PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA LANJUT KELAS XI KURIKULUM MERDEKA
Mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
1. memahami materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi matematis dan mengaplikasikannya secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah matematis (pemahaman matematis dan kecakapan prosedural);
2. menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematis dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika (penalaran dan pembuktian matematis);
3. memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematis, menyelesaikan model atau menafsirkan solusi yang diperoleh (pemecahan masalah matematis);
4. mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah, serta menyajikan suatu situasi ke dalam simbol atau model matematis (komunikasi dan representasi matematis),
5. mengaitkan materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi matematis pada suatu bidang kajian, lintas bidang kajian, lintas bidang ilmu, dan dengan kehidupan (koneksi matematis), dan
6. memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap kreatif, sabar, mandiri, tekun, terbuka, tangguh, ulet, dan percaya diri dalam pemecahan masalah (disposisi matematis).
Capaian Pembelajaran setiap elemen mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut adalah sebagai berikut
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Aljabar dan Fungsi |
Peserta didik
dapat melakukan operasi aritmetika pada polinomial (suku banyak), menentukan faktor polinomial, dan menggunakan identitas polinomial untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik
dapat melakukan operasi
aljabar pada matriks
dan menerapkannya dalam transformasi
geometri. Peserta didik dapat menyatakan fungsi trigonometri
menggunakan lingkaran satuan,
memodelkan fenomena periodik
dengan fungsi trigonometri, dan membuktikan serta
menerapkan identitas trigonometri dan aturan cosinus
dan sinus. Peserta
didik dapat mengenal berbagai fungsi (termasuk fungsi rasional, fungsi
akar, fungsi eksponensial, fungsi logaritma, fungsi
nilai mutlak, fungsi
tangga, dan fungsi
piecewise dan menggunakannya untuk memodelkan berbagai fenomena. |
Geometri |
Peserta didik
dapat menyatakan vektor
pada bidang datar, dan melakukan operasi aljabar pada vektor. Mereka
dapat melakukan pembuktian geometris menggunakan vektor. Peserta didik dapat menyatakan sifat-
sifat geometri dari persamaan lingkaran, elips, dan persamaan garis singgung. |
Analisis Data
dan Peluang |
Peserta didik memahami variabel
diskrit acak dan fungsi peluang, dan menggunakannya dalam
memodelkan data. Mereka
dapat menginterpretasi parameter distribusi data secara
statistik (seragam, binomial
dan normal), menghitung nilai harapan distribusi binomial dan normal,
dan menggunakannya dalam
penyelesaian masalah. |
Kalkulus |
Peserta didik dapat memahami
laju perubahan dan laju perubahan rata- rata, serta laju perubahan sesaat sebagai konsep kunci
derivatif (turunan), baik secara
geometris maupun aljabar. Mereka dapat menentukan turunan dari fungsi
polinomial, eksponensial, dan trigonometri, dan menerapkan derivatif untuk membuat
sketsa kurva, menghitung gradien dan menentukan persamaan garis singgung, menentukan kecepatan sesaat
danmenyelesaikan soal optimasi. Mereka dapat memahami
integral, baik sebagai
proses yang merupakan kebalikan dari derivatif dan juga sebagai
cara menghitung luas. Mereka memahami
teorema dasar kalkulus sebagai penghubung antara
derivatif dan integral. |
DOWNLOAD CP TERBARU 2024 DISINI
DOWNLOAD KALENDER PENDIDIKAN 2024-2025 DISINI
MODUL AJAR POLINOMIAL DISINI
0 komentar:
Post a Comment