Pages

Friday, February 21, 2020

SOAL DAN JAWABAN UP PPG SOSPRI

SOAL DAN JAWABAN UP PPG SOSPRI


1.      Tetangga Anda memiliki anak usia smp yang memiliki gejala kenakalan remaja. Rambut dicat, suka naik motor dengan kenalpot bersuara keras, sering pulang malam, tidak ramah dengan orang disekelilingnya, dan jarang masuk sekolah. Meskipun anda bukan guru dari anak tersebut hal apa yang anda lakukan..
a.       mendatangi aparat RT atau RW agar menasehati anak tersebut untuk berperilaku baik
b.      mendatangi aparat rt atau rw agar menasehati orangtua anak tersebut untuk berperilaku baik.
c.       menyarankan orangtuanya agar anaknya berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
d.      menasehati anak tersebut dengan cara santun agar berperilaku baik dan tidak menyebalkan
e.       menegur anak tersebut dengan keras agar berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
2.      Anda adalah guru disekolah swasta yang baru berkembang, kebijakan yayasan terkait pengembangan sekolah baru dikonsentrasikan pada pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran, sehingga kurang peduli terhadap kenaikan gaji guru. Ada salah satu guru yang kasak-kusuk mengajak teman-teman guru lain untuk memprotes yayasan agar menaikkan gaji guru. Apa yang anda lakukan…
a.       mengikuti ajakan teman untuk menuntut kenaikan gaji guru
b.      memberi pengertian kepada teman-teman bahwa arah kebijakan sudah benar.
c.       memberitahu pimpinan yayasan secara diam-diam agar menaikkan gaji guru
d.      menolak ajakan teman karena takut dikeluarkan dari sekolah itu
e.       menerima ajakan teman dengan usulan agar menyampaikan apresiasi dengan bijak

3.      Dikampung yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ad kasus pencurian. Sebagian warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas diperkampungan anda. Pada rapat warga rt dibahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan “PEMULUNG DILARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat anda terhadap rencana itu…
a.       pemulung tidak identic dengan orang jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri diperkampungan ini adalah pemulung
b.      pemulung juga manusia dan berhak mencari nafkah dimana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali.
c.       pemulung sangat berjasa membantu proses pemilihan sampah plastic dan non plastic dalam rangka melestarikan lingkungan
d.      bintang saja tidak pernah dilarang masuk perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia dilarang masuk perkampungan.
e.       lebih baik melakukan kewaspadaan disetiap keluarga daripada mencurigai pemulung sebagai pencuri.

4.      Dalam perjalanan menuju kamar kecil, anda melihat dengan mata kepala sendiri teman guru anda melakukan kekerasan kepada siswanya di dalam kelas. Setelah anda klarifikasi kepada para siswa, ternyata kebiasaan itu sudah lama dilakukan. Para siswa cenderung tidak berani melaporkan kejadian itu karena diancam oleh guru tersebut. Hal yang anda lakukan adalah….
a.       melaporkan secara rinci dan tertulis kepada kepala sekolah dan kepala dinas agar guru tersebut diberi sanksi.
b.      menasehati teman guru ynag melakukan kekerasan, agar segera menghentikan kekerasan terhadap siswanya.
c.       menyampaikan secara santun kejadian itu dalam rapat dengan guru agar guru tersebut tidak melakukan kekerasan terhadap siswanya.
d.      memberi tahu yang melakukan kekerasan tersebut, tentang resiko yang diterima jika kekerasan itu terus dilakukan.
e.       menunjukkan beberapa contoh akibat buruk yang diterima guru jika guru melakukan kekerasan terhadap siswanya.

5.      SR adalah seorang guru yang bertanggungjawab satu kelas. Untuk mewujudkan potensinya, ia perlu mengikuti beberapa kegiatan namun bersamaan dengan jam mengajar SR. ia membebani rekan guru ganti yang dititipi untuk mengajar dikelasnya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh SR……
a.       focus pada pengembangan diri karena rekannya pasti memahami kondisi SR.
b.      tetap mengikuti kegiatan diluar, dengan memberikan imbalan khusus kepada rekan guru yang sering menggantikannya mengajar.
c.       focus pada mengajarnya yang dipadukan dengan pengembangan diri misalnya melakukan penelitian tindakan kelas dikelasnya, dan mengikuti kegiatan pada waktu libur sekolah
d.      focus pada pengembangan dirinya yang dikaitkan dengan tugas mengajar, karena jika SR berkembang akan berdampak positif bagi sekolahnya juga.
e.       focus pada pengembangan diri karena ada rekan guru yang bias dititipi, bukan menjadi masalah besar jika SR mengembangkan diri di luar.
6.      Manakah diantara beberapa pernyataan di bawah ini yang paling sesuai dengan diri anda….
a.       Saya adalah orang yang tegas, ambisius, berani, dan tidak ingin orang lain menyalahkan diri saya
b.      saya adalah orang yang rasional, menjaga kesatuan apa yang diucapkan dengan yang dilakukan, berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, dan menyikapi konflik secara hati-hati
c.       saya adalah orang yang mudah marah, selalu bicara apa adanya apabila saya tidak setuju dengan perkataan atau perlakuan seseorang.
d.      saya adalah orang yang sabar, berperasaan halus, yang hanya bisa berdoa agar tuhan membalas segala perbuatan jahat yang orang lakukan pada diri saya
e.       saya adalah orang yang tegas, berani, dan tidak takut untuk membalas perbuatan buruk yang orang lain lakukan pada diri saya.

7.      Tugas disekolah dan dirumah datang silih berganti. Satu tugas belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimanakah reaksi anda?
a.       lebih baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, daripada bekerja seperti robot.
b.      saya ingin mengerjakan seluruh tugas, namun dalam situasi seperti itu biasanya justru menjadi berantakan semua.
c.       saya hanya bias bekerja satu persatu, lebih baik beberapa tugas tidak tertangani sma sekali daripada meninggalkan tugas yang tidak tuntas.
d.      saya beruntung mampu bekerja dengan cepat sehingga semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas.
e.       yang penting semua tugas terselesaikan, soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.

8.      Ada siswa-siswa tertentu yang memiliki sikap dan perilaku yang benar-benar membuat siapapun menjadi tidak sabar. Pernyataan yang paling menggambarkan diri anda ketika berhadapan dengan siswa seperti itu adalah..
a.       mengajak bicara untuk menjelaskan tanggapan saya dan orang lain terhadap akibat perilakunya.
b.      berusaha menunjukkan wajah sabar sekalipun hal itu bukan cerminan perasaan sebenarnya.
c.       secara terbuka mengungkapkan ketidaksabaran agar siswa dan semua teman sekelasnya tahu dan berubah.
d.      berusaha bersabar sampai perilakunya tidak dapat diterima lagi.
e.       saya menghindari bertemu siswa-siswa tersebut.

9.      Sekolah berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a.       Tidak masalah karena, disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
b.      Sebaiknya hari libur agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
c.       Hari libur agama boleh digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan
d.      Hari libur agama boleh digunakan untuk berlibur bersama keluarga
e.       Hari raya waisak biarlah diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan

10.  Anda memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedanglan mayoritas peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik yang mengajarkan tentang kebaikan……
a.       Meminta kepada para pelaku agar meminta maaf kepada korban dan  berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
b.      Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c.       Terlibat aktif menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan memberikan teladan secara langsung
d.      Mempertemukan seluruh siswa untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat beragama
e.       Menyusun peraturan tentang tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang melanggar.

11.  seorang guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika kepada siswa?
a.       memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
b.      memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah berbeda.
c.       mempertimbangkan nilai capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki perolehan nilai.
d.      Mepertimbangkan keaktifannya dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
e.       Kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa.

12.  Tetangga Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsure pornografi di grup WA, apa yang anada lakukan sebagai guru.
a.       Mengingatkan tetangga itu melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
b.      Mengingatkan tetangga itu melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
c.       Mengingatkan tetangga itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
d.      Mengingatkan tetangga itu melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
e.       Segera menghapus informasi atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.

13.  Y sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya. Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda adalah…
a.       menerima saja walau dengan berat hati
b.      memaksakan diri saya mengerjakan tugas baru tersebut
c.       menerima dan akan bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri
d.      menerima dan akan bekerja dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang baru
e.       saya menanyakan terlebih dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain

14.  seorang guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk mengerjakan lebih baik lagi?
a.       “seharusnya jika kamu kurang paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham, agar hasilnya tidak seperti ini”
b.      “hasil pekerjaanmu sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar setara dengan yang lainnya”
c.       “ saya senang kamu sudah mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakan yang lebih baik lagi”
d.      “bagaimana bisa kamu mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa mengerjakannya dengan baik”
e.       “kalian ini tidak ada perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.

15.  Ada siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas. Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan adalah…
a.       meminta anak saya membantu memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit.
b.      meminta anak saya untuk tidak mempedulikan masalah yang dihadapi temannya.
c.       mengingatkan anak saya untuk tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru.
d.      mengingatkan pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e.       membantu anak yang terancam tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah

16.  seorang warga mendatangi seorang guru, warga mengeluhkan sering kali beberapa siswa mengendarai speda motor dengan kecang, dengan suara knalpot yang sangat bising. Sudah lama masyarakat mengeluhkan hal ini, di sekolah sebenarnya sdah ada tulisan dan pemberitahuan bahwa semua siswa tidak diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah. Namun, beberapa siswa tetap membawa sepeda motor dan menitipkannya di rumah warga. Sebagai guru yang mendapat laporan tersebut, apa yang anda akan lakukan
a.       memanggil orang tua siswa yang melanggar kesekolah dan meminta agar si anak tidak diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah
b.      bersama-sama seluruh komponen sekolah untuk mengambil tindakan mencegah siswa-siswa membawa sepeda motor ke sekolah
c.       saya menyampaikan hal ini kepada kepala sekolah bersama komponen sekolah mengumpulkan siswa yang melanggar serta memberikan bimbingan cara menyelesaikannya
d.      saya meminta kepada kepala sekolah agar diberikan kewenangan untuk menertibkan siswa yang melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor ke sekolah
e.       saya menemui siswa yang telah mengganggu masyararakat sekitar serta memberikan teguran langsung agar tidak mengendarai motor dengan kencang

17.  Anda adalah guru yang belum memperoleh tunjangan sertifikasi guru. Suatu hari ada pemebritahuan ada pemberitahuan melalui sms bangking bhwa di rekening anda ada sejumlah uang yang masukdengan keterangan uang sertifikasi. Setelah diklarifikasi uang tersebut ternyata uang tunjangan profesi 3 bulan milik teman andayang kebetulan namanya sama dengan nama anda. Apa yang akan anda lakukan?
a.       Memberitahu teman anda bahawa uang tunjangan sertifikasi guru selama tiga bulan salah masuk ke rekenign anda
b.      Menyarankan kepada petugas bank untuk berhati- hati dalam bertransaksi sehingga tidak terjadi kesalahan lagi
c.       Segera mencairkan uang tersebut dan memberikan uang tersebut kepada teman anda yang namanya sama
d.      Melaporkan kasus yang anda hadapi kepada kepala sekolah agar segera diselesaika oleh petugas bank
e.       Memberitahukan kepada petugas bank agar segera memindahkan pen giriman uang ke rekening teman anda

18.  Anda diminta menjadi salah satu juri dari 5 juri lomba kebersihan antar RT di wilayah desa kelurahan tempat tinggal anda. Ketika menilai kebersihan RT sendiri anda mengalami konflik batin .pada saat rapat tim juri penentuan juara, hal apa yang akan anda lakukan
a.       Mengusulkan kepada ketua tim juri agar penilaian anda terhadap RT sendri tidak digunakan dalam menentukan juara
b.      Membiarkan hasil penilaian anda di RT sendiri menjadi bahan pertimbangan juara karna anda menilai dengan objektif
c.       Menyampaikan konflik batin yg anda alami agar ditemukan solusi terbaik dalam menentukan RT mana yg layak juara
d.      Mengusulkan untuk tahun yg akan datang jika menyelenggarakan lomba kebersihan antar RT sebaikn ya menggunakan juri dari luar
e.       Menyembunyikan konflik batinsebab kalau disampaikan justru akan terkesan tidak objektif dalam penialain kebersihan RT.

19.  seorang siswa memprotes gurunya krna dianggap telah memberikan nilai yang rendah. Menurut siswa ia telah belajar dengan giat dan dapat mengerjakan soal- soal dengan mudah. Beberapa temannya yg merasa kesulitan mengerjakan soal ulangan harian justru mendapat nilai yg lebih baik. Bagaimana tanggapan anda terhadap siswa itu
a.       memnujukkan dokumen hasil ulangan harian  dengan perasaan kecewa menjelaskan hasil ulangan harian secara objektif
b.      menunjukkan dokumen ulangan dan menjelaskan ala an mengapa siswa itu mendapat nilai sesuai dengan yg diperolehnya
c.       menjawab protes siswa dengan menunjukkan rekap data seraya menyampaikan agar perbuatan protes itu tidak di ulangi lagi
d.      menjawab protes siswa dengan menyatakan bahwa berapapun hasilnya Merupakan hak dan kewenangan guru
e.       dari pada menjadi masalah guru sebaiknya mengubah nilai siswa menjadi lebih baik sehingga tidak aka nada protes lagi


20.  saat ini kasus bullying (perundungan) terjadi disekolah semakin banyak terjadi. Ketika mengetahui ada siswa yang menjadi korban bullying yang anda lakukan adalah
a.       menasehati siswa untuk tidak lagi bersinggungan dengan pelaku bullying
b.      bersimpati dan membesarkan hati siswa yang menjadi korban bullying
c.       mempertemukan pelaku dan korban bullying untuk menyelesaikan masalah serta menjelaskan arti penting berteman dengan cara yang baik
d.      menemui pelaku bullying agar tidak melakukan lagi
e.       mendampingi siswa ketika harus berhubungan dengan pelaku bullying dan memberikan langkah-langkah prefentif

21.  ada situasi ketika semua yang kita lakukan terasa tidak dihargai orang lain. Seolah-olah semuanya salah dan tidak ada gunanya. Reaksi anda terhadap situasi itu adalah …
a.       tidak memandang penting apapun pendapat orang tentang yang saya lakukan
b.       menghentikan apa yang saya lakukan dan berusaha melupakan apapun penilaian orang
c.       melakukan protes kepada setiap orang yang tidak menghargai saya
d.      mengungkapkan tentang apa yang harus saya lakukan, kepada orang tidak menghargai saya
e.       melakukan klarifikasi pada orang yang tidak menghargai apa yang saya lakukan


SOAL KEPRIBADIAN

Petunjuk :
Pilihlah satu pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda.

  1. Apabila seseorang memilih menjadi insan beriman pada Tuhan, maka menurut Anda sikap mental seperti apa yang paling penting dimilikinya ?

A.       Mempercayai dengan sepenuhnya bahwa setiap tindakan manusia berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Tuhan
B.       Memiliki pilihan moral yang baik di saat punya peluang besar mendapatkan keuntungan duniawi namun dihadapkan pada tuntutan beribadah.
C.       Amanah dengan pekerjaan karena meyakini bekerja sebagai ibadah.
D.       Rendah hati dan senantiasa bersyukur.
E.        Terbuka untuk mempelajari pengetahuan tentang agama dan keyakinannya.

  1. Komitmen pribadi dalam berketuhanan dalam kehidupan sehari-hari menurut Anda lebih banyak diwujudkan dengan ….

A.       Melakukan kerja bakti atau bakti sosial.
B.       Peduli dan memiliki keinginan menolong sesama
C.       Mendukung kegiatan keagamaan.
D.       Mengawali hari dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.
E.        Berbaik sangka pada orang lain.

  1. Berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya, metode manakah yang paling sesuai untuk meningkatkan kepekaan peserta didik terhadap tata nilai dalam masyarakat multikultural ?
A.       Widyawisata.
B.       Tugas terstruktur.
C.       Bermain peran.
D.       Diskusi kelompok.
E.        Simulasi.

  1. Pernyataan yang paling tepat menggambarkan keyakinan Anda yang sesungguhnya tentang tugas keguruan adalah ….
A.       Menampilkan antusiasme dan semangat.
B.       Posisi strategis guru sebagai pengelola mutu pendidikan peserta didik.
C.       Merencanakan strategi pengajaran yang meningkatkan minat belajar peserta didik. 
D.       Bekerjasama dengan komunitas profesional lain dalam menunjang keberhasilan belajar.
E.        Membina hubungan positif dengan peserta didik.

  1. Ketika bekerja bersama dengan rekan sesama guru, Anda akan ….
A.       Kerelaan untuk mengemukakan diri secara terbuka.
B.       Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama dengan sesama guru.
C.       Mengharapkan pengertian dari sesama rekan guru.
D.       Menyampaikan ide atau gagasan, secara jelas dan sistematis.
E.        Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya.

  1. Pada sebuah pertemuan dengan orangtua untuk melaporkan kemajuan belajar peserta didik, tindakan pertama mana yang Anda pilih  ?
A.       Memaparkan hal positif dari kemampuan dan minat peserta didik, agar orangtua tergerak berbicara tentang anaknya lebih lanjut.
B.       Mengamati kondisi peserta didik dan orangtuanya untuk perbandingan antara respon peserta didik di rumah dan di sekolah.
C.       Menyerahkan buku laporan kemajuan peserta didik.
D.       Mencatat informasi dan kehadiran orangtua.
E.        Mendengar tuntutan dan kritik orangtua.

  1. Bekerja sistematis menurut Anda yang utama adalah ketika ….
A.       Bekerja menurut intuisi.
B.       Bekerja sesuai prosedur dan dengan target fleksibel.
C.       Bekerja bertahap sesuai rencana memperoleh capaian proses pembelajaran yang lebih baik.
D.       Bekerja keras dengan sungguh sungguh meski dalam kondisi penuh tekanan.
E.        Bekerja sesuai rutinitas.

  1. Sebagai seorang guru dengan peserta didik yang memiliki permasalahan berbeda-beda, tentu Anda memiliki cara tersendiri menghadapinya. Pilihan di bawah ini yang paling sesuai mewakili tindakan Anda terkait hal tersebut adalah ….
A.       Mendengarkan keluhan dan melayani kebutuhan serta minat masing masing siswa.
B.       Menyampaikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan kegunaannya di kehidupan nyata.
C.       Memberikan pengarahan dengan jelas dan dimengerti oleh masing masing peserta didik.
D.       Menggunakan pendekatan pengajaran yang lebih problematik sehingga siswa terdorong untuk berfikir.
E.        Menunjukkan toleransi yang sama kepada semua siswa.


  1. Seorang siswa yang Anda kenal tengah menghadapi masalah keluarga yang berat, dan nilai-nilai pelajaran yang diperoleh menjadi menurun, maka pertama Anda akan mengambil langkah ....
A.       Memberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk perbaikan nilai.
B.       Mengajak siswa berbicara dari hati ke hati tentang kondisi tersebut.
C.       Cukup menyapa hangat saat istirahat sekolah.
D.       Meminta kepada teman-temannya untuk tetap mengajak bercanda dan berinteraksi seperti biasa.
E.        Memberi teguran keras karena prestasi belajarnya menurun.





10.         Tindakan mana yang Anda pilih ketika ada seorang siswa Anda mengalami kemalangan ?
A.           Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan atau keinginannya saat itu.
B.            Memberinya bantuan dana.
C.            Berbagi cerita dengannya tentang perasaannya saat itu.
D.           Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung.
E.            Meminta teman-temannya saja untuk menggantikan Anda datang menemuinya
  
11. Saat ini anda baru tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga jadwal mengajar menjadi padat serta ditambah tugas non akademik.  Beberapa peserta didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya rendah. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut ?
A.    Memberikan pelajaran  tambahan di luar jam belajar mengajar bagi peserta didik yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk karena sudah menjadi tanggung jawab saya.
B.     Meminta bantuan pada peserta didik llain  yang lebih pandai untuk mengajari.
C.     Meminta beberapa peserta didik tersebut mengikuti les pelajaran  diluar sekolah.
D.    Menganjurkan peserta didik yang mendapat nilai rendah untuk belajar kelompok karena anda sibuk dengan tugas non akademik di sekolah.
E.     Menegur peserta didik tersebut agar mereka belajar lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar.

12.Jika anda melihat kurangnya fasilitas ruang laboratorium serta peralatan untuk praktikum yang kurang lengkap. Sebagai guru, apa yang akan anda lakukan ?
A.       Berinisiatif untuk mengajak siswa melakukan praktikum dengan laboratorium alam bebas atau di luar ruangan dengan memanfaatkan kejadian-kejadian yang sifatnya alamiah.
B.       Berupaya untuk mengkomunikasikan terbatasnya fasilitas kepada pihak sekolah, dan memberikan solusi untuk mengatasinya.
C.       Menciptakan laboratorium temporary dengan cara meminjam kelas lain yang kosong untuk dijadikan sebagai ruang laboratorium sementara sampai ada solusi untuk menjawab persoalan tersebut.
D.       Berupaya mengoptimal apa yang sudah ada disekolah secara maksimal.
E.        Menyerahkan segala permasalahan tersebut untuk diselesaikan sendiri oleh pihak sekolah.

13. Saat ini anda adalah seorang guru yang sedang ijin belajar untuk studi S2. Pada suatu ketika Anda dihadapkan dengan tugas kuliah yang menumpuk dan waktu pengumpulannya mendesak, tapi di sisi lain Anda juga harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan saat mengajar. Apa yang anda lakukan ?
A.    Saya akan mempersiapkan materi mengajar dengan sebaik-baiknya terlebih dahulu agar peserta didik dapat memahami pelajaran selanjutnya saya akan mengerjakan tugas kuliah.
B.     Saya akan memberikan penugasan mandiri kepada peserta didik karena tugas kuliah mendesak untuk dikerjakan.
C.     Saya akan berusaha menjalankan kedua aktivitas saya dengan melakukan manajemen waktu dengan baik dan yang menjadi prioritas adalah mengajar.
D.    Saya akan menyelesaikan tugas kuliah terlebih dahulu  dimalam hari dan selanjutnya sebelum kelas dimulai saya akan mempersiapkan materi untuk mengajar.
E.     Saya akan mencari alasan untuk tidak masuk mengajar untuk dapat menyelesaikan tugas kuliah.



14. Anda diterima sebagai guru di SMA swasta yang ada di Surabaya sedangkan tempat tinggal Anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan tugas administrasi diluar jam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?
A.    Sementara saya akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di dekat rumah.
B.     Saya akan tetap menjalankan tugas saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun tempat mengajar jauh dan banyak tugas tambahan yang harus diselesaikan.
C.     Saya sering merasa kelelahan dengan jarak tempuh rumah yang terlalu jauh dengan sekolah.
D.    Saya merasa terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan faktor ekonomi saja.
E.     Saya akan tetap bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta dispensasi tidak diberi tugas tambahan diluar jam mengajar karena rumah terlalu jauh.

15. Anda adalah guru yang mendapatkan tugas dari Kepala Sekolah untuk melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan metode pembelajaran untuk peserta didik agar dapat meningkatkan efektivitas sistem pembelajaran di Sekolah. Namun, sekolah tidak memiliki dana untuk mengadakan penelitian tersebut. Bagaimana anda menyikapi persoalan tersebut ?
A.    Saya akan mengajukan prosopal penelitian saya pada penelitian yang diselenggarakan Pemerintah agar mendapatkan bantuan dana sehingga mampu menyelesaikan penelitian secara optimal. 
B.     Saya akan tetap melaksanakan tugas penelitian tersebut sampai tuntas dengan memanfaatkan fasilitas yang ada secara optimal dan tidak akan menyurutkan semangat saya dalam memberikan hasil yang terbaik. 
C.     Saya akan menolak secara halus tugas yang diberikan Kepala Sekolah  apabila saya merasa kurang siap dalam menyelesaikannya.
D.    Saya merasa kurang tertarik dengan tugas yang diberikan Kepala Sekolah apabila kurang mendapatkan dukungan dana yang dibutuhkan.
E.     Saya akan meminta bantuan dari rekan guru yang lain untuk menyelesaikan penelitian saya.

16. Seorang guru di tempat anda mengajar menunjukkan ketidakpedulian pada semua peserta didiknya. Guru tersebut hanya datang saat mengajar dan tidak berkenan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan pelajaran. Sebagai teman sejawat sesame guru apa yang akan anda lakukan ?
A.    Saya akan mengajukan usulan kepada kepala sekolah agar memberikan teguran pada guru tersebut.
B.     Saya akan melakukan pendekatan secara persuasif pada guru tersebut agar mau membimbing peserta didiknya yang menalami kesulitan dalam pelajaran.
C.     Saya akan mengajukan saran kepada kepala sekolah agar mengevaluasi kinerja guru setiap bulan sehingga diharapkan dapat memperbaiki kekurangan guru dalam melaksanakan tugasnya.
D.    Saya akan diam saja karena hal ini bukan merupakan tanggung jawab saya.
E.     Saya akan meminta teman terdekat dari guru tersebut untuk menyampaikan nasehat agar berkenan untuk membimbing peserta didiknya.

17. Sekolah tempat anda bekerja memberikan seragam baru untuk semua guru. Seragam tersebut motifnya bagus akan tetapi berbahan tebal dan panas sehingga membuat yang memakai tidak merasa nyaman. Teman sejawat banyak yang enggan memakainya dan ada juga yang melakukan protes terhadap kebijakan memakai seragam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?
A.    Mengikuti teman sejawat yang tidak mau memakai seragam kerja.
B.     Melakukan protes terhadap kebijakan keharusan memakai seragam kerja.
C.    Mengikuti aturan yang telah ditetapkan dengan memakai seragam kerja yang sudah diberikan.
D.    Memilih pasif dalam menghadapi situasi yang terjadi.
E.     Membeli motif yang sama akan tetapi memilih bahan yang lebih baik untuk dijahitkan sendiri agar tetap kelihatan memakai seragam yang sama.

18. Anda adalah guru yang bekerja di SMP Swasta di Surabaya. Pada suatu hari anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih besar dibandingkan profesi anda saat ini sebagai Guru. Apa yang akan anda lakukan ?
A.    Saya akan tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun dengan kesejahteraan yang lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain karena menjadi guru sudah menjadi cita-cita.
B.     Saya akan tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun suatu saat nanti saya ingin pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat kesejahteraannya.
C.     Saya akan menolak tawaran pekerjaan tersebut saat ini, namun saya mau membuka diri untuk menerimanya di kemudian hari.
D.    Saya akan menerima tawaran tersebut tanpa berpikir panjang dan segera mengundurkan diri secara baik-baik di sekolah tempat saya mengajar.
E.     Saya akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih baik.

19. Anda adalah guru yang mengajar di SMA. Beberapa peserta didik anda memiliki bakat melukis. Anda ditugaskan sekolah untuk memilih salah satu peserta didik untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba melukis antar sekolah. Ada tiga peserta didik yang anda kenal dekat dan baik dibandingkan peserta didik lainnya. Apa yang akan anda lakukan untuk menentukan pilihannnya ?
A.       Saat memilih perwakilan saya akan melibatkan guru kesenian dan kepala sekolah agar terjadi obyektivitas dalam menentukan pilihan.
B.       Saya akan mengadakan lomba melukis antar peserta didik dalam sekolah dengan tim penilai guru kesenian dan kepala sekolah. Selanjutnya peserta didik yang memenangkan lomba yang berhak mewakili sekolah.
C.       Saya akan meminta peserta didik menyerahkan hasil karyanya yang dibuat dirumah untuk dinilai oleh guru kesenian. Selanjutnya yang terbaik akan mewakili sekolah mengikuti lomba.
D.       Saya akan memilih peserta didik yang mudah dihubungi.
E.        Saya akan memilih peserta didik yang mewakili sekolah berdasarkan kedekatan saya secara pribadi.

20. Salah satu persyaratan untuk menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik S1 atau D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA Swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persayaratan wajib yang diharuskan undang-undang tetapi sudah aktif mengajar. Apa yang akan anda lakukan ? 
A.    Saya akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada guru tersebut, dan memberikan informasi berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan.
B.     Saya akan memberikan usulan kepada kepala sekolah agar mengidentifikasi setiap guru  yang belum memenuhi persyaratan wajib seorang guru, kemudian memberikan dukungan agar  mencapai persyaratan tersebut. 
C.     Saya akan mencarikan informasi untuk guru berkaitan dengan program-program pemerintah yang dapat membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru.
D.    Saya akan melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah ataupun dinas pendidikan terkait agar guru tersebut mendapatkan sanksi.
E.     Saya akan diam saja karena hal tersebut merupakah tanggung  jawab kepala sekolah.




0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog