Pages

Friday, October 23, 2020

MODUL/BAHAN AJAR PERBANDINGAN SMP ( FILE WORD )

 MODUL/BAHAN AJAR PERBANDINGAN SMP ( FILE WORD )

A. Kompetensi Inti 

1.    Mengharagai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah kongret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi

NO

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.

3.10     Menganalisis perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan.

3.10.1    Menentukan nilai variabel dalam perbandingan senilai dengan menggunakan tabel dan persamaan.

3.10.2    Menentukan nilai variabel dalam perbandingan berbalik nilai dengan menggunakan tabel dan persamaan.

2.

4.10   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik  nilai.

4.10.1    Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan perbandingan senilai.

4.10.2    Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan perbandingan berbalik nilai.


C. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menentukan nilai variabel dalam perbandingan senilai dengan menggunakan tabel dan persamaan dengan benar. 
2. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan perbandingan senilai.
3. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menentukan nilai variabel dalam perbandingan berbalik nilai dengan menggunakan tabel dan persamaan dengan benar. 
4. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan perbandingan  berbalik nilai dengan benar.

Situasi A

Situasi B

1.    Jika harga 4 kilogram beras adalah Rp36.000,00, berapakah harga 8 kilogram beras?

1.      Saat Budi berusia 4 tahun, adiknya berusia 2 tahun. Sekarang usia Budi 8 tahun. Berapakah usia adiknya?

2.    Susi berlari dengan kecepatan tiga kali lebih cepat dari Yuli. Jika Susi menempuh jarak 9 km, berpakah jarak yang ditempuh Yuli?

 

2.      Susi dan Yuli masing-masing mengendarai sepeda motor dengan menempuh jarak yang sama. Dengan kecepatan 40 km/jam Susi sampai ditempat tujuan dalam waktu 5 menit. Jika Yuli mengunakan kecepatan 60 km/jam, berapa menit waktu yang dibutuhkan agar ia sampai di tempt tujuan?



VERSI WORD DOWNLOAD HERE
KUMPULAN SOAL HOTS MATEMATIKA KLIK DISINI


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog