PERANGKAT PEMBELAJARAN EKSPONEN DAN LOGARITMA
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat bekerjasama untuk menjelaskan pengertian
fungsi eksponen dan menyebutkan sifat-sifat fungsi eksponen dengan benar.
2. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis untuk menentukan
penyelesaian persamaan eksponen dengan benar.
3. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis menentukan penyelesaian
pertidaksamaan eksponen dengan benar.
4. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis membuat sketsa grafik fungsi
eksponen dengan bilangan dasar a>1 dan/atau 0<a<1 dengan benar.
5. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat bekerjasama untuk menjelaskan pengertian
fungi logaritma dan menyebutkan sifat-sifat fungsi logaritma dengan benar.
6. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis menentukan penyelesaian
persamaan logaritma dengan benar.
7. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis menentukan penyelesaian
pertidaksamaan logaritma dengan benar.
8. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat berpikir kritis membuat sketsa grafik fungsi
logaritma dengan bilangan dasar a > 1 dan/atau 0< a< 1 dengan benar.
9. Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas,peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dengan benar.
B.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
Model : Discovery
Learning
C.
Media/Alat dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
: Lembar Kerja, Powerpoint, LCD, Video Pembelajaran
2.
Sumber Belajar :
a. Buku
Matematika (Peminatan) Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun
2016.
b. Internet
c. LKPD
d. Modul
/ Bahan Ajar
D.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian:
a)
Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan
b)
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c)
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik dan
Proyek
2.
Bentuk
Penilaian :
1.
Observasi : lembar
pengamatan aktivitas peserta didik
2.
Tes
tertulis : uraian dan lembar kerja
3.
Unjuk kerja : lembar
penilaian presentasi
4.
Proyek : lembar tugas proyek dan pedoman penilaian
3.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
4.
Remedial
-
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
-
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
-
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
5.
Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
ü
Siwa
yang mencapai nilai
ü
Siwa
yang mencapai nilai
DOWNLOAD RPP EKSPONEN LOGARITMA DISINI
DOWNLOAD BAHAN AKAR EKSPONEN LOGARITMA DISINI
DOWNLOAD LKPD EKSPONEN DAN LOGARITMA DISINI
DOWNLOAD INSTRUMEN EVALUASI KLIK DISINI
DOWNLOAD MEDIA POWER POIN DISINI
0 komentar:
Post a Comment