BANK SOAL PPG,P3K, PEDAGOGIK, PROFESIONAL UNTUK PGSD
Kata Pengantar
Untuk mencapai kesuksesan harus disertai dengan kerja keras. Selain hal itu, kunci utamanya adalah mempersiapkan seoptimal mungkin potensi yang dimiliki. Sukses bukan hanya bertumpu kepada hal-hal yang dapat dilakukan atau kepada hasil yang diperoleh. Lebih dari itu, kepercayaan atas kemampuan diri sendiri juga menentukan kesuksesan yang ingin dicapai. Seperti halnya pada saat mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG).
Buku ini disusun dengan tujuan untuk membantu para peserta PPG menghadapi UKMPPG yang sering menjadi ujian berat untuk penyelesaian studi dalam rangka menyelesaikan program PPG dan mendapatkan gelar sebagai guru professional. Dalam buku ini terdapat beberapa bagian, yaitu :
Kisi-kisi UKMPPG Prodi PGSD tahun 2017
Bank soal pedagogik
Bank soal professional
Kunci jawaban pedagogik
Kunci jawaban professional
Soal try out nasional PPG PGSD tahun 2017
Besar harapan kami agar buku ini dapat bermanfaat bagi adik-adik PPG Prodi PGSD angkatan selanjutnya untuk menghadapi UKMPPG. Semoga kita dapat bersama-sama menjadi guru profesional yang akan menciptakan generasi emas Indonesia yang cemerlang, amin.
PRAKATA
Sesungguhnya rencana terbaik hanya rencana-Nya, maka hanya syukur yang sepatutnya terpanjatkan kepada zat penyempurna rencana atas terpilihnya kita semua untuk menjalankan satu amanah baru yang diberikan. Amanah menjadi salah satu penerima beasiswa pendidikan profesi guru (PPG) lewat jalur SM-3T yang bukan hanya sepuluh atau seratus peserta melainkan kita merupakan salah satu dari kumpulan kurang lebih tiga ribu orang yang tercover dalam program SM-3T dan PPG di bawah naungan kemenristek dikti. Solawat semoga tersampaikan kepada kekasih-Nya nabi besar Muhammad SAW. Manusia yang menjadi panutan umat di dunia, yang dimana setiap perkataanya, perbuatanya akan mengantarkan setiap umat yang mengikuti ajaranya, untuk bersama-sama merasakan nikmatnya syurga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya.
Lima buku kenangan yang masing-masing kami beri judul “Struktur dan Proker PPG Unima V, Bank soal dan TO UP UKMPPG, PPG Adventure, Kenangan PPG dan Do‟a Harian” ini adalah karya kecil kami yang dikemas dalam bentuk buku, dimana kelima buku ini disusun oleh satu tim inti dan dan empat divisi dalam masa kepengurusan PPG, yaitu tim inti dengan Proker PPG Unimanya, divisi akademik dengan buku Bank soal dan TO UP UKMPPG nya, divisi ekskul dengan kenanngan PPG, divisi kerohanian dengan karyanya do‟a harian dan divisi eduwisata dengan karyanya yaitu PPG Adventure. Buku ini akan menjadi saksi bisu untuk mengenang perjuangan kami selama mengikuti program PPG. Selain itu juga buku ini bisa menjadi bekal sebagai referensi adik-adik tingkat untuk lebih sukses dalam mengikuti prgram PPG. Harapan terbesar kami semoga kehadiran buku ini dapat memberikan kebermanfaatan khususnya bagi kami dan umumnya bagi adik-adik kelas kami yang akan berjuang dalam menjalankan pendidikan profesi guru guna menjadi guru profesional yang siap ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Salam pendidikan.
Profesi guru! Profesional.
SAMPEL SOAL
1. Penerapan pembelajaran bagi peserta didik membawa frekuensi kepada guru untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran bagi peserta didik regular ke corak kegiatan berpikir tingkat tinggi. Sebagai konsekuensi dari pemilihan tipe problem solving yang mengharuskan guru menetapkan ranah kognitif bertipe C4. Namun seringkali guru menghadapi masalah dalam penerapannya, masalah tersebut berupa ………
a. Kurangnya kreativitas guru
b. Dana yang tidak memadai
c. Tidak tersedianya materi yang didesain khusus yang sesuai dengan potensi siswa
d. Kesadaran siswa yang masih kurang
2. Dalam pembelajaran tematik, tema: bermain di lingkungan, rumusan indikator: Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran. Rumusan tujuan yang sesuai adalah...
a. dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menerapkan norma dalam keluarga dengan baik.
b. dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menjelaskan norma dalam keluarga dengan baik.
c. dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
d. dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga dengan percaya diri.
3. Menurut Suparno (2001:27), sehubungan dengan penggunaan bahasa, terdapat empat keterampilan dasar bahasa. Urutan keterampilan yang sesuai dengan kecakapan untuk menyelesaikan tugas adalah ....
a. Menyimak, membaca, berbicara, dan menulis
b. Menyimak, menulis, membaca, dan berbicara
c. Menyimak, berbicara, membaca dan menulis
d. Menyimak, berbicara, menulis, dan membaca
4. Berikut adalah prinsip-prinsip metode SAS (Struktur Analisis dan Sintesis) dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan kecuali ....
a. pembelajaran disajikan secara terstruktur, kemudian dianalisis berdasarkan unsur-unsurnya
b. pembelajaran dimulai dengan struktur bahasa yang bermakna, berupa kalimat
c. pembelajaran dibagi dalam tahap tanpa buku dan tahap menggunakan buku
d. pembelajaran menulis sejalan dengan pembelajaran membaca
5. Satu paragraf bukanlah merupakan kumpulan atau tumpukan kalimat yang masing – masing berdiri seniri atau terlepas, tetapi dibangun oleh kalimat yang mempunyai hubungan timbal balik. Urutan pikiran yang teratur, akan memperlihatkan adanya kepaduan. Jadi, kepaduan dititik beratkan pada hubungan antara kalimat dengan kalimat lain. Kepaduan dalam sebuah paragraf dibangun dengan memperhatikan unsur kebahasaan sebagai berikut, kecuali...
a. Repetisi
b. Komparatif
c. Kata ganti
d. Kata transisi
DOWNLOAD PDF DISINI
download soal pedagogik dan pemabahasan disini
FILE PPG KLIK DISINI
0 komentar:
Post a Comment