Pages

Monday, January 24, 2022

PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PELUANG

 PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PELUANG

KOMPETENSI DASAR

IPK

3.4 Mendeskripsikan dan menentukan  peluang kejadian majemuk (peluang kejadian –kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak

3.4.1     Mendefinisikan konsep peluang suatu kejadian

3.4.2     Menentukan nilai peluang suatu kejadian dari suatu percobaan

3.4.3     Menentukan   peluang komplemen suatu kejadian dari suatu percobaan

3.4.4     Menentukan  frekuensi harapan suatu kejadian

3.4.5     Mendefinisikan konsep definisi peluang suatu kejadian majemuk

3.4.6     Menentukan  peluang kejadian-kejadian saling lepas dari suatu percobaan acak

3.4.7     Menentukan  peluang kejadian-kejadian saling bebas dari suatu percobaan acak

3.4.8     Menentukan  peluang kejadian-kejadian bersyarat dari suatu percobaan acak

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan  dengan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian –kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)

4.4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian

4.4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  peluang kejadian-kejadian saling lepas

4.4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  peluang kejadian-kejadian saling bebas

4.4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  peluang kejadian-kejadian bersyarat  

 


A.    Tujuan Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Melalui model  pembelajaran discovery  learning dengan pendekatan saintifik berbantuan  MV, LKPD peserta didik diharapkan dengan benar percaya diri, bertanggung jawab dapat:

1.   Mendefinisikan konsep  peluang suatu kejadian

2.    Menentukan   peluang suatu kejadian dari suatu percobaan

3.    Menentukan   peluang komplemen suatu kejadian dari suatu percobaan

4.    Menentukan   frekuensi harapan  suatu kejadian dari suatu percobaan  dengan baik dan benar

5.    Menyelesaiakn masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian

 

Pertemuan Kedua

Melalui model  pembelajaran problem based  learning dengan pendekatan saintifik berbantuan  MV, LKPD peserta didik diharapkan dengan percaya diri, bertanggung jawab dapat:

1.    Mendefinisikan konsep peluang kejadian majemuk

2.    Menentukan  peluang kejadian-kejadian saling lepas dari suatu percobaan acak

3.    Menentukan  peluang kejadian-kejadian saling bebas dari suatu percobaan acak

4.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian –kejadian saling lepas

5.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  peluang kejadian-kejadian saling bebas dengan baik dan benar

 

Peretemuan Ketiga

Melalui model  pembelajaran problem based  learning dengan pendekatan saintifik berbantuan  MV, LKPD peserta didik diharapkan dengan percaya diri, bertanggung jawab dapat:

1.    Menentukan  peluang kejadian-kejadian bersyarat dari suatu percobaan acak

2.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  peluang kejadian-kejadian bersyarat dari suatu percobaan acak dengan baik dan benar

 

B. KONSEP

Peluang suatu kejadian adalah kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Peluang komplemen suatu kejadian A adalah peluang kejadian bukan A, frekuensi harapan adalah banyaknya kejadian yang diharapkan dapat terjadi pada suatu percobaan.Peluang kejadian majemuk adalah rangkaian beberapa kejadian yang dihubungkan dengan “dan” (Dilambangkan dengan ∩ ) serta “atau” (Dilambangkan dengan U ). Beberapa kejadian majemuk:

1.      kejadian saling lepas Kejadian A dan B dikatakan saling lepas jika irisan keduanya adalah himpunan kosong.

2.      Kejadian saling bebas Kejadian A dan B dikatakan saling bebas jika kejadian A tidak mempengaruhi kejadian B dan kejadian B tidak mempengaruhi kejadian A.

3.      Kejadian bersyaratkejadian A dan B tidak saling bebas, kejadian B dipengaruhi oleh kejadian A atau kejadian B dengan syarat A


C.    Metode Pembelajaran

Pendekatan               : Saintifik

Model Pembelajaran : Discovery Learning dan Problem Based Learning

Metode                      :  Tanya jawab, demonstrasi, diskusi kelompok, Latihan, penugasan

 

D.     Media Pembelajaran

·         Media            : LKPD, MV (power point), alat peraga (logam, dadu)

·         Alat    : Laptop, LCD proyektor, Papan Tulis dan Spidol

 

E.      Sumber Belajar

·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Matematika SMA/MA/ SMK/MAK Kelas XII Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi.Jakarta :Kementerian Pendidikan dan

·         Sukino, 2017. Matematika SMA/MA/ SMK/MAK Kelas XII Semester 2 Kelompok Wajib.Jakarta: Erlangga


DOWNLOAD RPP PELUANG KLIK DISINI

DOWNLOAD BAHAN AJAR PELUANG KLIK DISINI

LKPD PELUANG PERTEMUAN 1 KLIK DISINI

LKPD PELUANG PERTEMUAN 2 KLIK DISINI

INSTRUMEN EVALUASI KLIK DISINI

MEDIA POWER POINT PELUANG 1 KLIK DISINI

MEDIA POWER POINT PELUANG 2 KLIK DISINI

MEDIA POWER POINT PELUANG 3 KLIK DISINI




0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog