SOAL HOTS TENTANG PERBANDINGAN TRIGONOMETRI
KISI-KISI
PENULISAN SOAL HOTS
Jenjang Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
No.
|
Kompetensi yang diuji
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
01
|
Menjelaskan
rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
pada segitiga siku-siku.
|
Trigonometri
|
Perbandingan Trigonometri
Pada Segitiga Siku-siku
|
C5
|
Diberikan
soal cerita tentang aplikasi perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku, siswa dapat menyelesaikan permasalahan dari soal tersebut.
|
Pilihan Ganda
|
01
|
02
|
Menjelaskan
aturan sinus dan cosinus.
|
Trigonometri
|
Aturan Sinus dan Aturan
Kosinus
|
C4
|
Diberikan soal cerita tentang perjalanan siswa,
dimana rute perjalanan tersebut membentuk bangun segitiga, siswa dapat
menentukan jarak dari satu tempat ke tempat lain mengunakan aturan cosinus.
|
Essay
|
01
|
KARTU
SOAL
(PILIHAN
GANDA)
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
KURIKULUM :
K – 2013
Kompetensi yang diuji
|
:
|
Menjelaskan
rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
pada segitiga siku-siku.
|
Lingkup Materi
|
:
|
Trigonometri
|
Materi
|
:
|
Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga
Siku-siku
|
Indikator Soal
|
:
|
Diberikan
soal cerita tentang aplikasi perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku, siswa dapat menyelesaikan permasalahan dari soal tersebut.
|
Level kognitif
|
:
|
C5
|
BUTIR SOAL
Kunci
Jawaban: B
Keterangan :
A : Posisi
pria di atas menara
B : dasar
menara
C : Posisi
truk pada saat depresi α
D : Posisi
truk pada saat depresi β
Misalkan AB (tinggi menara) = h meter.
Posisi awal truk di titik C, 10 menit kemudian bergerak
ke titik B ® CD = 600
BC
Pada segitiga ABC :
BC = CD +
BD
Tan α =
1
h/BC = 1
®
h = BC
KARTU SOAL
(URAIAN)
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
KURIKULUM :
K – 13
Kompetensi yang diuji
|
:
|
Menjelaskan
aturan sinus dan cosinus.
|
Lingkup Materi
|
:
|
Aljabar
|
Materi
|
:
|
Trigonometri
|
Indikator Soal
|
:
|
Diberikan soal cerita tentang perjalanan siswa,
dimana rute perjalanan tersebut membentuk bangun segitiga, siswa dapat
menentukan jarak dari satu tempat ke tempat lain mengunakan aturan cosinus.
|
Level kognitif
|
:
|
C4
|
Lima orang
pelajar melakukan perjalanan tour
d’middle of Java. Perjalanan dimulai dari kota Purwokerto (A) Jawa Tengah.
Menuju desa kecil di kota Batang (B) sejauh 120 km. kemudian dilanjutkan ke
kota Magelang (C) sejauh 130 km. Sebenarnya mereka ditunggu oleh sahabat lama di kota D, (seperti
terlihat di peta) ,Jika Jarak purwokerto ke Magelang 144 km, dan
berbandingan jarak Purwokerto ke kota D
adalah 3/4 jarak
Purwokerto ke Magelang. Tentukan
Jarak kota Batang (B) ke kota D !
PEDOMAN
PENSKORAN:
0 komentar:
Post a Comment