Pages

Sunday, October 11, 2020

MODUL / BAHAN AJAR PGL DAN SPLDV SMP ( FILE WORD )

 MODUL / BAHAN AJAR PGL DAN SPLDV SMP ( FILE WORD )



PERSAMAAN GARIS LURUS

A. Kompetensi Inti

KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.4     Menganalisis  fungsi linear  (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan  dengan masalah kontekstual

  • Menjelaskan cara membuat tabel persamaan garis lurus
  • Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
  • Mendiagramkan dalam bentuk grafik Persamaan Garis Lurus
  • Menentukan kemiringan persamaan garis lurus
  • Menentukan persamaan garis yang sejajar dengan garis lain
  • Menentukan persamaan garis tegak lurus dengan garis lain
  • Menganalisis grafik yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.4     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus

  • Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus
  • Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Menjelaskan cara membuat tabel persamaan garis lurus
Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
Mendiagramkan dalam bentuk grafik Persamaan Garis Lurus
Menentukan kemiringan persamaan garis lurus
Menentukan persamaan garis yang sejajar dengan garis lain
Menentukan persamaan garis tegak lurus dengan garis lain
Menganalisis grafik yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus


PERSAMAAN GARIS LURUS

A. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.5 Menjelaskan system persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

3.5.1        Membuat persamaan linear dua variabel

3.5.2        Menentukan selesaian persamaan linear dua variabel

Menyelesaikan masalah yang berkaitan

dengan system persamaan linear dua

4.5.1        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel


B. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengolah informasi, serta mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, peserta didik dapat:

1. Membuat persamaan linear dua variabel
2. Menentukan selesaian persamaan persamaan linear dua variabel.
3. Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
4. Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan sistem peramaan linear dua variabel.

VERSI WORD DOWNLOAD HERE
KUMPULAN INSTRUMEN EVALUASI KLIK HERE
KUMPULAN LKS/LKPD MATEMATIKA KLIK HERE


0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog