Pages

Monday, June 14, 2021

INSTRUMEN EVALUASI GARIS DAN SUDUT

 INSTRUMEN EVALUASI GARIS DAN SUDUT

EVALUASI PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika

Pokok Materi : Garis dan Sudut

Kelas/Semester : VII / II

Kompetensi Dasar

3.12 Menjelaskan sudut, jenis sudut, hubungan antar sudut, cara melukis sudut, membagi sudut, dan membagi garis

4.12 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut dan garis


CONTOH SOAL DALAM INSTRUMEN

Peserta didik dapat menentukan hubungan antara dua garis

INDIKATOR

Diberikan gambar dalam kehidupan sehari-hari, siswa menentukan hubungan antara dua garis dengan tepat
Perhatikan gambar berikut.

OPTION JAWABAN
Hubungan antara garis yang diterapkan pada gambar jemuran besi di atas adalah….
A. Berpotongan dan berhimpit
B. Berpotongan dan sejajar
C. Berpotongan tegak lurus
D. Berhimpit dan sejajar

SOAL LAINNYA ( KONTEKSTUAL)
Peserta didik dapat menentukan besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam.

INDIKATOR

Diberikan gambar jam, peserta didik menentukan besar sudut terkecil yang dibentuk jarum jam dengan benar.

SOAL

Perhatikan gambar berikut.
PILIHAN JAWABAN

Berapakah besar sudut yang dibentuk jarum jam di atas?
A. 50o
B. 90o
C. 120o
D. 150o

SOAL HOTS

Pak Anto mengadakan rapat akhir tahun pukul 13.30 dan berakhir pukul 16.00. 
Dari pernyataan di atas, tentukan:
a. Gambarlah jarum pendek yang dibentuk dari waktu rapat
b. Besar sudut yang dibentuk jarum pendek
c. Jenis sudut yang terbentuk

SOLUSI

a. Soal tersebut dapat diilustrasikan sebagai berikut.


b. Besar sudut yang dibentuk jarum jam adalah 

        2 x 30o + 15o = 60o + 15o = 75oJadi, besar sudut yang dibentuk 75o.

c. Jenis sudut yang terbentuk adalah sudut lancip


INSTRUMEN EVALUASI LAINNYA KLIK DISINI
MODUL DAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog