SOAL DAN JAWABAN UP PPG SOSPRI
1. Tetangga
Anda memiliki anak usia smp yang memiliki gejala kenakalan remaja. Rambut
dicat, suka naik motor dengan kenalpot bersuara keras, sering pulang malam,
tidak ramah dengan orang disekelilingnya, dan jarang masuk sekolah. Meskipun
anda bukan guru dari anak tersebut hal apa yang anda lakukan..
a.
mendatangi aparat RT atau RW agar
menasehati anak tersebut untuk berperilaku baik
b.
mendatangi aparat rt atau rw agar
menasehati orangtua anak tersebut untuk berperilaku baik.
c.
menyarankan orangtuanya agar anaknya
berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
d.
menasehati anak tersebut
dengan cara santun agar berperilaku baik dan tidak menyebalkan
e.
menegur anak tersebut dengan keras agar
berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
2. Anda
adalah guru disekolah swasta yang baru berkembang, kebijakan yayasan terkait
pengembangan sekolah baru dikonsentrasikan pada pengembangan sarana dan
prasarana pembelajaran, sehingga kurang peduli terhadap kenaikan gaji guru. Ada
salah satu guru yang kasak-kusuk mengajak teman-teman guru lain untuk memprotes
yayasan agar menaikkan gaji guru. Apa yang anda lakukan…
a.
mengikuti ajakan teman untuk menuntut
kenaikan gaji guru
b.
memberi pengertian kepada teman-teman
bahwa arah kebijakan sudah benar.
c.
memberitahu pimpinan yayasan secara
diam-diam agar menaikkan gaji guru
d.
menolak ajakan teman karena takut
dikeluarkan dari sekolah itu
e. menerima ajakan teman dengan usulan agar menyampaikan apresiasi
dengan bijak
3. Dikampung
yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ad kasus pencurian. Sebagian
warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas diperkampungan anda.
Pada rapat warga rt dibahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan
“PEMULUNG DILARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat
anda terhadap rencana itu…
a.
pemulung tidak identic dengan orang
jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri diperkampungan ini adalah pemulung
b.
pemulung juga manusia dan berhak mencari
nafkah dimana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali.
c.
pemulung sangat berjasa membantu proses
pemilihan sampah plastic dan non plastic dalam rangka melestarikan lingkungan
d.
bintang saja tidak pernah dilarang masuk
perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia dilarang masuk perkampungan.
e. lebih baik melakukan kewaspadaan disetiap keluarga daripada
mencurigai pemulung sebagai pencuri.
4. Dalam
perjalanan menuju kamar kecil, anda melihat dengan mata kepala sendiri teman
guru anda melakukan kekerasan kepada siswanya di dalam kelas. Setelah anda
klarifikasi kepada para siswa, ternyata kebiasaan itu sudah lama dilakukan.
Para siswa cenderung tidak berani melaporkan kejadian itu karena diancam oleh
guru tersebut. Hal yang anda lakukan adalah….
a.
melaporkan secara rinci dan tertulis
kepada kepala sekolah dan kepala dinas agar guru tersebut diberi sanksi.
b.
menasehati teman guru ynag
melakukan kekerasan, agar segera menghentikan kekerasan terhadap siswanya.
c.
menyampaikan secara santun kejadian itu
dalam rapat dengan guru agar guru tersebut tidak melakukan kekerasan terhadap
siswanya.
d.
memberi tahu yang melakukan kekerasan
tersebut, tentang resiko yang diterima jika kekerasan itu terus dilakukan.
e.
menunjukkan beberapa contoh akibat buruk
yang diterima guru jika guru melakukan kekerasan terhadap siswanya.
5. SR
adalah seorang guru yang bertanggungjawab satu kelas. Untuk mewujudkan
potensinya, ia perlu mengikuti beberapa kegiatan namun bersamaan dengan jam
mengajar SR. ia membebani rekan guru ganti yang dititipi untuk mengajar
dikelasnya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh SR……
a.
focus pada pengembangan diri karena rekannya
pasti memahami kondisi SR.
b.
tetap mengikuti kegiatan diluar, dengan
memberikan imbalan khusus kepada rekan guru yang sering menggantikannya
mengajar.
c. focus pada mengajarnya yang dipadukan dengan pengembangan diri
misalnya melakukan penelitian tindakan kelas dikelasnya, dan mengikuti kegiatan
pada waktu libur sekolah
d.
focus pada pengembangan dirinya yang
dikaitkan dengan tugas mengajar, karena jika SR berkembang akan berdampak
positif bagi sekolahnya juga.
e.
focus pada pengembangan diri karena ada
rekan guru yang bias dititipi, bukan menjadi masalah besar jika SR
mengembangkan diri di luar.
6. Manakah
diantara beberapa pernyataan di bawah ini yang paling sesuai dengan diri anda….
a.
Saya adalah orang yang tegas, ambisius,
berani, dan tidak ingin orang lain menyalahkan diri saya
b. saya adalah orang yang rasional, menjaga kesatuan apa yang
diucapkan dengan yang dilakukan, berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, dan
menyikapi konflik secara hati-hati
c.
saya adalah orang yang mudah marah,
selalu bicara apa adanya apabila saya tidak setuju dengan perkataan atau
perlakuan seseorang.
d.
saya adalah orang yang sabar,
berperasaan halus, yang hanya bisa berdoa agar tuhan membalas segala perbuatan
jahat yang orang lakukan pada diri saya
e.
saya adalah orang yang tegas, berani,
dan tidak takut untuk membalas perbuatan buruk yang orang lain lakukan pada
diri saya.
7. Tugas
disekolah dan dirumah datang silih berganti. Satu tugas belum selesai
dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu,
bagaimanakah reaksi anda?
a.
lebih baik saya tinggalkan sama sekali
situasi seperti itu, daripada bekerja seperti robot.
b.
saya ingin mengerjakan seluruh tugas,
namun dalam situasi seperti itu biasanya justru menjadi berantakan semua.
c.
saya hanya bias bekerja satu persatu,
lebih baik beberapa tugas tidak tertangani sma sekali daripada meninggalkan
tugas yang tidak tuntas.
d. saya beruntung mampu bekerja dengan cepat sehingga semua tugas
terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas.
e.
yang penting semua tugas terselesaikan,
soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.
8. Ada
siswa-siswa tertentu yang memiliki sikap dan perilaku yang benar-benar membuat
siapapun menjadi tidak sabar. Pernyataan yang paling menggambarkan diri anda
ketika berhadapan dengan siswa seperti itu adalah..
a. mengajak bicara untuk menjelaskan tanggapan saya dan orang lain
terhadap akibat perilakunya.
b.
berusaha menunjukkan wajah sabar
sekalipun hal itu bukan cerminan perasaan sebenarnya.
c.
secara terbuka mengungkapkan
ketidaksabaran agar siswa dan semua teman sekelasnya tahu dan berubah.
d.
berusaha bersabar sampai perilakunya
tidak dapat diterima lagi.
e.
saya menghindari bertemu siswa-siswa tersebut.
9. Sekolah
berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari
kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari
libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a.
Tidak masalah karena, disekolah tidak
ada yang memeluk agama budha
b. Sebaiknya hari libur agama tidak digunakan untuk kegiatan
sekolah
c.
Hari libur agama boleh digunakan untuk
kegiatan agama yang bersangkutan
d.
Hari libur agama boleh digunakan untuk
berlibur bersama keluarga
e.
Hari raya waisak biarlah diperingati
oleh umat budha, umat lain menyesuaikan
10. Anda
memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedanglan mayoritas
peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah
tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan
agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik yang
mengajarkan tentang kebaikan……
a.
Meminta kepada para pelaku agar meminta
maaf kepada korban dan berjanji tidak
mengulangi perbuatan tersebut
b.
Merekomendasikan kepada guru bimbingan
dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c. Terlibat aktif menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan
memberikan teladan secara langsung
d.
Mempertemukan seluruh siswa untuk saling
berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat beragama
e.
Menyusun peraturan tentang tolrenasi
antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang melanggar.
11. seorang
guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang
harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika
kepada siswa?
a. memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya
dalam proses pembelajaran.
b.
memberikan nilai sesuai capaian belajar
siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah berbeda.
c.
mempertimbangkan nilai capaian belajar,
keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki perolehan nilai.
d.
Mepertimbangkan keaktifannya dalam
pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
e.
Kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang
diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa.
12. Tetangga
Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsure pornografi di grup WA,
apa yang anada lakukan sebagai guru.
a.
Mengingatkan tetangga itu melalui grup
WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur
pornografi.
b. Mengingatkan tetangga itu melalui japri agar
tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
c. Mengingatkan tetangga itu secara langsung agar tidak mengunggah
informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
d.
Mengingatkan tetangga itu melalui rapat
warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur
pornografi.
e.
Segera menghapus informasi atau gambar
yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.
13. Y
sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya.
Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi
sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda
adalah…
a.
menerima saja walau dengan berat hati
b.
memaksakan diri saya mengerjakan tugas
baru tersebut
c. menerima dan akan bekerja sebaik mungkin serta belajar
menyesuaikan diri
d.
menerima dan akan bekerja dengan baik
jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang baru
e.
saya menanyakan terlebih dahulu kepada
sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain
14. seorang
guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan
tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa
masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang
maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk
mengerjakan lebih baik lagi?
a.
“seharusnya jika kamu kurang paham
pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham, agar
hasilnya tidak seperti ini”
b.
“hasil pekerjaanmu sudah cukup baik,
tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar setara dengan yang
lainnya”
c. “ saya senang kamu sudah mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu
memiliki kemampuan untuk mengerjakan yang lebih baik lagi”
d.
“bagaimana bisa kamu mengerjakan seperti
ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa mengerjakannya dengan baik”
e.
“kalian ini tidak ada perubahan sama
sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.
15. Ada
siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam
ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas.
Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan
sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan
adalah…
a.
meminta anak saya membantu
memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit.
b.
meminta anak saya untuk tidak
mempedulikan masalah yang dihadapi temannya.
c.
mengingatkan anak saya untuk tidak
membantu orang lain dengan cara yang keliru.
d. mengingatkan pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak
saya untuk belajar bersama temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e.
membantu anak yang terancam tidak naik
kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah
16. seorang
warga mendatangi seorang guru, warga mengeluhkan sering kali beberapa siswa
mengendarai speda motor dengan kecang, dengan suara knalpot yang sangat bising.
Sudah lama masyarakat mengeluhkan hal ini, di sekolah sebenarnya sdah ada
tulisan dan pemberitahuan bahwa semua siswa tidak diizinkan membawa sepeda
motor ke sekolah. Namun, beberapa siswa tetap membawa sepeda motor dan
menitipkannya di rumah warga. Sebagai guru yang mendapat laporan tersebut, apa
yang anda akan lakukan
a. memanggil
orang tua siswa yang melanggar kesekolah dan meminta agar si anak tidak
diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah
b. bersama-sama
seluruh komponen sekolah untuk mengambil tindakan mencegah siswa-siswa membawa
sepeda motor ke sekolah
c.
saya menyampaikan hal ini
kepada kepala sekolah bersama komponen sekolah mengumpulkan siswa yang
melanggar serta memberikan bimbingan cara menyelesaikannya
d. saya
meminta kepada kepala sekolah agar diberikan kewenangan untuk menertibkan siswa
yang melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor ke sekolah
e. saya
menemui siswa yang telah mengganggu masyararakat sekitar serta memberikan
teguran langsung agar tidak mengendarai motor dengan kencang
17. Anda
adalah guru yang belum memperoleh tunjangan sertifikasi guru. Suatu hari ada
pemebritahuan ada pemberitahuan melalui sms bangking bhwa di rekening anda ada
sejumlah uang yang masukdengan keterangan uang sertifikasi. Setelah
diklarifikasi uang tersebut ternyata uang tunjangan profesi 3 bulan milik teman
andayang kebetulan namanya sama dengan nama anda. Apa yang akan anda lakukan?
a. Memberitahu
teman anda bahawa uang tunjangan sertifikasi guru selama tiga bulan salah masuk
ke rekenign anda
b. Menyarankan
kepada petugas bank untuk berhati- hati dalam bertransaksi sehingga tidak
terjadi kesalahan lagi
c. Segera
mencairkan uang tersebut dan memberikan uang tersebut kepada teman anda yang
namanya sama
d.
Melaporkan kasus yang anda
hadapi kepada kepala sekolah agar segera diselesaika oleh petugas bank
e. Memberitahukan
kepada petugas bank agar segera memindahkan pen giriman uang ke rekening teman
anda
18. Anda
diminta menjadi salah satu juri dari 5 juri lomba kebersihan antar RT di
wilayah desa kelurahan tempat tinggal anda. Ketika menilai kebersihan RT sendiri
anda mengalami konflik batin .pada saat rapat tim juri penentuan juara, hal apa
yang akan anda lakukan
a. Mengusulkan
kepada ketua tim juri agar penilaian anda terhadap RT sendri tidak digunakan
dalam menentukan juara
b.
Membiarkan hasil penilaian
anda di RT sendiri menjadi bahan pertimbangan juara karna anda menilai dengan
objektif
c. Menyampaikan
konflik batin yg anda alami agar ditemukan solusi terbaik dalam menentukan RT
mana yg layak juara
d. Mengusulkan
untuk tahun yg akan datang jika menyelenggarakan lomba kebersihan antar RT
sebaikn ya menggunakan juri dari luar
e. Menyembunyikan
konflik batinsebab kalau disampaikan justru akan terkesan tidak objektif dalam
penialain kebersihan RT.
19. seorang
siswa memprotes gurunya krna dianggap telah memberikan nilai yang rendah.
Menurut siswa ia telah belajar dengan giat dan dapat mengerjakan soal- soal
dengan mudah. Beberapa temannya yg merasa kesulitan mengerjakan soal ulangan
harian justru mendapat nilai yg lebih baik. Bagaimana tanggapan anda terhadap
siswa itu
a. memnujukkan
dokumen hasil ulangan harian dengan
perasaan kecewa menjelaskan hasil ulangan harian secara objektif
b.
menunjukkan dokumen
ulangan dan menjelaskan ala an mengapa siswa itu mendapat nilai sesuai dengan
yg diperolehnya
c. menjawab
protes siswa dengan menunjukkan rekap data seraya menyampaikan agar perbuatan
protes itu tidak di ulangi lagi
d. menjawab
protes siswa dengan menyatakan bahwa berapapun hasilnya Merupakan hak dan
kewenangan guru
e. dari
pada menjadi masalah guru sebaiknya mengubah nilai siswa menjadi lebih baik
sehingga tidak aka nada protes lagi
20. saat
ini kasus bullying (perundungan) terjadi disekolah semakin banyak terjadi.
Ketika mengetahui ada siswa yang menjadi korban bullying yang anda lakukan
adalah
a. menasehati
siswa untuk tidak lagi bersinggungan dengan pelaku bullying
b. bersimpati
dan membesarkan hati siswa yang menjadi korban bullying
c.
mempertemukan pelaku dan
korban bullying untuk menyelesaikan masalah serta menjelaskan arti penting
berteman dengan cara yang baik
d. menemui
pelaku bullying agar tidak melakukan lagi
e. mendampingi
siswa ketika harus berhubungan dengan pelaku bullying dan memberikan
langkah-langkah prefentif
21. ada
situasi ketika semua yang kita lakukan terasa tidak dihargai orang lain.
Seolah-olah semuanya salah dan tidak ada gunanya. Reaksi anda terhadap situasi
itu adalah …
a. tidak
memandang penting apapun pendapat orang tentang yang saya lakukan
b. menghentikan apa yang saya lakukan dan
berusaha melupakan apapun penilaian orang
c. melakukan
protes kepada setiap orang yang tidak menghargai saya
d. mengungkapkan
tentang apa yang harus saya lakukan, kepada orang tidak menghargai saya
e.
melakukan klarifikasi pada
orang yang tidak menghargai apa yang saya lakukan
SOAL KEPRIBADIAN
Petunjuk :
Pilihlah satu pernyataan yang paling
sesuai dengan diri anda.
- Apabila seseorang memilih menjadi insan beriman
pada Tuhan, maka menurut Anda sikap mental seperti apa yang paling penting
dimilikinya ?
A. Mempercayai dengan sepenuhnya bahwa setiap tindakan
manusia berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Tuhan
B.
Memiliki
pilihan moral yang baik di saat punya peluang besar mendapatkan keuntungan
duniawi namun dihadapkan pada tuntutan beribadah.
C.
Amanah
dengan pekerjaan karena meyakini bekerja sebagai ibadah.
D.
Rendah
hati dan senantiasa bersyukur.
E.
Terbuka
untuk mempelajari pengetahuan tentang agama dan keyakinannya.
- Komitmen pribadi dalam berketuhanan dalam
kehidupan sehari-hari menurut Anda lebih banyak diwujudkan dengan ….
A.
Melakukan
kerja bakti atau bakti sosial.
B. Peduli dan memiliki keinginan menolong sesama
C.
Mendukung
kegiatan keagamaan.
D.
Mengawali
hari dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.
E.
Berbaik
sangka pada orang lain.
- Berdasarkan
pengalaman Anda sebelumnya, metode manakah yang paling sesuai untuk
meningkatkan kepekaan peserta didik terhadap tata nilai dalam masyarakat
multikultural ?
A.
Widyawisata.
B.
Tugas
terstruktur.
C.
Bermain
peran.
D.
Diskusi
kelompok.
E.
Simulasi.
- Pernyataan yang paling tepat menggambarkan
keyakinan Anda yang sesungguhnya tentang tugas keguruan adalah ….
A.
Menampilkan
antusiasme dan semangat.
B. Posisi strategis guru sebagai pengelola mutu pendidikan peserta didik.
C.
Merencanakan
strategi pengajaran yang meningkatkan minat belajar peserta didik.
D.
Bekerjasama
dengan komunitas profesional lain dalam menunjang keberhasilan belajar.
E.
Membina
hubungan positif dengan peserta didik.
- Ketika bekerja bersama dengan rekan sesama
guru, Anda akan ….
A.
Kerelaan
untuk mengemukakan diri secara terbuka.
B. Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama
dengan sesama guru.
C.
Mengharapkan
pengertian dari sesama rekan guru.
D.
Menyampaikan
ide atau gagasan, secara jelas dan sistematis.
E.
Mampu
menanggapi kritik dan berusaha memahaminya.
- Pada sebuah pertemuan dengan orangtua untuk
melaporkan kemajuan belajar peserta didik, tindakan pertama mana yang Anda
pilih ?
A. Memaparkan hal positif dari kemampuan dan minat
peserta didik, agar orangtua tergerak berbicara tentang anaknya lebih lanjut.
B.
Mengamati
kondisi peserta didik dan orangtuanya untuk perbandingan antara respon peserta
didik di rumah dan di sekolah.
C.
Menyerahkan
buku laporan kemajuan peserta didik.
D.
Mencatat informasi dan kehadiran orangtua.
E.
Mendengar tuntutan dan kritik orangtua.
- Bekerja sistematis menurut Anda yang utama
adalah ketika ….
A.
Bekerja
menurut intuisi.
B.
Bekerja
sesuai prosedur dan dengan target fleksibel.
C. Bekerja bertahap sesuai rencana memperoleh capaian
proses pembelajaran yang lebih baik.
D.
Bekerja
keras dengan sungguh sungguh meski dalam kondisi penuh tekanan.
E.
Bekerja
sesuai rutinitas.
- Sebagai seorang guru dengan peserta didik yang
memiliki permasalahan berbeda-beda, tentu Anda memiliki cara tersendiri
menghadapinya. Pilihan di bawah ini yang paling sesuai mewakili tindakan
Anda terkait hal tersebut adalah ….
A.
Mendengarkan
keluhan dan melayani kebutuhan serta minat masing masing siswa.
B.
Menyampaikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan kegunaannya di
kehidupan nyata.
C.
Memberikan pengarahan dengan jelas dan dimengerti oleh masing masing
peserta didik.
D.
Menggunakan
pendekatan pengajaran yang lebih problematik sehingga siswa terdorong untuk
berfikir.
E.
Menunjukkan
toleransi yang sama kepada semua siswa.
- Seorang siswa yang Anda
kenal tengah menghadapi masalah keluarga yang berat, dan nilai-nilai pelajaran
yang diperoleh menjadi menurun, maka pertama Anda akan mengambil langkah
....
A. Memberikan
kesempatan pada siswa tersebut untuk perbaikan nilai.
B. Mengajak siswa berbicara dari hati ke hati
tentang kondisi tersebut.
C. Cukup menyapa
hangat saat istirahat sekolah.
D. Meminta kepada
teman-temannya untuk tetap mengajak bercanda dan berinteraksi seperti biasa.
E.
Memberi teguran keras karena prestasi belajarnya
menurun.
10.
Tindakan
mana yang Anda pilih ketika ada seorang siswa Anda mengalami kemalangan ?
A.
Menemuinya dan
berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan
atau keinginannya saat itu.
B.
Memberinya
bantuan dana.
C.
Berbagi
cerita dengannya tentang perasaannya saat itu.
D.
Menyampaikan
ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung.
E.
Meminta
teman-temannya saja untuk menggantikan Anda datang menemuinya
11.
Saat ini anda baru tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata pelajaran
matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga jadwal mengajar menjadi
padat serta ditambah tugas non akademik.
Beberapa peserta didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya
rendah. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut ?
A.
Memberikan pelajaran tambahan di luar jam belajar mengajar bagi
peserta didik yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk karena sudah menjadi
tanggung jawab saya.
B.
Meminta
bantuan pada peserta didik llain yang lebih
pandai untuk mengajari.
C.
Meminta
beberapa peserta didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar sekolah.
D. Menganjurkan peserta didik yang mendapat
nilai rendah untuk belajar kelompok karena anda sibuk dengan tugas non akademik
di sekolah.
E. Menegur peserta didik tersebut agar mereka
belajar lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar.
12.Jika
anda melihat kurangnya fasilitas ruang laboratorium serta peralatan untuk
praktikum yang kurang lengkap. Sebagai guru, apa yang akan anda lakukan ?
A. Berinisiatif
untuk mengajak siswa melakukan praktikum dengan laboratorium alam bebas atau di
luar ruangan dengan memanfaatkan kejadian-kejadian yang sifatnya alamiah.
B.
Berupaya
untuk mengkomunikasikan terbatasnya fasilitas kepada pihak sekolah, dan
memberikan solusi untuk mengatasinya.
C.
Menciptakan
laboratorium temporary dengan cara meminjam kelas lain yang kosong untuk
dijadikan sebagai ruang laboratorium sementara sampai ada solusi untuk menjawab
persoalan tersebut.
D.
Berupaya
mengoptimal apa yang sudah ada disekolah secara maksimal.
E.
Menyerahkan
segala permasalahan tersebut untuk diselesaikan sendiri oleh pihak sekolah.
13.
Saat ini anda adalah seorang guru yang sedang ijin belajar untuk studi S2. Pada
suatu ketika Anda dihadapkan dengan tugas kuliah yang menumpuk dan waktu
pengumpulannya mendesak, tapi di sisi lain Anda juga harus mempersiapkan materi
yang akan disampaikan saat mengajar. Apa yang anda lakukan ?
A.
Saya akan mempersiapkan materi mengajar
dengan sebaik-baiknya terlebih dahulu agar peserta didik dapat memahami
pelajaran selanjutnya saya akan mengerjakan tugas kuliah.
B.
Saya
akan memberikan penugasan mandiri kepada peserta didik karena tugas kuliah
mendesak untuk dikerjakan.
C.
Saya
akan berusaha menjalankan kedua aktivitas saya dengan melakukan manajemen waktu
dengan baik dan yang menjadi prioritas adalah mengajar.
D. Saya akan menyelesaikan tugas kuliah terlebih
dahulu dimalam hari dan selanjutnya
sebelum kelas dimulai saya akan mempersiapkan materi untuk mengajar.
E. Saya akan mencari alasan untuk tidak masuk
mengajar untuk dapat menyelesaikan tugas kuliah.
14.
Anda diterima sebagai guru di SMA swasta yang ada di Surabaya sedangkan tempat
tinggal Anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di
sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu
anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan tugas administrasi diluar jam
kerja. Apa yang akan anda lakukan ?
A.
Sementara
saya akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di dekat rumah.
B.
Saya akan tetap menjalankan tugas saya
sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun tempat mengajar jauh dan banyak
tugas tambahan yang harus diselesaikan.
C.
Saya
sering merasa kelelahan dengan jarak tempuh rumah yang terlalu jauh dengan
sekolah.
D.
Saya
merasa terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan
faktor ekonomi saja.
E.
Saya
akan tetap bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta dispensasi
tidak diberi tugas tambahan diluar jam mengajar karena rumah terlalu jauh.
15. Anda adalah guru yang mendapatkan tugas dari
Kepala Sekolah untuk melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan metode
pembelajaran untuk peserta didik agar dapat meningkatkan efektivitas sistem
pembelajaran di Sekolah. Namun, sekolah tidak memiliki dana untuk mengadakan
penelitian tersebut. Bagaimana anda menyikapi persoalan tersebut ?
A. Saya akan mengajukan prosopal penelitian saya
pada penelitian yang diselenggarakan Pemerintah agar mendapatkan bantuan dana
sehingga mampu menyelesaikan penelitian secara optimal.
B.
Saya akan tetap melaksanakan tugas penelitian
tersebut sampai tuntas dengan memanfaatkan fasilitas yang ada secara optimal
dan tidak akan menyurutkan semangat saya dalam memberikan hasil yang
terbaik.
C. Saya akan menolak secara halus tugas yang
diberikan Kepala Sekolah apabila saya
merasa kurang siap dalam menyelesaikannya.
D. Saya merasa kurang tertarik dengan tugas yang
diberikan Kepala Sekolah apabila kurang mendapatkan dukungan dana yang
dibutuhkan.
E. Saya akan meminta bantuan dari rekan guru
yang lain untuk menyelesaikan penelitian saya.
16. Seorang guru di tempat anda mengajar menunjukkan
ketidakpedulian pada semua peserta didiknya. Guru tersebut hanya datang saat
mengajar dan tidak berkenan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan
pelajaran. Sebagai teman sejawat sesame guru apa yang akan anda lakukan ?
A. Saya akan mengajukan usulan kepada kepala
sekolah agar memberikan teguran pada guru tersebut.
B.
Saya akan melakukan pendekatan secara
persuasif pada guru tersebut agar mau membimbing peserta didiknya yang menalami
kesulitan dalam pelajaran.
C. Saya akan mengajukan saran kepada kepala
sekolah agar mengevaluasi kinerja guru setiap bulan sehingga diharapkan dapat
memperbaiki kekurangan guru dalam melaksanakan tugasnya.
D. Saya akan diam saja karena hal ini bukan
merupakan tanggung jawab saya.
E. Saya akan meminta teman terdekat dari guru
tersebut untuk menyampaikan nasehat agar berkenan untuk membimbing peserta
didiknya.
17.
Sekolah tempat anda bekerja memberikan seragam baru untuk semua guru. Seragam
tersebut motifnya bagus akan tetapi berbahan tebal dan panas sehingga membuat
yang memakai tidak merasa nyaman. Teman sejawat banyak yang enggan memakainya
dan ada juga yang melakukan protes terhadap kebijakan memakai seragam kerja.
Apa yang akan anda lakukan ?
A. Mengikuti teman sejawat yang tidak mau
memakai seragam kerja.
B. Melakukan protes terhadap kebijakan keharusan
memakai seragam kerja.
C.
Mengikuti aturan yang telah ditetapkan dengan
memakai seragam kerja yang sudah diberikan.
D. Memilih pasif dalam menghadapi situasi yang
terjadi.
E. Membeli motif yang sama akan tetapi memilih
bahan yang lebih baik untuk dijahitkan sendiri agar tetap kelihatan memakai
seragam yang sama.
18.
Anda adalah guru yang bekerja di SMP Swasta di Surabaya. Pada suatu hari anda
mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih besar
dibandingkan profesi anda saat ini sebagai Guru. Apa yang akan anda lakukan ?
A. Saya
akan tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun dengan kesejahteraan yang
lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain karena menjadi guru sudah
menjadi cita-cita.
B.
Saya
akan tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun suatu saat nanti saya ingin
pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat kesejahteraannya.
C.
Saya
akan menolak tawaran pekerjaan tersebut saat ini, namun saya mau membuka diri
untuk menerimanya di kemudian hari.
D.
Saya
akan menerima tawaran tersebut tanpa berpikir panjang dan segera mengundurkan
diri secara baik-baik di sekolah tempat saya mengajar.
E.
Saya
akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih
baik.
19.
Anda adalah guru yang mengajar di SMA. Beberapa peserta didik anda memiliki
bakat melukis. Anda ditugaskan sekolah untuk memilih salah satu peserta didik
untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba melukis antar sekolah. Ada tiga
peserta didik yang anda kenal dekat dan baik dibandingkan peserta didik
lainnya. Apa yang akan anda lakukan untuk menentukan pilihannnya ?
A.
Saat
memilih perwakilan saya akan melibatkan guru kesenian dan kepala sekolah agar
terjadi obyektivitas dalam menentukan pilihan.
B. Saya
akan mengadakan lomba melukis antar peserta didik dalam sekolah dengan tim
penilai guru kesenian dan kepala sekolah. Selanjutnya peserta didik yang
memenangkan lomba yang berhak mewakili sekolah.
C.
Saya
akan meminta peserta didik menyerahkan hasil karyanya yang dibuat dirumah untuk
dinilai oleh guru kesenian. Selanjutnya yang terbaik akan mewakili sekolah
mengikuti lomba.
D.
Saya
akan memilih peserta didik yang mudah dihubungi.
E.
Saya
akan memilih peserta didik yang mewakili sekolah berdasarkan kedekatan saya
secara pribadi.
20.
Salah satu persyaratan untuk menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik
S1 atau D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA Swasta di Surabaya
tidak memiliki salah satu persayaratan wajib yang diharuskan undang-undang
tetapi sudah aktif mengajar. Apa yang akan anda lakukan ?
A. Saya
akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada guru tersebut, dan memberikan
informasi berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam
mencapai persyaratan.
B.
Saya
akan memberikan usulan kepada kepala sekolah agar mengidentifikasi setiap
guru yang belum memenuhi persyaratan
wajib seorang guru, kemudian memberikan dukungan agar mencapai persyaratan tersebut.
C.
Saya
akan mencarikan informasi untuk guru berkaitan dengan program-program
pemerintah yang dapat membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib
sebagai guru.
D.
Saya
akan melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah ataupun dinas
pendidikan terkait agar guru tersebut mendapatkan sanksi.
E.
Saya
akan diam saja karena hal tersebut merupakah tanggung jawab kepala sekolah.
0 komentar:
Post a Comment