SOAL DAN PEMBAHASAN LENGKAP UP PPG PGSD DAN P3K
1. Pada suatu pembelajaran pola dan fungsi … bahwa siswa belum faham dengan konsep yang
dipelajari karena ada beebrapa konsep-konsep sebelumnya yang belum dipahami dengan baik oleh siswa. Langkah yang sebaiknya dilakukan guru dalam rangka menuntun siswa memahami konsep yang dipelajari:
a. Mengulanag kembali penyampaian materi konsep-konsep yang terdahulu yang mendasari
konsep yang akan diajarkan
b. Memberikan contoh-contoh yang lebih banyak untuk memperjelas konsep yang sedang
dibelajarkan
c. Menunjukan buku-bukuyang sebaiknya dibaca siswa untuk bisa memahami konsep yang
akan dibelajarkan.
d. Memberikan soal-soal yang mengarah pola dan mengingat kembali konsep-konsep
sebelumnya yang mendasari konsep yang dibelajarkan
e. Memberikan latihan-latihan soal yang lebih banyak kepada siswa terkait konsep yang
dibelajarkan (Berdasarkan Pengalaman Guru dilapangan )
2. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
A. pengamatan langsung
B. wawancara
C. angket
D. kuesioner
RANGKUMAN ASSESMEN
Konstruksi instrumen asesmen hasis belajar
JENIS EVALUASI
Jenis evaluasi berdasarkan tujuan
📍Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan- kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
📍Evaluasi selektif adalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
📍Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
📍Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar.
📍Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.
Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran ada 9, yaitu:
📍objektif: penilaian berbasis pd standar & tdk dipengaruhi faktor subjektivitas penilan
📍terpadu: penilaian oleh pendidik dilakukan secara terencana, menyatu dgn kegiatan pembelajaran, & berkesinambungan
📍Holistik & berkesinambungan: penilaian oleh pendidik mencakup smua aspek kompetensi & dgn menggunakan brbagai teknik penilaian yg sesuai dgn kompetensi yg hrus dikuasai peserta didik.
📍ekonomis: penilaian yg efisien & efektif dlm perencanaan, pelaksanaan, & pelaporannya.
📍transparan: prosedur penilaian, kriteria penilaian, & dasar pengambilan kputusan dpt di akses oleh smua pihak.
📍valid: penilaian harus mampu mengukur kompetensi hasil blajar sesuai dgn indikator yg sdh ditetapkan shingga penilaian tsb tepat sasaran.
📍beracuan kriteria: penilaian di dasarkan pd ukuran pencapaian kompetensi yg ditetapkan.
📍akuntabel: penilaian dpt di pertanggungjawabkan kpd pihak internal sekolah maupun eksternal untk aspek teknik, prosedur & hasilnya.
📍edukatif: mendidik & memotivasi peserta didik & guru.
Penilaian Autentik adalah pengukuran atas proses dan hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap (afektif), keterampilan (psikomotor), dan Pengetahuan (kognitif).
Penilaian autentik adalah istilah yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus, mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah. Ketika menerapkan penilaian Autentik untuk mengetahui hasil dan prestasi belajar peserta didik, guru menerapkan kriteria yang berkaitan dengan konstruksi pengetahuan, aktivitas mengamati dan mencoba, dan nilai prestasi luar sekolah.
3. Terdapat indikator pencapaian kompetensi “mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal”. Jenis instrumen penilaian relevan untuk mengukur indicator adalah ….
A. observassi
B. portofolio
C. uji petik produk
D. tes tertulis
Penilaian Pengetahuan
a. Instrumen tes tertulis
Berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
b. Instrumen tes lisan
Berupa daftar pertanyaan yang diberikan oleh guru secara ucap atau lisan, sehungga peserta didik merespon pertanyaan tersebut, sehingga menimbulkan keberanian dari siswa. Jawaban dapat berupa kata, frase, kalimat atau paragraf yang di ucapkan.
c. Instrumen penugasan
Berupa pekerjaan rumah atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
Karakteristik Penilaian Autentik
Suatu penilaian dikatakan autentik apabila sangat mendekati hasil pendidikan sains yang diinginkan, melibatkan siswa pada tugas-tugas yang bermanfaat, penting dan bermakna, mampu menantang siswa menerapkan informasi atau ketrampilan akademik baru pada situasi reel untuk maksud yang jelas, serta mampu mengukur perbuatan atau menampilkan yang sebenarnya pada suatu mata pelajaran, pengukuran penguasaan siswa terhadap suatu mata pelajaran dengan cara yang dibanding regulasi sederhana dari pengetahuan. Karakteristik penilaian nyata (authentic assessment) sebagai berikut:
a. Dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
b. Bisa digunakan untuk formatif atau sumatif
c. Yang diukur ketrampilan dan performance bukan mengingat fakta
d. Berkesinambungan
e. Terintegrasi, dan dapat digunakan sebagai feedback.
DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DISINI
0 komentar:
Post a Comment