita harus menfasilitasi dan mengapresiasi gaya
belajar siswa uang unik. Menghadapi situasi seperti ini, yang harus anda
lakukan adalah....
A. Hanya
menfasilitasi siswa yang sesuai dengan kondisi saya agar tidak salah, siswa
yang lain saya serahkan ke guru yang sesuai
B. Mencoba
untuk mengapresiasi dan menfasilitasi semua siswa, namun tidak menjamin akan
optimal
C. Mengatakan
dengan terus terang tentang apa yang dilakukannya oleh siswa, yakni “ bahwa
siswa itu tidak lazim”
D. Mengapresiasi
keunikan siswa, memahaminya lebih detail tentang keunikannya , kemudian
membantu siswa sesuai keunikannya
E. Mengapresiasi
dan membantu keunikan siswa sesuai dengan kemampuan saya
32. Suatu
saat anda tidak bisa menghindari tugas-tugas dari sekolah yang sebenarnya di
luar minat dan kemampuan anda. Bagaimana pandangan anda terhadap tugas-tugas
ini?
A. Tugas
seperti ini menunjukkan adanya kekeliruan yang fatal dalam kebijakan kepala
sekolah
B. Tugas
seperti ini dapat merugikan karir dan pengembangan diri
C. Tugas
seperti ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan diri
walaupun anda harus belajar keras
D. Tugas
apapun dari sekolah harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya walaupun hasil
belum maksimal
E. Kepala
sekolah diminta untuk memaklumi bila hasil kerja anda mungkin tidak lebih baik
daripada biasanya
33. Kita
belajar banyakberbagai tugas atau pekerjaan yang kita lakukan. Terkait dengan
ini, gambaran yang paling mendekati diri anda adalah.....
A. Tidak
peduli dengan aturan yang ditentukan orang lain, saya mengerjakan sesuatu
kapanpun saya menginginkannya
B. Seringkali
tidak bisa menuntaskan semua pekerjaan, apalagi untuk mengevaluasi hasilnya
C. Selalu
bisa menyelesaikan semua tugas pada waktunya, tetapi tidak ada waktu yang
tersisauntuk memeriksanya kembali
D. Tugas-tugas
terselesaikan menjelang batas waktu, sehingga terlalu sedikit waktu untuk
mengevaluasinya kembali
E. Semua
pekerjaan terselesaikan pada waktunya, sehingga masih memiliki cukup waktu
untuk memeriksanya kembali
34. Anda
bekerja dipanti anak terlantar. Mengurus mereka bukan perkara mudah banyak anak
yang kabur, susah diatur, dan suka membuat masalah. Perhatian , emosi, dan
waktu anda terpaksa diarahkan ke mereka. Anda sebenarnya tidak senang bekerja di
unit itu. Namun, anda mendapatkan fasilitas rumah di panti. Apa yang anda
lakukan?
A. Menghabiskan
waktu melakukan hobi di luar panti pada saat waktu senggang
B. Mengundrukan
diri dari panti, mencari pekerjaan di tempat lain
C. Bekerja
sebisanya saja, karena anak-anak panti sudah sulit untuk diperbaiki perilakunya
D. Menjelaskan
apa yang dirasakan pada pimpinan panti terkait keterbatasan kemampuan mengurusi
anak-anak panti sebagai upaya untuk dipindahkan ke unit lain
E. Melibatka
diri dengan sepenuh hati sebagai pengasuh, karen anak-anak panti menjadi
tanggung jawab anda
35. Saat
melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab saya, biasanya saya adalah
orang yang....
A. A.
Tergantung pada orang lain untuk memberikan instruktur pada saya
B. B.
Jika tidak aa perintah yang jelas, saya belum berani untuk memulai apapun
C. C.
Berusaha untuk mengerjakan sebaik-baiknya hingga tuntas
D. D.
Mengerjakan tugas sesuai kemampuan
E. E.
Menunggu orang lain untuk memulai tugas bersama-sama
36. Bagianda
seorang guru, peraturan perundangan pendidikan dan keguruaan yang berlaku
merupakan .....
A. A.
Urusan pemegang kebijakan saja karena saya hanya sebagai pelaksana
B. B.
Hal yang perlu diketahui saja, namum untuk pelaksanaan aturan tersebut biar
diserahkan kepada pemegang kebijakan disekolah
C. C.
Hal yang perlu diketahui isi dan pelaksanaannya sesuai dengan tugas saya
D. D.
Hal yang perlu dipahami baik isi maupun implementasi untuk penyelesaian tugas
saya dengan baik
E. E.
Hal yang perlu dipahami baik isi maupun implementasi terkait pelaksanaan tugas
sebagai guru dan sistem disekkolah.
37. Anda
memiliki beban tugas yang banyak dirumah demikian pula di sekolah apa yang anda
lakukan sebagai guru ?
A. A.
Saya merencanakan dan membagi tugas, dengan mendahulukan tugas-tugas sekolah
kemudian, mengerjakan tugas-tugas rumah
B. B.
Saya menyelesaikan tugas-tugas sekolah nersamaan dengan tugas-tugas rumah
sehingga keduanya terpenuhi hak-haknya
C. C.
Saya berbagi tugas dengan kolega guru disekolah dan berbagi tugas rumah tangga
dengan suami dirumah
D. D.
Saya berupya mengurangi beban tugas disekolah dengan membaginya kepada guru
yang lain untuk bisa mengerjakan tugas-tugas rumah
E. E.
Saya mengutamakan tugas-tugas rumah tangga untuk kesejahteraan keluarga yang
mengurangi pelaksanaan tugas sekolah
38. Ketika
menemui hal yang menghambat aktivitas saya maka.......
A. A.
Saya membalas orang yang telah menghambat
B. B.
Saya tetap melanjutkan aktivitas tersebut
C. C.
Saya mencari tahu penyebab situasi tersebut serta berupaya memperbaikinya
D. D.
Saya menuntut supaya bisa melanjutkan aktivitas
E. E.
Saya berhenti karena merasa tidak didukung
39. Plagiat/penjiplakan mungkin terjadi karena
penulis tidak mendapatkan sumber informasi yang cukup lengkap atau karena
formulasi tulisan yang kurang rinci. Kekuranglengkapan ini membuat tulisan bisa
disalah artikan sebagai plagiasi . Menurut saya............
A. A.
Tetap merupakan pelanggaran namun pelaku harus diberikan kesempatan untuk
menjelaskan.
B. B.
Orang dapat saja menjadi khilaf dan itu harus dimaafkan
C. C.
Tetap merupakan pelanggaran karena saat ini informasi dapat diperoleh dengan
mudah
D. D.
Dianggap merugikan kalau plagiasi itu jelas-jelas digunakan untuk keuntungan
pelaku
E. E.
Dapat dimaklumi karena plagiasi tidak menyakiti secara fisik serta dapat
menimpa siapa saja.
40. Ada
kalanya seorang harus melakukan sesuatu demi kepentingan orang banyak akan
tetapi tidak sesuai dengan prinsip dan keyakinan pribadi bahkan menganggu
aktivitas spiritual. Situasi seperti ini merupakan.........
A. A.
Sesuatu yang beresiko untuk pengembangan diri dan kehidupan pribadi
B. B.
Kesempatan yang baik untuk menunjukan solidaritas
C. C.
Kesempatan untuk belajar cara berdiplomasi agar selamat dari situasi seperti
ini
D. D.
Kesempatan untuk menunjukan keberanian dan keteguhan prinsip serta berani untuk
bernegosiasi untuk menjalankan sesuatu dan keyakinan secara seimbang
E. E.
Kesempatan untuk mengembangakan diri dan menerima resiko apapun yang akan
terjadi.
0 komentar:
Post a Comment