INSTRUMEN EVALUASI GARIS DAN SUDUT
EVALUASI PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Materi : Garis dan Sudut
Kelas/Semester : VII / II
Kompetensi Dasar :
3.12 Menjelaskan sudut, jenis sudut, hubungan antar sudut, cara melukis sudut, membagi sudut, dan membagi garis
4.12 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut dan garis
Peserta didik dapat menentukan hubungan antara dua garis
INDIKATOR
Diberikan gambar dalam kehidupan sehari-hari, siswa menentukan hubungan antara dua garis dengan tepat
Perhatikan gambar berikut.
OPTION JAWABAN
Hubungan antara garis yang diterapkan pada gambar jemuran besi di atas adalah….
A. Berpotongan dan berhimpit
B. Berpotongan dan sejajar
C. Berpotongan tegak lurus
D. Berhimpit dan sejajar
SOAL LAINNYA ( KONTEKSTUAL)
Peserta didik dapat menentukan besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam.
INDIKATOR
Diberikan gambar jam, peserta didik menentukan besar sudut terkecil yang dibentuk jarum jam dengan benar.
SOAL
Perhatikan gambar berikut.
PILIHAN JAWABAN
Berapakah besar sudut yang dibentuk jarum jam di atas?
A. 50o
B. 90o
C. 120o
D. 150o
SOAL HOTS
Pak Anto mengadakan rapat akhir tahun pukul 13.30 dan berakhir pukul 16.00.
Dari pernyataan di atas, tentukan:
a. Gambarlah jarum pendek yang dibentuk dari waktu rapat
b. Besar sudut yang dibentuk jarum pendek
c. Jenis sudut yang terbentuk
SOLUSI
b. Besar sudut yang dibentuk jarum jam adalah
2 x 30o + 15o = 60o + 15o = 75o. Jadi, besar sudut yang dibentuk 75o.
c. Jenis sudut yang terbentuk adalah sudut lancip
INSTRUMEN EVALUASI LAINNYA KLIK DISINI
MODUL DAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KLIK DISINI
0 komentar:
Post a Comment