Pages

Wednesday, February 2, 2022

PERANGKAT PEMBELAJARAN EKSPONEN DAN LOGARITMA

 PERANGKAT PEMBELAJARAN EKSPONEN DAN LOGARITMA

A.      Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat bekerjasama untuk menjelaskan pengertian fungsi eksponen dan menyebutkan sifat-sifat fungsi eksponen dengan benar.

2.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis untuk menentukan penyelesaian persamaan eksponen dengan benar.

3.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen dengan benar.

4.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis membuat sketsa grafik fungsi eksponen dengan bilangan dasar a>1 dan/atau 0<a<1 dengan benar.

5.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat bekerjasama untuk menjelaskan pengertian fungi logaritma dan menyebutkan sifat-sifat fungsi logaritma dengan benar.

6.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis menentukan penyelesaian persamaan logaritma dengan benar.

7.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis menentukan penyelesaian pertidaksamaan logaritma dengan benar.

8.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis membuat sketsa grafik fungsi logaritma dengan bilangan dasar a > 1 dan/atau 0< a< 1 dengan benar.

9.    Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dengan benar.

B.      Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

Pendekatan     : Saintifik

Metode            : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

Model              : Discovery Learning

 

C.       Media/Alat dan Sumber Belajar

1.      Media/Alat : Lembar Kerja, Powerpoint, LCD, Video Pembelajaran

2.      Sumber Belajar :

a.    Buku Matematika (Peminatan) Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016.

b.   Internet

c.    LKPD

d.   Modul / Bahan Ajar

D.      Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik Penilaian:

a)        Penilaian Sikap              : Observasi/pengamatan

b)        Penilaian Pengetahuan   : Tes Tertulis

c)        Penilaian Keterampilan  : Unjuk Kerja/ Praktik dan Proyek

2.   Bentuk Penilaian         :          

1.        Observasi           :           lembar pengamatan aktivitas peserta didik

2.        Tes tertulis          :           uraian dan lembar kerja

3.        Unjuk kerja        :           lembar penilaian presentasi

4.        Proyek                :           lembar tugas proyek dan pedoman penilaian

3.   Instrumen Penilaian (terlampir)

4.   Remedial

-   Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas

-   Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

-   Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

 

5.      Pengayaan

Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

ü  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

ü  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

DOWNLOAD RPP EKSPONEN LOGARITMA DISINI

DOWNLOAD BAHAN AKAR EKSPONEN LOGARITMA DISINI

DOWNLOAD LKPD EKSPONEN DAN LOGARITMA DISINI

DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI KLIK DISINI

DOWNLOAD MEDIA POWER POIN DISINI


 

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog