100 SOAL KOMPETENSI
PEDAGOGIK DAN KUNCI JAWABAN
1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi,
lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan
kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri
kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait
dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya
untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan
moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada
jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore,
petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir
tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan
pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam
hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada
maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri
dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar
setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan
teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta
didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua
kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip
digunakan adalah....
A. Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan
dan keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara
lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan
diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus
didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
28. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah
satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat
kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat
perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten
(ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus
saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL
adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran,
Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman
ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut
memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara
dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke
dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa
dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan
sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media
yang memiliki daya liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia
memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu
pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi
sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media
37. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran
adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang
berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam
suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar
tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran.
Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih
efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek
yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar,
candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk
menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs
google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut
adalah…
A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. program penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau
judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin
pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari
selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan
contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran
Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut
adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft
PowerPoint
C.Microsoft Desktop
Publishing
D. Microsoft Word
44. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan
berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan
menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian
dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan
pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan
pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik
berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi
semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap
skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif
pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran
dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the
Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang
masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau
kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan
model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah
....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap
unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan
guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar,
dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang
tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk
melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru
menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu
prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus
terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk
semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian
hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang
sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi
yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf
perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan
akhir semester
58. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh
semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan
menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih
tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses
belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test
diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat
dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda
sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
penjelasan materi
64. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada
prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas
siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test
harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang
telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album
sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan
tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu
dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya
siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun
secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut
dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang
yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di
dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan norma
68. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang
disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian
pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan
pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan
dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma
69. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah
menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok
peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program
pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil belajar peserta didik harus
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari
segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian
kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak
yang jelek
76. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan
peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya
belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan
individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu
diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang
memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD
tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran
lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses
belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test
diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat
dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda
sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
penjelasan materi
81. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat,
Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
82. Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang
disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana
keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus
yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian
tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A. observasi --> refleksi --> perencanaan -->
pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan
tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan
tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->
observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling
tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan
keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi
juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal
dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti
berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian
tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara
bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan
tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya
serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat
penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan
skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan
guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan
tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
96. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran
adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik
saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran
bagi peserta didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh
wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh
wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran
adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik
antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan
hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar
yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan
mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari
pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui
berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan
dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh
pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai
akhir pembelajaran
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan
oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya
sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat
kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh
pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui keberhasilan
belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti
pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik
dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi
peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat
menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan
diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti
pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar
efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif
atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
0 komentar:
Post a Comment